Logo BeritaSatu

Cabut Gugatan, Legal Standing Marzuki Alie Dianggap Lemah

Jumat, 26 Maret 2021 | 12:25 WIB
Oleh : Yeremia Sukoyo / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - Marzuki Alie dan lima bekas kader oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat, telah mencabut gugatan kepada Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Pencabutan gugatan tersebut dilakukan dalam sidang lanjutan yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, Jumat (26/3/2021).

Koordinator Tim Kuasa Hukum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat, Mehbob, menilai, upaya pencabutan gugatan dilakukan setelah Marzuki Alie merasa tidak memiliki legal standing yang kuat.

"Jadi setelah legal standing pihak penggugat yang kurang, tadi sudah ditunjukkan KTP aslinya dan kemudian majelis hakim mengabulkan putuskan pencabutan itu," kata Mehbob.

Atas pencabutan gugatan tersebut, pihak AHY pun beranggapan masalah tersebut sudah selesai. "Jadi saya kira masalahnya itu sudah selesai. Marzuki Alie cs mencabut gugatan itu sebelum menghadapi pertempuran karena dia berpikir legal standing mereka lemah karena ini adalah masalah parpol pasti akan kembali ke mahkamah partai," ucapnya.

Dalam persidangan, Ketua Majelis Hakim Rosmina, menjelaskan, pembacaan pencabutan gugatan dilakukan setelah pihak pemohon menyerahkan surat kuasa serta identitas resmi (KTP). Majelis hakim mengambil keputusan tersebut setelah salah satu tim kuasa hukum penggugat menyampaikan permohonan pencabutan gugatan.

Dalam kesempatan itu Majelis Hakim juga menjelaskan, pihaknya tidak perlu meminta persetujuan dari tergugat, yaitu Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya, dan Ketua Dewan Kehormatan DPP Partai Demokrat Hinca Panjaitan, yang saat sidang diwakili sejumlah pengacara.

Walaupun demikian, Majelis Hakim tetap meminta kuasa hukum dari pihak penggugat dan tergugat tetap melengkapi beberapa dokumen demi memverifikasi identitas dan kedudukan para penggugat dan tergugat.

Sebelumnya, Marzuki Alie dan lima politisi mendaftarkan gugatan kepada tiga pengurus DPP Partai Demokrat ke PN Jakarta Pusat pada 8 Maret 2021 terkait pemecatannya sebagai kader partai. Selain Marzuki Alie, lima orang lainnya yakni Tri Yulianto, Darmizal, Achmad Yahya, Yus Sudarso, dan Syofwatillah Mohzaib.

Gugatan itu, sebagaimana tercatat pada Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) PN Jakpus, terdaftar dengan nomor registrasi 147/Pdt.Sus-Parpol/2021/PN Jkt.Pst.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Helikopter Polri Hilang Kontak, Nelayan Temukan Sandaran Kursi Penumpang

Seorang nelayan bernama Sobri Wassholat menemukan sandaran kursi penumpang helikopter di Perairan Manggar Belitung Timur, Bangka Belitung.

NEWS | 28 November 2022

Jenazah Bripda Khoirul Anam Ditemukan di Pantai Burung Mandi

Jenazah yang ditemukan di Pantai Burung Mandi itu bernama Bripda Khoirul Anam. Ia merupakan kru helikopter Polri yang hilang kontak.

NEWS | 28 November 2022

Akses bagi Anak-Anak Buruh Tani Sawit Dapatkan Pendidikan Berkualitas

Untuk menguatkan pemulihan pembelajaran, Kepala SDN 005 Tanjung Palas Timur Ludiah Liling merancang empat strategi implementasi Kurikulum Merdeka.

NEWS | 28 November 2022

Helikopter Polri yang Hilang Kontak Diduga Jatuh karena Cuaca

Helikopter Polri yang hilang kontak di dekat perairan Kabupaten Belitung Timur, Bangka Belitung, pada Minggu (27/11/2022), diduga jatuh karena cuaca.

NEWS | 28 November 2022

Bertemu Tokoh Supremasi Kulit Putih, Donald Trump Dikritik Republikan

Mantan Presiden AS Donald Trump mendapat kritikan tajam dari sejumlah Republikan atau anggota Partai Republik.

NEWS | 28 November 2022

Surpres Calon Panglima TNI Akan Diterima DPR Sore Ini

Surpres calon Panglima TNI dijadwalkan akan diterima Dewan Perwakilan Rakyat Senin (28/11/2022) pukul 16.00 WIB.

NEWS | 28 November 2022

Tak Terima Dikalahkan Maroko, Fan Belgia Mengamuk di Jalanan Brussel

Tak terima kalah dari timnas Maroko di ajang Piala Dunia Qatar, Minggu (27/11/2022), para fan Belgia mengamuk di jalanan ibu kota Brussel.

NEWS | 28 November 2022

Helikopter Polri Hilang Kontak, 1 Jenazah Diduga Kru Ditemukan di Pantai

Kru helikopter Polri dengan nomor registrasi 105/P-1103 yang hilang kontak ditemukan di Pantai Burung Mandi, Bangka Belitung.

NEWS | 28 November 2022

Emak-emak Rusia Bikin Petisi Antiperang Ukraina di Hari Ibu

Emak-emak dari tentara Rusia membuat petisi antiperang online untuk menuntut penarikan pasukan dari Ukraina pada perayaan Hari Ibu.

NEWS | 28 November 2022

Jadwal Sidang Ferdy Sambo Dkk di PN Jaksel Pekan Ini

Ferdy Sambo dkk akan menjalani sidang di PN Jaksel pekan ini selama tiga hari. Berikut jadwal sidang Ferdy Sambo dkk pekan ini

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Prabowo Subianto Pastikan Jokowi Pilih Calon Panglima TNI secara Profesional

Prabowo Subianto Pastikan Jokowi Pilih Calon Panglima TNI secara Profesional

NEWS | 13 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE