Logo BeritaSatu

Investasi Minuman Beralkohol Disebut Akan Dongkrak Perekonomian Daerah

Senin, 1 Maret 2021 | 21:58 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) 10/2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal. Regulasi tersebut, antara lain mengatur penanaman modal minuman beralkohol (minol) di sejumlah provinsi.

Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah menyatakan, dibukanya keran investasi minol akan menggenjot perekonomian di daerah. Terlebih perekonomian di daerah destinasi wisata.

“Perpres ini membuka investasi minuman beralkohol tidak di seluruh Indonesia dan sifatnya bottom up. Investasi diizinkan apabila Gubernur sebagai pemimpin daerah mengajukan usulan,” kata Piter Senin (1/3/2021).

Piter menuturkan, investasi minol bisa mendorong perekonomian daerah yang banyak dikunjungi wisatawan mancanegara. Sebab, turis asing sangat dekat dengan kebiasaan mengonsumsi minol.

“Meskipun negara kita mayoritas muslim tetapi ada daerah yang mayoritas nonmuslim dan ada daerah-daerah tersebut yang menyandarkan perekonomian mereka ke pariwisata mancanegara,” kata Piter.

Piter mengatakan, investasi minol bukan mengajak masyarakat di daerah untuk mengonsumsi alkohol. Piter menyebut produksi minol dari investasi tersebut justru bisa memenuhi kebutuhan para turis yang datang ke daerah pariwisata.

“Isu minuman beralkohol sangat sensitif. Perpres ini jangan diartikan pemerintah mendukung masyarakat meminum alkohol,” tegas Piter.

Piter menyatakan, kebijakan mengendalikan konsumsi minol bisa dilakukan antara lain lewat cukai atau melarang masyarakat meminumnya.

Ketentuan tersebut harus ditegakkan sepenuhnya bahwa ada law enforcement yang lebih efektif mengendalikan konsumsi minol.

“Karena menjaga masyarakat untuk tidak meminum minuman beralkohol adalah konteks kebijakan yang lain,” tutur Piter.

Sekadar diketahui, Perpres 10/2021 merupakan pelaksanaan Undang-Undang 11/2020 tentang Cipta Kerja. Aturan soal minol itu tercantum dalam lampiran III perpres, yakni soal daftar bidang usaha dengan persyaratan tertentu.

Salah satu alasan pemerintah membuka peluang investasi tersebut secara terbatas yakni agar kegiatan yang sudah ada, dan berbasis budaya/kearifan lokal menjadi legal. Dengan begitu, lebih menguatkan pengawasan dan kontrol atas produksi dan distribusinya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ekonomi Global Suram, Jokowi Minta KPU Efisien Gunakan Anggaran Pemilu 2024

Presiden Jokowi mengingatkan KPU untuk efisien menggunakan anggaran Pemilu 2024 karena Pemilu kali ini digelar dalam situasi ekonomi global yang suram. 

NEWS | 2 Desember 2022

Pemilu 2024, Jokowi: Kedepankan Politik Adu Gagasan, Bukan Adu Domba

Dalam acara konsolidasi nasional KPU untuk persiapan Pemilu 2024, Presiden Jokowi mengingatkan untuk mengedepankan adu gagasan, bukan adu domba. 

NEWS | 2 Desember 2022

Hari AIDS, UNAIDS Sebut Terapi AIDS di Indonesia Jauh Tertinggal

UNAIDS menyebutkan, Indonesia menduduki posisi tiga terbawah di Asia Pasifik untuk cakupan pengobatan ARV bersama dengan Pakistan dan Afghanistan.

NEWS | 2 Desember 2022

Jokowi: Semua Kepala Negara Pusing, Indonesia Tidak

Presiden Jokowi mengungkapkan, Pemilu 2024 digelar dalam suasana ketidakpastian ekonomi. Semua kepala negara sedang pusing menghadapi ancaman resesi global. 

NEWS | 2 Desember 2022

Harga Beras di Lampung Selatan Merambat Naik Jelang Natal

Harga beras di Kabupaten Lampung Selatan merambat naik. Kenaikan rata-rata Rp 200 hingga Rp 300 per kilogram.

NEWS | 2 Desember 2022

Tembok 30 M di Bintaro Roboh Akibat Hujan, 4 Mobil Ringsek

Akibat hujan tiada henti, tembok sepanjang 30 meter di Kantor Bank CIMB Niaga Finance Bintaro sektor 9 roboh menimpa 4 mobil.

NEWS | 2 Desember 2022

Kasus Suap Unila, Zulhas Bantah Titip Keponakan Masuk Unila

Zulkifli Hasan (Zulhas) memberikan tanggapan terkait sidang kasus dugaan suap penerimaan mahasiswa di Unila yang menyeret namanya.

NEWS | 2 Desember 2022

Pembunuhan Keluarga di Magelang, ART Sempat Diminta Tolong Pelaku

Pembunuhan keluarga di Magelang. Sartinah tidak menyangka jika yang membunuh adalah anak kedua korban, Dhio Daffa Syahdilla (22).

NEWS | 2 Desember 2022

ASO Jabar dan Jateng hingga Tenda Sakinah Terpopuler di Beritasatu.com

Analog switch off (ASO) di Jawa Barat dan Jawa Tengah dan "Tenda Sakinah" gempa Cianjur terpopuler di Beritasatu.com.

NEWS | 2 Desember 2022

Hari Ini Laksamana Yudo Margono Jalani Fit and Proper Test

Laksamana TNI Yudo Margono akan menjalani fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayakan sebagai calon panglima TNI.

NEWS | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Sidang Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


# Pertumbuhan Ekonomi 2023


# One Championship


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Airlangga kepada Pengusaha: Kenaikan UMP ini yang Pertama dalam 3 Tahun

Airlangga kepada Pengusaha: Kenaikan UMP ini yang Pertama dalam 3 Tahun

EKONOMI | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE