Logo BeritaSatu

PMKRI Minta Pelaku Rasisme terhadap Natalius Pigai Segera Ditindak

Senin, 25 Januari 2021 | 21:37 WIB
Oleh : Yustinus Paat / RSAT

Jakarta, Beritasatu.com - Pengurus Pusat Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PP PMKRI) menyayangkan adanya tindakan rasisme terhadap tokoh Papua yang juga mantan Komisioner Komnas Hak Asasi Manusia Natalius Pigai. Tindakan ini menambah deretan perlakuan rasis terhadap warga negara yang berasal dari Papua.

“Kejadian seperti ini bukanlah yang pertama sekali terjadi, mungkin masih segar dalam ingatan kita bagaimana tindakan rasisme yang dialami oleh mahasiswa Papua di Surabaya. Oleh karena itu, negara harus hadir menyelesaikan permasalahan ini, pelaku rasisme perlu ditindak dengan tegas,” ujar Ketua Presidium PP PMKRI Benidiktus Papa dalam keterangannya, Senin (25/1/2021).

Advertisement

Beni, sapaan akrabnya mengatakan, tindakan rasisme tidak dibenarkan dengan alasan apapun. Apalagi, di Indonesia, negara yang berdasarkan Pancasila dan sangat menghargai keberagaman dan kebinekaan. Menurut dia, tindakan rasisme juga sudah jelas melanggar undang-undang yang berlaku seperti Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskrminasi dan Ras dan Undang-undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia.

“Jadi, polisi harus segera menangkap dan menindak pelaku rasisme terhadap Natalius Pigai, agar memberikan kenyamanan dan kepastian di masyarakat. Karena ini bukan saja persoalan Pak Natalius, tetapi juga terkait kita sebagai warga negeri Indonesia dan warga negara dunia,” tandas dia.

Sementara Pengurus Pusat PMKRI Alboin Samosir mengatakan, tindakan rasisme terhadap orang Papua tampil dalam banyak bentuk wajah, tidak hanya olokkan yang menjurus ke rasialis tetapi juga sikap-sikap atau kebiasaan orang Papua yang cenderung didiskreditkan dan distigma negatif. Alboin menegaskan, tindakan-tindakan rasisme harus segera ditanggalkan, orang Papua harus mendapatkan kedudukan yang sama sebagai warga negara Indonesia.

“Mari kita meletakkan kemanusian di atas segalanya agar kiranya, tidak terjadi konflik sturuktural maupun horisontal. Perlakuan rasisme yang dialami oleh Natalius Pigai dan orang Papua pada umumnya harus menjadi perhatian kita bersama, sebagai bangsa yang lahir dari kebegaraman. Kiranya kita adil sejak dalam pikiran, menyelematkan diri kita dari rasisme kita sendiri dan kemanusian kita yang harus diperkuat kembali,” pungkas Alboin.

Sebagaiman diketahui, dugaan kasus rasisme kepada mantan Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai ditarik ke Bareskrim Polri setelah dilaporkan ke Polda Papua dan Polda Papua Barat. Unggahan tidak pantas itu dilakukan lewat postingan akun facebook atas nama Ambroncius Nababan pada 24 Januari 2021.

"Setelah dilakukan analisis oleh Bareskrim Polri sekitar tanggal 24 Januari 2021, bahwa akun rasisme tersebut ada di media sosial yaitu facebook, yang atas nama AN yang diduga mengunggah foto yang tidak pantas," kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono di Mabes Polri, Senin (25/1/2021).

Argo berjanji Bareskrim Polri akan bertindak cepat untuk memroses perkara ini termasuk memanggil Nababan, yang merupakan Ketua Umum Relawan Pro Jokowi-Amin (Projamin), dan akan memeriksa sejumlah saksi ahli.

”Jangan membuat sesuatu yang nanti akan melanggar pidana. Percayakan bahwa kepolisian akan transparan dalam melakukan penyidikan kasus ini,” janji Argo.

Nababan mengaku melakukan tindakan meyandingkan foto Pigai dengan gambar hewan karena di latar belakangi pernyataan Pigai yang menolak vaksin Covid-19 Sinovac dan lebih memilih membeli vaksin dari luar negeri.

Sebagai relawan Jokowi, ia merasa marah dengan pernyataan Pigai dan lalu memosting foto yang merendahkan martabat manusia itu.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Satu Abad NU, Denny Malik Tertantang Buat Koreografi untuk 12.000 Anggota Banser

Denny Malik mengaku tertantang menjadi koreografer bagi 12.000 anggota Banser saat puncak peringatan Harlah Satu Abad NU atau Nahdlatul Ulama. 

NEWS | 28 Januari 2023

Tempat Penimbunan BBM di Cilegon Kebakaran, Terdengar Suara Ledakan

Kebakaran melanda tempat penimbunan BBM di Kota Cilegon, Jumat (27/1/2023) malam. Terdengar beberapa kali suara ledakan. Sebanyak 2 mobil dan 6 motor hangus.

NEWS | 28 Januari 2023

Angkot Terbalik dan Tabrak 2 Motor di Mandailing Natal, 1 Orang Tewas

Kecelakaan lalu lintas terjadi di Mandailing Natal. Sebuah angkot menabrak motor yang menyebabkan satu orang meninggal dan tiga lainnya terluka. 

NEWS | 28 Januari 2023

Puncak Peringatan Harlah Satu Abad NU Digelar 7 Februari 2023

Puncak Peringatan Harlah Satu Abad NU atau Nahdlatul bakal digelar meriah dan diramaikan sejumlah musisi ternama Tanah Air pada 7 Februari 2023. 

NEWS | 28 Januari 2023

29 Rumah di Lumajang Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Sebanyak 29 rumah warga di Dusun Krajan, Desa Barat, Kecamatan Padang, Kabupaten Lumajang rusak diterjang angin puting beliung, Jumat (27/1/2023). 

NEWS | 28 Januari 2023

KLHK Perkuat Penegakan Hukum Lingkungan yang Adil dan Nyata

KLHK memperkuat kerja sama dan kolaborasi antar pihak guna mendorong penegakan hukum lingkungan yang adil dan berdampak nyata.

NEWS | 28 Januari 2023

Ibu Mahasiswa UI: Anak Saya Ditabrak dan Dilindas, Mungkinkah Jadi Tersangka?

Ira Adi Saputra, ibu almarhum Hasya Atallah mahasiswa UI yang tewas ditabrak mengaku kecewa sang anak justru ditetapkan polisi sebagai tersangka.

NEWS | 27 Januari 2023

Jurusan Bisnis Masih Pilihan Favorit Calon Mahasiswa

Rektor IBI Kwik Kian Gie, Hisar Sirait mengatakan belajar di jurusan bisnis menjadi investasi masa depan karena membuka kesempatan di pasar kerja global.

NEWS | 28 Januari 2023

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi III Dorong Humas Perguruan Tinggi Kolaborasi

Dikti mendorong agar Humas perguruan tinggi dapat berkolaborasi antarperguruan tinggi maupun dengan media massa.

NEWS | 27 Januari 2023

Sopir Audi A8 Bantah Tabrak Mahasiswi Cianjur Selvi Amalia

Yudi Junadi, kuasa hukum keluarga Selvi Amalia Nuraini menyatakan, sopir mobil Audi A8 sudah membantah jadi pelaku tabrak lari mahasiswi Cianjur itu. 

NEWS | 27 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
29 Rumah di Lumajang Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

29 Rumah di Lumajang Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

NEWS | 10 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE