Logo BeritaSatu

Mantan Napi Tertangkap Tanam Ganja Tiga Hektare di Jambi

Kamis, 21 Januari 2021 | 14:50 WIB
Oleh : Radesman Saragih / JAS

Jambi, Beritasatu.com - Sikap nekat dua warga Pagar Alam, Sumatera Selatan (Sumsel), Sudirman (56) dan Kefli (24) menanam ganja di wilayah Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi akhirnya mengantarkan mereka masuk jeruji besi Polres Bungo, Jambi. Sudirman yang merupakan seorang mantan narapidana (napi) tertangkap ketika panen ganja di Desa Rantau Tipu, Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang. Kabupaten Bungo.

Kapolres Bungo, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP), Mokhamad Lutfi di Bungo, Jambi, Kamis (21/1/2021) menjelaskan, luas areal tanaman ganja yang dimiliki tersangka mencapai tiga hektare. Sedangkan tanaman ganja siap panen yang ditemukan di ladang ganja milik tersangka mencapai 856 batang.

Advertisement

“Selain itu, petugas juga menemukan barang bukti 16 kilogram daun ganja kering siap kirim, dua bungkus benih ganja, tiga pucuk senjata api laras panjang, satu unit sepeda motor dan satu unit timbangan di pondok milik tersangka,”katanya.

Menurut Mokhamad Lutfi, penanaman ganja yang dilakukan tersangka turut dibantu cucunya, Kefli. Kedua tersangka berasal dari Permukiman Transmigrasi Pagar Alam, Sumsel. Tersangka Sudirman sudah satu tahun pindah ke Desa Ratau Tipu, Limbur Lubuk Mengkuang Bungo. Sedangkan tersangka Kefli baru satu bulan bersama kakeknya tersebut.

“Tersangka diduga sudah beberapa kali panen ganja di Desa Rantau Tipu. Ganja yang ditanam dipasarkan ke Pagar Alam, Sumsel. Tersangka memperoleh bibit ganja Pagar Alam, Sumsel,” ungkapnya.

Satuan Resese Narkoba (Satresnarkoba) Polres Bungo berhasil menangkap kedua tersangka, Selasa (19/1) dini hari berkat informasi masyarakat sekitar mengenai adanya lahan ganja di lokasi perkebunan kopi Kampung Talang Palembang, Dusun Rantau Tipu, Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang, Kabupaten Bungo.

“Mendapat laporan Tim Gabungan Satresnarkoba Polres Bungo bersama Polsek Limbur Lubuk Mengkuang langsung melakukan pemeriksaan ke lokasi penanaman ganja tersebut. Ketika tiba di lokasi, petugas menemukan ladang ganja sekitar tiga hektare. Kedua tersangka juga langsung diamankan di lokasi ladang ganja tersebut. Kedua tersangka hingga Kamis (21/1) masih ditahan dan diperiksa secara intensif di Polres Bungo.,”katanya.

Mokhamad Lutfi mengatakan, untuk mempertanggung jawabkan perbuatan mereka, kedua tersangka akan dijerat dengan Pasal 114 ayat (2) jo pasal 111 ayat (2) Undang-undang (UU) Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman minimal enam tahun dan maksimal seumur hidup atau hukuman mati, serta denda Rp 10 miliar.

"Kami masih mengembangkan kasus penemuan ladang ganja ini untuk mengungkap jaringan peredaran narkoba yang bekerja sama dengan tersangka,” katanya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Cak Imin Peringati 1 Abad NU Bersama Tuan Guru Turmudzi dan Ulama se-NTB

Cak Imin menghadiri Ijtima' Ulama Nusantara bersama Ulama se NTB yang dirangkai dengan peringatan 1 Abad Nahdlatul Ulama di Lombok Tengah.

NEWS | 1 Februari 2023

Jenazah Personel Polres Metro Kepulauan Seribu Dibawa ke Rumah Duka di Sunter

Polisi yang meninggal di Polres Metro Kepulauan Seribu di Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara, dibawa ke rumah duka di Sunter Agung.

NEWS | 1 Februari 2023

Ridwan Kamil Beri Lampu Hijau Istri Maju Pilwalkot Bandung

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, memberi lampu hijau kepada istrinya, Atalia Praratya, maju dalam Pilwalkot Bandung.

NEWS | 1 Februari 2023

Polda Metro Selidiki Polisi Tewas di Polres Kepulauan Seribu

Polda Metro menyelidiki tewasnya anggota polisi didug berinisial Aipda I di Kantor Perwakilan Polres Metro Kepulauan Seribu, Selasa (31/1/2023).

NEWS | 1 Februari 2023

Disembunyikan di Kotak Buah, Polda Metro Jaya Sita Sabu 40 Kg

Ditresnarkoba Polda Metro Jaya menggagalkan upaya peredaran narkoba jenis sabu seberat 40 kilogram.

NEWS | 31 Januari 2023

Dua Menteri Partai Nasdem Tidak Hadiri Ratas di Istana, Ini kata Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi dua menteri dari Partai NasDem yang tidak hadir dalam rapat terbatas (ratas) di Istana Negara hari ini.

NEWS | 31 Januari 2023

Lagi, Kecelakaan Sungai Rengut Nyawa Anggota TNI di Papua

Letda Inf Rian Alfeiro Putra Perdana dilaporkan tewas setelah terpeleset dan hanyut di Kali Yambi, Papua.

NEWS | 1 Februari 2023

Tertangkap Basah, Jambret HP Dihakimi Massa di Karawang

Seorang pemuda dihakimi warga setelah tertangkap basah menjambret HP atau ponsel di Kecamatan Teluk Jambe Timur, Kabupaten Karawang.

NEWS | 1 Februari 2023

Menparekraf Ubah Pembuangan Sampah Jadi Taman Wisata Kreatif

Menparekraf Sandiaga Uno berkolaborasi dengan Laskar Krukut Luhur (Laskaru) menggelar program menciptakan kampung kreatif.

NEWS | 1 Februari 2023

Menteri Muhadjir Dorong Kenaikan Biaya Haji Dilakukan Bertahap

Menko PMK Muhadjir Effendy mengaku telah mengusulkan kepada Menteri Agama (Menag) agar menaikkan biaya haji secara bertahap.

NEWS | 31 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Polda Metro Selidiki Polisi Tewas di Polres Kepulauan Seribu

Polda Metro Selidiki Polisi Tewas di Polres Kepulauan Seribu

NEWS | 12 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE