Logo BeritaSatu

Lazismu Salurkan Donasi Konsumen Alfamart

Senin, 15 Februari 2021 | 20:34 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Alfamart bekerja sama dengan Lazismu menggalang donasi berupa pengembalian uang belanja konsumen sebesar Rp 3,2 miliar untuk periode November-Desember 2020. Donasi ini disalurkan kepada penerima manfaat melalui pilar-pilar program Lazismu yang meliputi pilar ekonomi, pendidikan, dakwah, kesehatan, dan sosial kemanusiaan.

"Syarat yayasan pengelola hasil donasi adalah yayasan yang kredibel, punya legalitas resmi, program penyaluran yang jelas, serta laporan penyaluran bisa dipertanggungjawabkan setiap periodenya, Lazismu memenuhi kriteria itu," kata Corporate Communication GM Alfamart, Nur Rachman dalam keterangan tertulis yang diterima Senin (15/2/2021).

Lazismu adalah salah satu yayasan yang bekerja sama dengan Alfamart untuk mengelola hasil donasi konsumen tahun 2020.

Nur menambahkan bahwa donasi konsumen merupakan amanah yang harus dimanfaatkan secara baik untuk kepentingan masyarakat.

Corporate Fundraising Lazismu Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Bayu Dwi Nugroho mengatakan, penyaluran dilakukan di hampir seluruh wilayah di Indonesia. "Kami salurkan hampir 50% di seluruh provinsi di Indonesia," jelasnya.

Ia menjelaskan bahwa kerja sama antara Lazismu dengan Alfamart telah terjalin selama 3 tahun terakhir. Namun tahun 2020 menjadi spesial karena terdapat beberapa program besar. Di antaranya pengadaan dua mobil ambulance.

Donasi bulan November, salah satu penyalurannya dalam bentuk pengadaan mobil ambulance untuk Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Sedangkan pada Desember 2020, pengadaan mobil ambulance untuk Badan Penangguangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang. "Selain itu, ada program pemberdayaan dan pendayagunaan, seperti bantuan warung binaan UMKM, bakti guru, save our school serta pemberian sembako, pengadaan kursi roda untuk penyandang disabilitas, wastafel portable di area publik," tambah Bayu.

Sementara Pelaksana Tugas Direktur Pendistribusian dan Fundraising Lazismu Pimpinan Pusat Muhammadiyah Edi Muktiyono, berharap kerja sama yang telah terbangun selama 3 tahun ini dapat terjalin dengan semakin intensif.

Ia mengungkapkan kerja sama itu dapat ditingkatkan dari segi waktu. "Ke depan, semoga bisa satu kuartal atau satu semester sehingga akan semakin bermanfaat bagi masyarakat luas," tukas Edi.

Menurut Edi, Lazismu akan menyiapkan tim khusus. Tujuannya agar penyaluran ke depan, bisa lebih cepat dan tepat sesuai harapan donatur. "Donatur ingin agar dana segera disalurkan dan dilaporkan oleh lembaga penerima," kata dia.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Soal Motif Bom Bunuh Diri Bandung, Pengamat Singgung ISIS dan KUHP

Pengamat terorisme, Stanislaus Riyanta menyinggung soal ISIS dan KUHP terkait motif Agus Sujatno melakukan bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar Bandung.

NEWS | 9 Desember 2022

Patahan Cugenang, Pemicu Gempa Cianjur Belum Pernah Teridentifikasi

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, selama ini patahan Cugenang, pemicu gempa Cianjur, Jawa Barat, belum teridentifikasi.

NEWS | 9 Desember 2022

Aksi Bom Bunuh Diri Bukan Bagian dari Amalan Jihad

Aksi bom bunuh diri seperti bom Bandung itu, menurut Sekum DDI KH Suaib Tahir, bukan bagian amalan jihad.

NEWS | 9 Desember 2022

Hendra Kurniawan Bantah Menemui Ferdy Sambo pada 13 Juli

Hendra Kurniawan membantah keterangan mantan staf pribadi Ferdy Sambo yang menyebutnya menemui Ferdy Sambo di ruang Kadiv Propam Polri pada 13 Juli 2022.

NEWS | 8 Desember 2022

Eks Napiter Tegaskan Ekonomi Bukan Motif Bom Bunuh Diri

Pujianto alias Raider Bakiyah, mantan narapidana terorisme (napiter) mengatakan ekonomi bukan motif teroris melakukan bom bunuh diri.

NEWS | 8 Desember 2022

Masyarakat Harus Dibekali Kemampuan Deteksi Dini Ancaman Terorisme

Masyarakat harus bersatu memerangi terorisme. Pemerintah harus mulai membekali masyarakat dengan kemampuan mendeteksi dan pencegahan dini.

NEWS | 8 Desember 2022

Pernikahan Kaesang, Erick Thohir: Jokowi Ingin Festival Budaya

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan Presiden Joko Widodo ingin konsep Festival Budaya sehingga dekat dengan rakyat saat menggelar pernikahan Kaesang Pangarep

NEWS | 8 Desember 2022

Ganjar Sebut 97 Perusahaan Relokasi Pabrik ke Jateng

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut, puluhan perusahaan melakukan relokasi pabrik ke berbagai daerah di Jateng.

NEWS | 8 Desember 2022

Pertukaran Tahanan, Bintang Bola Basket Wanita AS Dibebaskan Rusia

Bintang bola basket wanita AS Brittney Griner dibebaskan dari penjara Rusia, dalam sebuah pertukaran tahanan.

NEWS | 8 Desember 2022

Dapat Suntikan Rp 551 M, Jakpro Segera Bangun ITF Sunter

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyuntikkan modal Rp 551 miliar kepada PT Jakpro untuk pembangunan ITF Sunter.

NEWS | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# UU KUHP


# Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Sukabumi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
MU dan Man City Sumbang Pemain Terbanyak di Perempat Final Piala Dunia

MU dan Man City Sumbang Pemain Terbanyak di Perempat Final Piala Dunia

SEMESTA BOLA 2022 | 27 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE