Logo BeritaSatu

Standardisasi Proses Bisnis PT BIMA Hasilkan Kolaborasi dengan Pelindo IV

Jumat, 26 Maret 2021 | 22:02 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - PT Berkah Industri Mesin Angkat (BIMA) mengunjungi Pelindo IV di Makassar guna memerkokoh kerja sama engineering companies Pelindo. Salah satu poin materi yang disampaikan BIMA dalam kunjungannya tersebut yaitu pemaparan 4 aplikasi siap pakai berbasis system Enterprise Resource Planning (ERP) untuk menunjang standardisasi proses bisnis perusahaan diantaranya Milea, Monic, Centra dan Bimops.

Menurut Direktur Utama BIMA yang merupakan cucu Pelindo III (Persero) melalui anak perusahaannya BJTI Port, Andriyuda Siahaan, ada 3 jenis aplikasi yang menjadi highlight dalam paparan tersebut yakni Monic, Centra dan Bimops. Ketiga aplikasi tersebut terintegrasi dapat digunakan oleh stakeholders tanpa harus menjalani proses bisnis yang berbelit dan dapat terus berjalan kapanpun dimana pun sehingga pengguna aplikasi tidak perlu bertatap muka untuk mendapatkan hasil kinerja yang efisien.

Advertisement

“Tentunya dengan luasnya wilayah bisnis, kita dituntut untuk dapat terus berinovasi agar kebutuhan pelanggan terpenuhi dalam waktu dan biaya yang efisien,” tutur Andriyuda melalui keterangan, Jumat (26/3/2021).

Dikatakan bahwa aplikasi tersebut juga telah digunakan BIMA untuk kebutuhan maintenance dan pencatatan riwayat dalam pemeliharaan (Monic), mengakomodir aktivitas keuangan, SDM maupun persediaan (Centra), dan juga mengakomodir aktivitas maintenance, plan maintenance, monitoring kesiapan alat dan pencatatan riwayat peralatan yang dipelihara (Bimops). Ia juga memastikan bahwa aplikasi berbasis sistem ERP milik BIMA akan terus bertambah.

“Sebenarnya BIMOPS juga masih baru kok dan baru akan dirilis dalam waktu dekat. Kami pun saat ini sedang mengolah dua aplikasi lagi terkait SDM dan manajemen proyek,” imbuhnya.

Selain itu juga ada dua poin materi kinerja lain yang dibawa PT BIMA dalam kunjungannya. Sehingga terjalin kerja sama dalam tiga bidang yakni filtrasi untuk meningkatkan kompetensi pelaksanaan maintenance alat berat, penyediaan spare part alat berat, dan standardisasi proses bisnis dengan menerapkan aplikasi Centra di seluruh wilayah operasi PT EII.

Aplikasi Centra menarik perhatian, karena secara umum aplikasi Centra dapat menekan potensi penggunaan kertas secara berlebih, kemudahan dan efisiensi bisnis proses juga menjadi poin yang tidak kalah penting dalam aplikasi ini sehingga pengguna secara langsung dapat mengakses dan memantau sejauh mana proses bisnis perusahaan berjalan meski tidak bekerja dari kantor.

Dalam kesempatan itu, Direktur Utama Pelindo IV, Prasetyadi, memberikan apresiasi atas inovasi yang dilakukan untuk mengadopsi sistem ERP Centra dalam satu perjanjian kerja sama sebagai bagian dalam proses bisnis perawatan alat bongkar muat Pelabuhan dengan harapan kerja sama engineering companies Pelindo pada kegiatan pemeliharaan alat bongkar muat dapat ditangani oleh perusahaan yang kompeten.

“Sudah jelas kita butuh perusahaan yang kompeten dan benar-benar paham kebutuhan pemeliharaan alat berat pelabuhan. Disisi lain kami juga berharap dapat terjalin kerjasama dalam agenda ini,” jelas Prasetyadi.

ERP Sistem yang terus dikembangkan PT. BIMA merupakan salah satu bentuk komitmen BIMA dalam menjalankan technology leadership dan inovasi model bisnis dalam 5 (lima) prioritas kepemimpinan Kementerian BUMN di masa kepemimpinan Erick Thohir.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Meresahkan Dosen, AI ChatGPT Lulus Ujian di Universitas AS

Kecerdasan buatan (artificial intelligence) ChatGPT ternyata mampu lulus ujian sarjana di universitas terkenal di AS.

NEWS | 29 Januari 2023

2 Hari Hilang, 6 Pendaki Gunung Lemongan Akhirnya Ditemukan

Usai dua hari menghilang lantaran tersesat, enam mahasiswa pendaki Gunung Lemongan di Jawa Timur akhirnya bisa ditemukan pada Sabtu siang (28/1/2023).

NEWS | 29 Januari 2023

Hadiri Harlah Ke-50 PPP, Erick Thohir Disambut Meriah

Kedatangan Erick Thohir di peringatan harlah ke-50 Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Cilegon, Banten, Sabtu (28/1/2023) disambut hangat.

NEWS | 29 Januari 2023

Kebakaran Swalayan di Bekasi, 11 Unit Pemadam Dikerahkan

Sebuah bangunan swalayan di Jalan Sumber Jaya, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, ludes dilahap api, Sabtu malam (28/1/2023).

NEWS | 29 Januari 2023

Top 5 News: Penipuan Undangan Digital hingga Mahasiswa UI Ditabrak

Penipuan undangan pernikahan digital di Whatsapp bisa menguras rekening korban menjadi berita terpopuler atau top news di Beritasatu.com, Sabtu (28/1/2023).

NEWS | 29 Januari 2023

Liga Premier Singapura Gunakan Teknologi VAR untuk Pertama Kalinya

Wasit di Liga Premier Singapura (SPL) akan mendapat bantuan ekstra di musim mendatang, dengan teknologi Video Assistant Referee (VAR).

NEWS | 29 Januari 2023

Surat Kewarganeragaan Tidak Sah, Wakil PM Nepal Dicopot dari Jabatan

Hakim di pengadilan tinggi Nepal memutuskan mencopot jabatan wakil PM Nepal Rabi Lamichhana karena memiliki surat kewarganegaraan yang tidak sah.

NEWS | 29 Januari 2023

Gempa Magnitudo 5,1 Guncang Maluku, Tak Berpotensi Tsunami

Gempa bumi dengan magnitudo 5,1 melanda Maluku, Sabtu (28/1/2023) malam pukul 22.47 WIB, menurut BMKG, gempa itu tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

NEWS | 28 Januari 2023

Legislator Minta BPKH Susun Peta Jalan Pola Pembiayaan Haji

Legislator meminta Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) untuk menyusun peta jalan atau roadmap pola pembiayaan haji.

NEWS | 28 Januari 2023

Soal Kemungkinan Biaya Haji Turun, Ini Respons Komnas

Komnas Haji mengatakan bahwa masih ada kemungkinan biaya haji tahun ini turun dari angka yang diusulkan oleh Kementerian Agama.

NEWS | 28 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Meresahkan Dosen, AI ChatGPT Lulus Ujian di Universitas AS

Meresahkan Dosen, AI ChatGPT Lulus Ujian di Universitas AS

NEWS | 11 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE