Logo BeritaSatu

Hindari Kekerasan Militer Myanmar, Ribuan Warga Yangon Mengungsi

Rabu, 17 Maret 2021 | 07:35 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Yangon, Beritasatu.com- Ribuan penduduk meninggalkan kawasan industri di ibu kota komersial Yangon, Myanmar pada Selasa (16/3). Pengungsian terjadi setelah ditempatkan kota di bawah darurat militer oleh junta militer yang berkuasa menyusul protes berdarah anti-kudeta selama akhir pekan.

"Di sini seperti zona perang, mereka menembak di mana-mana," kata seorang penyelenggara buruh di distrik Hlaing Tharyar kepada Reuters, seraya menyebut sebagian besar penduduk terlalu takut untuk keluar.

Lebih dari 40 orang tewas oleh pasukan keamanan dalam protes di Hlaing Tharyar pada Minggu (14/3) dan beberapa pabrik dibakar. Keluarga dari banyak korban menghadiri upacara pemakaman pada hari Selasa (16/3).

Myanmar berada dalam kekacauan sejak militer melancarkan kudeta terhadap pemerintah terpilih Aung San Suu Kyi pada 1 Februari. Militer menahan Suu Kyi dan anggota partainya lainnya, yang menimbulkan kecaman internasional yang meluas.

Prancis menyatakan Uni Eropa akan menyetujui sanksi terhadap orang-orang yang berada di balik kudeta tersebut pada Senin (22/3) depan.

Sementara itu, junta menuduh utusan internasional pemerintah yang digulingkan itu melakukan pengkhianatan karena mendorong kampanye pembangkangan sipil dan menyerukan sanksi, kata televisi yang dikelola militer. Tuduhan pembangkangan tersebut membawa kemungkinan sanksi hukuman mati.

Anggota parlemen Myanmar yang digulingkan junta, dokter Sasa yang tidak berada di negara itu, mengaku bangga telah didakwa.

“Para jenderal ini telah melakukan tindakan pengkhianatan setiap hari. Mengambil apa yang mereka inginkan untuk diri mereka sendiri, menyangkal hak-hak rakyat dan menindas mereka yang menghalangi mereka,” katanya.

Menurut kelompok aktivis Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik, lebih dari 180 pengunjuk rasa telah tewas ketika pasukan keamanan mencoba untuk menghancurkan gelombang demonstrasi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BNPB: Bencana Hidrometeorologi Diperkirakan Merata pada Desember

BNPB menyatakan, potensi terjadi bencana hidrometeorologi diperkirakan merata pada Desember 2022 mendatang.

NEWS | 29 November 2022

Tim Peneliti UGM Klaim Deteksi Gejala Sebelum Gempa Cianjur

Gejala gempa Cianjur itu tertangkap melalui sistem peringatan dini yang dikembangkan UGM dengan mengukur konsentrasi gas radon dan groundwater level 1-3.

NEWS | 29 November 2022

Ganjar Instruksikan Pemda ke Lapangan Antisipasi Inflasi

Ganjar Pranowo menginstruksikan 35 pemda untuk turun ke lapangan secara rutin hingga Januari 2023 guna mencegah terjadinya inflasi.

NEWS | 29 November 2022

Menlu Retno: Indonesia Akan Jadikan ASEAN sebagai Pusat Pertumbuhan Dunia

Menlu Retno Marsudi menegaskan, Indonesia akan menjadikan kawasan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan dunia selama menjabat sebagai Ketua ASEAN. 

NEWS | 29 November 2022

Hujan Deras Guyur DKI, Beberapa Ruas Jalan Terendam Banjir

Hujan deras yang mengguyur Jakarta pada Senin (28/11/2022) petang, mengakibatkan beberapa ruas jalan teredam banjir.

NEWS | 28 November 2022

DPR Bakal Sahkan Kasal Yudo Margono Jadi Panglima TNI Sebelum 15 Desember

Ketua DPR Puan Maharani meyakini, pihaknya dapat mengesahkan Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI sebelum masa reses 15 Desember mendatang.

NEWS | 28 November 2022

Ada 9 Panggung di Resepsi Pernikahan Kaesang dan Erina

Erick Thohir mengungkapkan ada sembilan panggung di acara resepsi pernikahan Kaesang dan Erina yang digelar di Pura Mangkunegaran Solo.

NEWS | 28 November 2022

Presiden Pilihan Versi Adian Napitupulu, Yang Lanjutkan Program Jokowi

Politikus PDI Perjuangan (PDIP) Adian Napitupulu mengungkapkan kriteria sosok yang dia nilai pantas untuk dipilih menjadi presiden pilihan berikutnya.

NEWS | 28 November 2022

Kocak, Tanggapan Wagub Jabar soal Pemimpin Berambut Putih

Menanggapi pernyataan Jokowi soal pemimpin berambut putih, Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum malah mengunggah fotonya dengan rambut kuning, mirip Naruto.

NEWS | 28 November 2022

KPK Umumkan Penetapan Tersangka Hakim Agung Gazalba Saleh

KPK mengumumkan Hakim Agung Gazalba Saleh sebagai tersangka atas kasus dugaan suap pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA).

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Menlu Retno: Indonesia Akan Jadikan ASEAN sebagai Pusat Pertumbuhan Dunia

Menlu Retno: Indonesia Akan Jadikan ASEAN sebagai Pusat Pertumbuhan Dunia

NEWS | 26 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE