Logo BeritaSatu

Penyebab Rambut Rontok, Ini Beda Hair Fall dan Hair Loss

Kamis, 11 Februari 2021 | 11:43 WIB
Oleh : Happy Amanda Amalia / PYA

Jakarta, Beritasatu.com – Rambut rontok merupakan masalah yang tidak asing lagi, dan banyak dirasakan oleh wanita-wanita urban masa kini. Namun, ternyata ada perbedaan antara kerontokan rambut yang disebut hair fall dan hair loss.

Menurut Senior Education Manager Kérastase Indonesia Sitoresmi, perbedaan paling sederhana yang segera terlihat adalah dengan mengamati bagaimana kerontokan tersebut terjadi. “Jika helai rambut lepas pada saat proses keramas, ketika disisir, atau dikeringkan dengan handuk maka itu termasuk hair fall. Sedangkan, hair loss terjadi apabila helai rambut banyak ditemukan lepas di bantal ketika bangun tidur,” ujar dia dalam keterangan pers, Rabu (10/2).

Advertisement

Menurut catatan Kérastase, sebetulnya banyak faktor internal dan eksternal yang dapat mempercepat kerontokan rambut. Pada kasus hair fall, faktor penyebabnya adalah manifestasi dari pikiran (internal) dan lingkungan sekitar (eksternal). Hal-hal seperti stres akut, perubahan hormonal, dan pola diet ekstrem adalah faktor internal yang menentukan kesehatan akar rambut.

Faktor lingkungan udara panas dan berpolusi tinggi, serta kebiasaan menata rambut dengan alat hair-styling panas pun menjadi faktor eksternal yang sudah sangat sering dirasakan oleh wanita urban yang dinamis dan ambisius. Sedangkan kondisi hair loss adalah hasil dari pengerasan kolagen yang terjadi pada lapisan kulit kepala.

Sitoresmi membagikan tiga langkah sederhana untuk mengatasi hair fall, yakni:

  • Atur pola makan dengan mengonsumsi makanan sehat, kaya nutrisi dan bergizi seimbang untuk mendapatkan akar rambut yang kuat dan mencegah kerontokan rambut diluar siklus normalnya. Makanan seperti daging, ikan, kacang-kacangan, buah, dan sayuran hijau, penting untuk dimasukkan ke dalam agenda santapan sehari-hari. Untuk melengkapi pertumbuhan rambut, pertimbangkan untuk mengonsumsi multivitamin, seperti biotin, vitamin D, A & B, serta beta-karoten.
  • Hindari stres karena dapat mengganggu siklus pertumbuhan rambut. Lakukan olahraga teratur, meditasi, yoga, serta ke salon favorit untuk perawatan diri.
  • Perawatan kulit kepala dan batang rambut dengan produk yang tepat secara rutin di salon dan di rumah, selalu gunakan produk perlindungan alat hair-styling panas sebelum melakukan penataan rambut (blow-dry, curly, catok), tambahkan rangkaian perawatan rambut dengan conditioner, masker dan serum untuk hasil rambut terbaik.

“Selain mengatur pola hidup yang lebih sehat dan seimbang, Kérastase telah meluncurkan rangkaian perawatan rambut yang didesain secara khusus untuk merawat rambut dengan masalah hair fall. Rangkaian terbaru ini bernama GENESIS, merupakan hasil riset dan pengembangan teknologi yang dilakukan oleh L’Oréal Advanced Research yang ditujukan untuk perawatan hair fall dengan kemampuan mengurangi rambut rontok hingga 84%,” tambah Sitoresmi.

Dia menganjurkan menghindari hair fall dengan menerapkan tiga langkah termudah, dimulai dengan keramas, kemudian rawat dan perkuat dengan nutrisi, lalu rawat intensif dengan serum. Ada 2 pilihan starter kit seperti Hydra Anti Hair-fall Starter Set dan Nutri Anti Hair-fall Starter Set untuk mendapat manfaat GENESIS.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Top 5 News: Penipuan Undangan Digital hingga Mahasiswa UI Ditabrak

Penipuan undangan pernikahan digital di Whatsapp bisa menguras rekening korban menjadi berita terpopuler atau top news di Beritasatu.com, Sabtu (28/1/2023).

NEWS | 29 Januari 2023

Liga Premier Singapura Gunakan Teknologi VAR untuk Pertama Kalinya

Wasit di Liga Premier Singapura (SPL) akan mendapat bantuan ekstra di musim mendatang, dengan teknologi Video Assistant Referee (VAR).

NEWS | 29 Januari 2023

Surat Kewarganeragaan Tidak Sah, Wakil PM Nepal Dicopot dari Jabatan

Hakim di pengadilan tinggi Nepal memutuskan mencopot jabatan wakil PM Nepal Rabi Lamichhana karena memiliki surat kewarganegaraan yang tidak sah.

NEWS | 29 Januari 2023

Gempa Magnitudo 5,1 Guncang Maluku, Tak Berpotensi Tsunami

Gempa bumi dengan magnitudo 5,1 melanda Maluku, Sabtu (28/1/2023) malam pukul 22.47 WIB, menurut BMKG, gempa itu tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

NEWS | 28 Januari 2023

Legislator Minta BPKH Susun Peta Jalan Pola Pembiayaan Haji

Legislator meminta Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) untuk menyusun peta jalan atau roadmap pola pembiayaan haji.

NEWS | 28 Januari 2023

Soal Kemungkinan Biaya Haji Turun, Ini Respons Komnas

Komnas Haji mengatakan bahwa masih ada kemungkinan biaya haji tahun ini turun dari angka yang diusulkan oleh Kementerian Agama.

NEWS | 28 Januari 2023

Panel DPR AS Bakal Pemungutan Suara untuk Blokir Aplikasi TikTok

Sebuah panel DPR AS Komite Urusan Luar Negeri berencana untuk mengadakan pemungutan suara bulan depan yang bertujuan memblokir penggunaan TikTok

NEWS | 29 Januari 2023

Pernikahan Dini Penyumbang Angka Stunting di NTB

Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB)  melakukan pencegahan stunting pada aspek pernikahan dini atau muda.

NEWS | 28 Januari 2023

Banjir Manado dan Tanah Longsor Menewaskan 5 Warga

Banjir Manado dan tanah longsor mengakibatkan 3.866 keluarga yang terdampak dan lima orang meninggal dunia.

NEWS | 28 Januari 2023

Malaysia Keluarkan Peringatan Potensi Banjir Bandang

Peringatan potensi banjir bandang di tiga negara bagian dalam tempo 12 jam untuk tiga negara bagian di Malaysia.

NEWS | 28 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Akan ke Timur Tengah, Keberangkatan 87 Calon Pekerja Migran Digagalkan

Akan ke Timur Tengah, Keberangkatan 87 Calon Pekerja Migran Digagalkan

NEWS | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE