Logo BeritaSatu
Bangga Buatan Indonesia

Gio Cardin Kenalkan Produk Anak Bangsa ke Kancah Global

Selasa, 23 Maret 2021 | 13:36 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Perdagangan (Kemdag) bersama Kementerian Koperasi dan UKM (Kemkop UKM) berkolaborasi mendukung pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) untuk bisa menembus pasar ekspor.

Pasalnya, menembus pasar global merupakan salah satu impian sebagian besar pelaku UMKM di Indonesia. Sayangnya, masih sedikit produk UMKM yang bisa menembus pasar internasional. 



Salah satu pelaku UMKM yang ingin mewujudkan impian tersebut adalah Gio Cardin. Usaha sepatu brand lokal yang berada di Bandung ini, ingin memperkenalkan produk hasil karya anak bangsa ke kancah global.

Tidak hanya itu, usaha yang masih mengandalkan pengerjaan manual atau handmade ini, juga ingin berkolaborasi dengan para pelaku UMKM lainnya sehingga bisa membuka lapangan kerja bagi masyarakat.

“Hingga kini kami sudah bekerja sama dengan dua pengrajin sepatu terbaik, di mana mereka juga mempekerjakan masyarakat sekitar untuk membantu merakit sepatu Gio Cardin. Kami ingin tumbuh bersama UMKM dan memotivasi untuk sama-sama bisa naik level,” kata owner Gio Cardin, Shendy, dalam media briefing di Jakarta, Selasa (23/3/2021).

Shendy mengatakan, sejatinya produk lokal Indonesia sangat dihargai dunia. Inilah salah satu alasan yang membuatnya ingin memperkenalkan produk sepatu lokal Gio Cardin ini ke kancah dunia.

"Karena dulu saya pernah membeli sebuah produk branded di sebuah department store yang mereknya dari luar negeri. Tapi ketika saya lihat made in-nya ternyata made in Indonesia. Nah, dari situ saya kepikiran bahwa sebetulnya produk kita itu dihargai oleh dunia. Namun mindset kita saja yang terkadang mengganggap bahwa made in Indonesia itu jelek,” ucapnya.

Menurut Shendy, impian itu pun kini mulai terlihat. Beberapa konsumen dari Jepang, Malaysia, dan Singapura, yang sudah membeli sepatu Gio Cardin ini menyatakan puas. "Kesan pembeli luar dari feedback yang mereka sampaikan melalui penjualan online kami, mereka mengatakan cukup puas dengan sepatu yang kita jual,” tutur Shendy.

Shendy menambahkan, Gio Cardin baru saja berkolaborasi dengan seorang artis lokal untuk melukis di sepatu dengan bertemakan binatang langka Indonesia. “Kita ambil tiga binatang, yaitu Jalak Bali, Cendrawasih, dan Harimau Sumatera untuk dilukis di sepatu kita,” pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Direktur Utama Jakpro Widi Amanasto Dicopot

Pemprov DKI Jakarta selaku pemegang saham utama PT Jakpro memutuskan merombak direksi Jakpro. Dirut Jakpro, Widi Amanasto dicopot dari jabatannya. 

NEWS | 28 November 2022

Rotasi Matra Jadi Pertimbangan Jokowi Pilih Kasal Yudo Margono

Mensesneg Pratikno mengungkapkan salah satu alasan Presiden Jokowi mengusulkan Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai calon panglima TNI karena rotasi matra.

NEWS | 28 November 2022

Diguyur Hujan Deras, 4 Ruas Jalan di Jakarta Tergenang

BPBD DKI Jakarta menyatakan empat ruas jalan di Jakarta tergenang akibat hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang melanda pada Senin (28/11/2022).

NEWS | 28 November 2022

Update: Pengungsi Korban Gempa Cianjur Capai 100.300 Orang

Bupati Cianjur, Herman Suherman mengatakan total pengungsi akibat gempa Cianjur, Jawa Barat per Senin 28 November 2022 sebanyak 100.300 orang. 

NEWS | 28 November 2022

RSUD Sayang: Korban Gempa Cianjur Terserang ISPA di Pengungsian

Wakil Direktur RSUD Sayang, Neneng Efa Fatimah korban gempa Cianjur terserang infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) di posko pengungsian. 

NEWS | 28 November 2022

Update Korban Gempa Cianjur: 323 Meninggal Dunia dan 9 Orang Hilang

BNPB mencatat 323 korban meninggal dunia akibat gempa Cianjur, per Senin 28 November 2022. Sementara itu sebanyak 9 orang masih dinyatakan hilang.

NEWS | 28 November 2022

Cegah Politik Uang, Bawaslu Kerja Sama dengan Gopay dan OVO

Bawaslu akan lakukan kerja sama dengan platform digital seperti Gopay dan OVO untuk mencegah terjadinya politik uang.

NEWS | 28 November 2022

Calon Panglima TNI Yudo Margono Punya Harta Rp 17,9 Miliar

Kasal Laksamana Yudo Margono yang diusulkan oleh Presiden Jokowi sebagai calon Panglima TNI memiliki harta Rp 17,9 miliar.  

NEWS | 28 November 2022

DPR Bakal Gali 5 Hal Ini kepada Yudo Margono Saat Fit and Proper Test

DPR akan menggali lima hal utama kepada Kasal Laksamana Yudo Margono saat fit and proper test calon Panglima TNI nanti. 

NEWS | 28 November 2022

Puan Ungkap Alasan Kasal Yudo Margono Dipilih Jadi Calon Panglima TNI

Ketua DPR, Puan Maharani mengungkapkan alasan Kasal Laksamana Yudo Margono menjadi calon panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa. 

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Direktur Utama Jakpro Widi Amanasto Dicopot

Direktur Utama Jakpro Widi Amanasto Dicopot

NEWS | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE