Logo BeritaSatu

OTG Covid-19 Tidak Boleh Divaksinasi, Ini Alasan Wamenkes

Kamis, 14 Januari 2021 | 13:25 WIB
Oleh : Dina Manafe / EAS

Jakarta, Beritasatu.com - Salah satu kriteria untuk mendapatkan vaksinasi adalah belum pernah positif Covid-19. Di samping kondisi kesehatan lain, seperti tidak sedang hamil dan menderita penyakit komorbid atau penyakit penyerta. Mengapa demikian?

Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes), Dante Saksono Harbuwono mengatakan, orang yang sudah positif Covid-19 biasanya sudah memiliki antibodi atau telah terbentuk kekebalan secara alami di dalam tubuhnya terhadap Covid-19, sehingga tidak perlu lagi vaksinasi.

“Walaupun antibodi itu bisa turun, tetapi kita prioritaskan yang belum terkena (positif Covid-19) sehingga akan terbentuk imunitas,” kata Wamenkes usai disuntik vaksin sekaligus meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi pertama untuk 25 tenaga kesehatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Kamis (14/1/2021).

Wamenkes mengatakan, imunitas tubuh ada dua. Pertama, imunitas yang dapat terbentuk alami setelah seseorang terinfeksi Covid-19. Berbagai penelitian menunjukkan, tubuh seseorang yang sudah pernah terinfeksi akan memproduksi antibodi terhadap virus SARS Cov-2 penyebab Covid-19.

Kedua, imunitas buatan yang distimulasi dengan menggunakan antigen tertentu. Oleh karena itulah, mereka yang belum pernah positif Covid-19 imunitasnya perlu ditingkatkan secara buatan melalui vaksin.

"Itulah mengapa kita pilih orang-orang yang belum pernah terkena Covid-19, karena terbentuknya imunitas dilakukan secara buatan,” kata Wamenkes.

Diketahui, pemerintah menargetkan 181,5 juta penduduk Indonesia akan disuntik vaksin. Mereka adalah penduduk berusia di atas 18 tahun. Ini sesuai subyek uji klinik untuk vaksin Covid-19 sampai saat ini baru pada usia 18 tahun ke atas.

Sebelumnya dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR pada Selasa (12/1/2021), Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, jumlah penduduk Indonesia 269 juta, di mana 188 juta di antaranya berusia 18 tahun ke atas. Kemkes mengeluarkan orang-orang yang masuk daftar eksklusif, seperti ibu hamil, komorbid berat, dan yang sudah pernah terpapar Covid-19 berjumlah sekitar 7 juta, sehingga sisanya 181,5 juta.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Suara Pembaruan

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen Mundur dari Ketua Partai Progresif Demokratik

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen mundur dari ketua Partai Progresif Demokratik yang berkuasa.

NEWS | 26 November 2022

Pramono Anung Ingatkan Kader PDIP Target Hattrick pada Pemilu 2024

Pramono Anung mengingatkan seluruh jajaran kader PDIP soal target meraih hattrick atau tiga kali kemenangan berturut-turut pada Pemilu 2024.

NEWS | 26 November 2022

Wamenag Ingatkan Santri Siap Hadapi Tantangan Baru

Wakil Menteri Agama mengingatkan bahwa zaman terus berubah dan santri harus menghadapi tantangan tantangan baru masa kini.

NEWS | 26 November 2022

PT KAI Pastikan Tak Ada Korban di Gerbong Anjlok di Kampung Bandan

PT KAI Kereta Api Commuter memastikan tak ada korban jiwa dalam peristiwa gerbong anjlok kereta rel listrik (KRL) di sekitaran stasiun Kampung Bandan.

NEWS | 26 November 2022

Platform Merdeka Mengajar: 1,6 Juta Guru Belajar dan Berbagi

Lebih dari 1,6 juta guru di seluruh Indonesia terkoneksi untuk saling belajar dan berbagi melalui platform Merdeka Mengajar.

NEWS | 26 November 2022

Dian Meninggal Terakhir di Keluarga Tewas di Kalideres, Jasad Ibu Termumifikasi

Kombes Hengki Haryadi mengatakan, diduga yang terakhir meninggal dunia dari sekeluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat, adalah korban bernama Dian (40).

NEWS | 26 November 2022

Viral Video Angin Puting Beliung Terjang Tenda Resepsi Pernikahan

Sebuah video amatir menjadi viral karena merekam angin puting beliung yang memporak-porandakan resepsi pernikahan warga di Kampung Kukun, Cikarang.

NEWS | 26 November 2022

Sekjen PDIP Bawa Oleh-oleh Khusus untuk Megawati Soekarnoputri

Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri mendapatkan hadiah khusus berupa tanaman Puring.

NEWS | 26 November 2022

Kosgoro 1957: Soliditas dengan Rakyat Kunci Kemenangan Pemilu

Ketum Kosgoro 1957 Dave Laksono meminta kadernya di seluruh Indonesia membangun soliditas dengan rakyat.

NEWS | 26 November 2022

Guru dan Tenaga Kependidikan Inspiratif Dapatkan Apresiasi

Kemendikbudristek memberikan apresiasi kepada guru dan tenaga kependidikan melalui Apresiasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Inspiratif 2022.

NEWS | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Lionel Messi dan Enzo Fernandez Angkat Kembali Pamor Argentina

Lionel Messi dan Enzo Fernandez Angkat Kembali Pamor Argentina

SEMESTA BOLA 2022 | 1 jam yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE