Logo BeritaSatu

MWA UI Akan Gelar Webinar Ketahanan dan Kemandirian Kesehatan Indonesia

Rabu, 10 Maret 2021 | 11:38 WIB
Oleh : Faisal Maliki Baskoro / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - Setelah sukses menyelenggarakan webinar pertama tentang ekonomi pada bulan Januari 2021 lalu, Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia (MWA UI) akan menggelar webinar kedua tentang kesehatan yang berkolaborasi dengan Kementerian Riset Dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemristek/BRIN) pada tanggal 25 Maret 2021 nanti.

Mengingat saat ini Indonesia sedang menghadapi dan berperang melawan pandemi Covid-19 maka tema yang diangkat adalah "Ketahanan Dan Kemandirian Kesehatan Indonesia", di mana beberapa isu penting akan menjadi fokus diskusi, antara lain: Disrupsi Teknologi Kesehatan terkait Big Data & Artifical Intelegence, Covid-19 dan Ketahanan Kesehatan Indonesia, Adaptasi dan Adopsi Teknologi, dan Medical Tourism.

Advertisement

"Tujuan dari webinar kali ini yaitu diharapkan para pembicara dapat membahas berbagai permasalahan kesehatan bangsa Indonesia termasuk kondisi pandemi yang sedang kita alami dan juga diharapkan menghasilkan berbagai pemahaman dan usulan rekomendari kebijakan (policy brief) untuk membangun ketahanan dan kemandirian kesehatan Indonesia, yang nantinya akan dirangkum oleh Prof Budi Wiweko bersama teman teman dari FK UI guna menjadi satu sumbangan pemikiran untuk pemerintah," ujar Ketua MWA UI Saleh Husin kepada media, Rabu (10/3/2021).

Direncanakan Wakil Presiden Prof KH Ma'ruf Amin akan menjadi pembicara kunci, di mana sebelumnya Saleh Husin selaku Ketua MWA UI memberikan welcome speech dan Rektor UI memberikan opening speech. Diskusi panelnya sendiri dibagi dalam dua sesi di mana pembicara pada sesi pertama dengan subtema Covid-19 dan Ketahanan Kesehatan Indonesia yaitu Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indah Parawangsa, Juru bicara Satgas Covid-19 Prof Wiku Adisasmito, Dekan Fakultas Kedokteran UI Prof Ari Fahrial Syam dan Sekretaris UI dr Agustin Kusumayati PhD yang merupakan pakar kesehatan masyarakat dan dipandu oleh moderator Leonard Samosir dari Metro TV.

Pada panel sesi ke dua dengan subtema Riset dan Inovasi dalam Membangun Ketahanan dan Kemandirian Bangsa di mana Menteri Riset dan Teknologi/Kepala BRIN Prof Bambang Brojonegoro yang sekaligus menjadi koordinator acara webinar ini akan bersama Wakil Menteri Kesehatan dr Dante Saksono Harbuwono PhD, Dekan Fakultas Teknik UI Dr Hendri DS Budiono, Kepala Laboratorium UI Prof Amarila Malik, Presiden Direktur Dexa Medica Ir Ferry A Soetikno dan Wakil Direktur IMERI FK UI Prof Budi Wiweko menjadi pembicaranya dengan moderator dari Sofie Syarief dari Kompas TV.

"Untuk itu saya berharap rekan-rekan dari pemerintah daerah terutama dinas kesehatan dan dinas terkait lainnya serta adik-adik mahasiswa terutama dari rumpun ilmu kesehatan dan teknik, termasuk siapapun warga masyarakat dapat bebas menjadi peserta webinar guna dapat memperdalam pemahamannya tentang kesehatan dari para narasumber yang sangat kapabel dan pakar dalam bidangnya masing-masing," kata Managing Director Sinarmas Saleh Husin.

"Pendaftaran terbuka untuk umum dan registrasi dapat dilakukan melalui tautan http://ui.id/mwawebinarseri2 dan tidak dipungut biaya, serta peserta akan mendapat e-sertifikat," ujar anggota MWA UI Corina DS Riantoputra yang juga merupakan seorang pakar psikologi.

MWA UI Akan Gelar <i>Webinar</i> Ketahanan dan Kemandirian Kesehatan Indonesia



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

PKB Tunggu Parpol Pilihan Kaesang

Wakil Sekjen PKB itu berharap rencana Kaesang terjun ke politik menjadi momentum bagi para generasi Z dan milenial mengambil pilihan masuk di politik praktis.

NEWS | 31 Januari 2023

Polresta Malang Pulangkan Puluhan Aremania

Dari 107 orang yang sebelumnya diamankan, setelah diperiksa ternyata mereka mengaku tidak ikut dalam aksi demonstrasi di kantor Arema FC.

NEWS | 31 Januari 2023

Pemkot Jakpus Bangun 4 Embung Cegah Banjir di Cempaka Putih

Pemkot Jakpus membangun embung di Kecamatan Cempaka Putih untuk menampung air hujan. Selain itu, untuk mencegah potensi banjir.

NEWS | 31 Januari 2023

Covid-19 Subvarian Kraken, Pemerintah: Disiplin Prokes Diperlukan

Kemunculan Covid-19 subvarian Omicron XBB 1.5 atau Kraken mengingatkan masih perlunya memperkuat disiplin penerapan protokol kesehatan.

NEWS | 31 Januari 2023

Polda Metro Respons Pengakuan Wanita dalam Audi yang Tabrak Mahasiswi di Cianjur

Polda Metro Jaya merespons pengakuan penumpang wanita di sedan Audi A6 yang menabrak mahasiswi Selvi Amalia Nuraeni di Cianjur, hingga tewas.

NEWS | 30 Januari 2023

Politeknik Tridaya Virtu Morosi Selenggarakan Studi Vokasi Industri

Politeknik Tridaya Virtu Morosi menyelenggarakan program studi vokasi industri dan bertekad mencetak serta membentuk SDM unggul dan berkompeten.

NEWS | 31 Januari 2023

Siap-siap, Rekrutmen Calon ASN 2023 Bakal Segera Dibuka

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2023 bakal segera dibuka.

NEWS | 31 Januari 2023

BPJS Kesehatan Diprediksi Kembali Defisit tahun 2024

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) memprediksi aset bersih dana jaminan sosial atau DJS kembali defisit pada tahun 2024.

NEWS | 30 Januari 2023

Polri Kirim 15 Personel Jadi Penyidik di KPK Selama 4 Tahun

Polri mengirimkan 15 personel untuk diperbantukan menjadi penyidik di KPK. Mereka akan bertugas selama empat tahun ke depan.

NEWS | 30 Januari 2023

Habiburokhman: Tak Elok Giring Kaesang ke Gerindra

Habiburokhman mengungkapkan tidak elok rasanya menggiring putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep masuk ke Gerindra.

NEWS | 30 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pemerintah Siapkan 9,4 T dari APBN untuk Bangun Rumah Dinas di IKN

Pemerintah Siapkan 9,4 T dari APBN untuk Bangun Rumah Dinas di IKN

EKONOMI | 22 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE