Logo BeritaSatu

Ini Tips Menghemat Kuota Internet Khusus Pengguna iPhone

Senin, 25 Januari 2021 | 22:41 WIB
Oleh : JNS

Jakarta, Beritasatu.com - Meski sudah mencoba untuk menghemat pulsa, kuota internet tetap saja habis sebelum waktunya. Apalagi bagi mereka yang menggunakan iPhone.

Bukan tanpa alasan, sistem operasi pada perangkat iPhone ini seringkali tiada henti memperbarui aplikasi secara otomatis, memakai aplikasi media sosial tanpa henti, hingga adanya konsumsi kuota internet yang tidak disadari pada background data. Jika dibiarkan terlalu lama, tentu hal ini akan mengancam kondisi keuangan. Untuk itu, berikut adalah tips menghemat kuota internet khusus pengguna iPhone sebagaimana dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Beritasatu.com:

Perhatikan Konsumsi Kuota Internet oleh iCloud

Pengguna iPhone pasti sudah tidak asing lagi dengan fitur iCloud yang biasanya memindahkan file pada perangkat ke server secara otomatis. Memang, tujuan dari fitur ini adalah agar pengguna tidak sampai kehilangan file penting. Namun, fitur ini ternyata memakan banyak sekali kuota internet tanpa disadari saat proses mengunggah maupun mengunduh file dari server.

Agar kuota tidak lagi terbuang percuma, matikan fitur ini jika dirasa tidak terlalu dibutuhkan.

Matikan Fitur Download Otomatis

Fitur download otomatis akan mengunduh versi terbaru dari semua aplikasi yang terpasang pada iPhone Anda. Jika tidak diawasi, fitur ini tentu dapat menyedot kuota internet hingga ratusan Mb hanya dalam kurun waktu beberapa jam saja. Apalagi hampir semua developer aplikasi rutin meluncurkan update terbaru.

Untuk itu, matikan saja fitur ini. Pengguna bisa melakukan update aplikasi secara manual saat perangkat terhubung ke jaringan internet Wi-Fi.

Batasi Pemakaian Aplikasi yang Boros Kuota

Sebagian aplikasi membutuhkan kuota internet lebih banyak dibandingkan aplikasi lainnya. Misalnya, Instagram yang mayoritas kontennya berupa gambar dan video, konsumsi kuotanya pasti jauh lebih besar ketimbang Twitter atau Facebook. Jadi, lebih baik batasi penggunaan aplikasi boros kuota seperti Instagram agar kuota internet tetap aman hingga akhir bulan.

Bila perlu, coba gunakan paket internet khusus per aplikasi seperti paket internet Indosat Freedom Apps atau Paket Xtra Combo dari XL. Banyak provider yang menyediakan paket khusus per aplikasi supaya kuota utama bisa lebih hemat.

Cegah App Store dan iTunes Mengunduh via Paket Data

Umumnya, iTunes dan App Store memiliki akses untuk mengunduh atau meng-update aplikasi menggunakan koneksi internet seluler dan menghabiskan kuota internet. Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda dapat masuk ke menu Settings dan pilih menu iTunes & App Store.

Pada halaman paling bawah sendiri, Anda akan melihat pilihan Use Cellular Data. Kemudian, toggle pilihan tidak yang berwarna hijau untuk mematikan pemakaian paket data oleh App Store dan iTunes. Dengan begitu, semua proses dari kedua fitur tersebut hanya akan berlangsung ketika iPhone mendapatkan jaringan Wi-Fi saja.

Aktifkan Akses Background Data saat Terhubung Wi-Fi Saja
Walaupun sedang tidak aktif digunakan, tak sedikit aplikasi yang terpasang di iPhone yang tanpa disadari menyedot kuota internet melalui background data. Misalnya, lewat notifikasi.

Meski jumlahnya tidak terlalu besar, jika fitur ini aktif di semua aplikasi, sudah pasti kuota internet yang terbuang juga akan terasa lebih signifikan. Untuk mematikan akses background data pada jaringan internet seluler, Anda dapat membuka Settings, pilih opsi General, kemudian Background App Refresh. Dalam laman tersebut, pastikan opsi yang tercentang adalah Wi-Fi saja.

Cegah Pemakaian Paket Data pada Fitur Wi-Fi Assist
Wi-Fi Assist pada dasarnya adalah fitur yang praktis meningkatkan kenyamanan pengguna iPhone saat terhubung ke dunia maya. Saat aktif, koneksi internet Wi-Fi yang lemot akan menjadi lebih cepat karena didukung oleh koneksi internet dari paket data. Akan tetapi, fitur ini mampu membuat konsumsi kuota internet paket data menjadi lebih boros.

Untuk mematikan fitur Wi-Fi Assist, Anda dapat melakukannya melalui menu Settings, pilih Cellular, dan scroll ke bawah sampai menemukan menu Wi-Fi Assist. Kemudian, ketuk tombol toggle yang ada agar menjadi berwarna putih sebagai tanda bahwa fitur ini telah dinonaktifkan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ini Sejarah Lokananta, Perusahaan Musik Tertua di Indonesia

Lokananta, adalah harta karun yang nyaris terlupakan. Titik nol industri musik Indonesia ini sempat mengalami jatuh bangun sejak didirikan pada 1956.

NEWS | 28 November 2022

Said Aqil: Utamakan Keutuhan Bangsa di Tahun Politik

Said Aqil Siroj meminta seluruh bangsa Indonesia tidak terpecah belah karena kondisi itu justru dimanfaatkan oleh kepentingan politik identita.

NEWS | 28 November 2022

Menkominfo: GPR Jadi Jembatan Komunikasi Pemerintah dan Masyarakat

Menkominfo), Johnny G. Plate mengatakan Humas Pemerintah (GPR) memiliki peran sentral dalam diseminasi informasi bagi masyarakat.

NEWS | 28 November 2022

Pasca-Gempa Cianjur, BNPB Ajak Warga yang Rumah Masih Layak Huni Kembali

BNPB melaporkan hingga hari ini, Minggu (27/11/2022), telah terdaftar 62.628 rumah yang rusak akibat gempa Cianjur.

NEWS | 28 November 2022

Ini Cara Cegah Nyeri Sendi Semakin Parah

Seiring bertambahnya usia, kekuatan tulang dan sendi juga ikut berkurang dan menjadi penyebab osteoartritis atau radang sendi.

NEWS | 27 November 2022

Persoalan Papua Harus Jadi Prioritas Panglima TNI Baru

Salah satu skala prioritas dari Panglima TNI baru adalah persoalan pengamanan di Papua

NEWS | 27 November 2022

Panglima TNI Baru Harus Pastikan Anak Buah Selalu Bersama Rakyat

Panglima TNI baru yang nantinya akan menggantikan Jenderal Andika Perkasa harus bisa memastikan anak buah selalu dekat dan berada bersama rakyat.

NEWS | 27 November 2022

Butuh Tenda Kecil, Pengungsi Gempa Cianjur Mulai Diserang Penyakit ISPA

Menurut Bupati Cianjur, tenda-tenda kecil dibutuhkan agar pengungsi bisa pindah ke depan rumahnya masing-masing guna menghindari penderita ISPA.

NEWS | 27 November 2022

Kemenkominfo Apresiasi Kerja Humas Pemerintah Selama G-20

Kemenkominfo memberi apresiasi atas hasil kerja keras kerja humas pemerintah, utamanya terkait komunikasi publik perhelatan Presidensi G-20 Indonesia.

NEWS | 27 November 2022

Longsor Tutup Jalan Lembang Maribaya

Material tanah longsor yang menutup badan jalan, membuat arus lalu lintas yang menghubungkan antardua desa dan sejumlah tempat wisata ditutup sementara.

NEWS | 27 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Menkominfo: GPR Jadi Jembatan Komunikasi Pemerintah dan Masyarakat

Menkominfo: GPR Jadi Jembatan Komunikasi Pemerintah dan Masyarakat

NEWS | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE