Logo BeritaSatu

Din Syamsuddin Dituding Radikal, Politikus PAN: Banyak Orang Tersinggung

Minggu, 14 Februari 2021 | 16:24 WIB
Oleh : CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPR menyayangkan tudingan radikal terhadap mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Din Syamsuddin. Menurut Ketua Fraksi PAN DPR, Saleh Partaonan Daulay, banyak orang tersinggung atas tuduhan dari Gerakan Anti Radikalisme Alumni ITB tersebut.

Salah juga menyebut kelompok yang melaporkan Din ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) atas dugaan pelanggaran kode etik terkait isu radikalisme, hanya segelintir. Saleh menegaskan, masih banyak pendukung Din di ITB yang menaruh menaruh rasa hormat.

Advertisement

“Saya mendorong agar pelaporan dan labelisasi radikal kepada Prof Din Syamsuddin segera dicabut. Banyak orang yang tersinggung. Tidak hanya Pak Din, tetapi juga banyak kalangan dari berbagai latar belakang. Lebih baik kita fokus merajut kohesivitas dalam menangani pandemi ini. Kita hindari segala hal yang memancing kegaduhan,” kata Saleh, Minggu (14/2/2021).

Saleh menuturkan, radikal tidak selamanya dimaknai sebagai hal yang buruk. Namun, ketika hal tersebut dilaporkan ke KASN, maka makna radikal menjadi tidak baik.

“Istilah radikal tidak selamanya buruk. Namun, ketika diaporkan ke KASN berarti makna radikal itu menjadi jelek dan buruk. Karena itu, kami tentu merasa bahwa tuduhan itu menyakiti salah seorang tokoh besar Indonesia yang selama ini dikenal sebagai orang yang memberikan keteduhan, dan membangun dialog lintas agama, lintas peradaban, bukan hanya di Indonesia, tetapi juga di dunia internasional,” ucap Saleh.

Menurut Saleh, Din Syamsuddin merupakan tokoh yang kerap menggelar dialog antaragama maupun antarperadaban. Selain itu, Din juga turut terlibat dalam organisasi-organisasi antaragama tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di dunia internasional. Din juga pernah berbicara dalam forum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

“Beliau itu pernah juga bicara di PBB terkait dengan bagaimana Indonesia bisa membangun hubungan yang sangat harmonis, kemudian meningkatkan kohesivitas sosial yang didasarkan pada Pancasila dan UUD 1945,” tegas Saleh.

Saleh mengaku memiliki hubungan yang dekat dengan Din. Selain hubungan sebagai senior dan junior di Muhammadiyah dan Pemuda Muhammadiyah, Din juga merupakan dosen Saleh di UIN Syarif Hidayatullah yang mengajarkan tentang pemikiran Islam kontemporer.

“Nah, pemikiran Islam kontemporer yang diajarkan itu di dalamnya ada toleransi, ada dialog, ada civil society dalam perspektif Islam, dan seterusnya. Karena itu, saya paham betul bagaimana pemikiran dan gerakan Pak Din Syamsuddin,” kata saleh.

Oleh karena itu, Saleh menilai apabila Din menyampaikan kritikan kepada pemerintah, maka hal tersebut harus dipastikan dalam konteks membangun Indonesia.

“Saya pastikan Pak Din Syamsuddin tidak ada niat sedikit pun berniat buruk, berniat jahat, dan membenci dalam kritiknya itu. Hal itu harus dimaknai sebagai tugas beliau sebagai seorang profesor, tugas beliau sebagai tokoh umat, tokoh bangsa dan juga sebagai warga negara,” ucap Saleh.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Istri Jenderal, Putri Candrawathi Dinilai Jaksa Tak Pantas Pakai Baju Seksi

Jaksa penuntut umum menilai tidak pantas bagi Putri Candrawathi untuk memakai baju seksi.

NEWS | 30 Januari 2023

Jaksa Akui Ada Dilema dalam Tuntutan 12 Tahun untuk Richard Eliezer

Jaksa penuntut umum mengakui menghadapi dilema dalam menyusun tuntutan terhadap Bharada Richard Eliezer atau Bharada E.

NEWS | 30 Januari 2023

Twitter Beri Hak Banding untuk Pengguna yang Akunnya Ditangguhkan

Pengguna Twitter akan dapat mengajukan banding atas penangguhan akun mereka dan dievaluasi berdasarkan kriteria baru platform media sosial.

NEWS | 30 Januari 2023

Jaksa Nilai Kuasa Hukum Putri Candrawathi Paksakan Motif Pemerkosaan

Jaksa penuntut umum menilai tim kuasa hukum Putri Candrawathi memaksakan adanya motif pemerkosaan dalam perkara pembunuhan berencana Brigadir J. 

NEWS | 30 Januari 2023

Jaksa Nilai Eliezer Tembak Yosua karena Loyalitas Bukan Takut kepada Ferdy Sambo

Jaksa penuntut umum menilai ulah Bharada Richard Eliezer atau Bharada E menembak Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat bukan karena takut terhadap Ferdy Sambo.

NEWS | 30 Januari 2023

Wali Kota Malang Sesalkan Oknum Aremania Rusak Kantor Arema FC

Wali Kota Malang, Sutiaji, menyesalkan tindakan oknum Aremania yang merusak kantor Arema FC di Jalan Mayjend Panjaitan, Kota Malang, Minggu (29/1/2023).

NEWS | 30 Januari 2023

Bareskrim Tangkap 2 Buronan Kasus Gangguan Ginjal Akut Anak

Penyidik Dittipidter Bareskim Polri menangkap 2 petinggi CV Chemical Samudera, yakni E dan AR yang menjadi buronan kasus gangguan ginjal akut anak. 

NEWS | 30 Januari 2023

Calon Jemaah Haji Berharap Wacana Kenaikan ONH Tidak Terealisasi

Wacana kenaikan Ongkos Naik Haji (ONH) meresahkan calon jemaah haji (CJH).

NEWS | 30 Januari 2023

Tuntut Eliezer 12 Tahun Penjara, Jaksa Sudah Pertimbangkan Kejujuran Selama Sidang

Jaksa mengaku sudah mempertimbangkan kejujuran Bharada Richard Eliezer atau Bharada E yang dituntut 12 tahun penjara dalam kasus pembunuhan Brigadir J. 

NEWS | 30 Januari 2023

Banyak Orang Kaya Manfaatkan BPJS Kesehatan? Ini Faktanya

Faktanya, kelompok yang paling banyak memanfaatkan BPJS Kesehatan adalah kelompok penerima bantuan iuran (PBI) yang masuk kategori miskin.

NEWS | 30 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Gaet Turis Israel, Arab Saudi Siap Buka Wisata Laut Merah

Gaet Turis Israel, Arab Saudi Siap Buka Wisata Laut Merah

LIFESTYLE | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE