Logo BeritaSatu

Gobel Minta Pemerintah Tetapkan KLB dalam Bencana NTT

Senin, 5 April 2021 | 06:54 WIB
Oleh : Primus Dorimulu / AB

Waingapu, Beritasatu.com - Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel mengajak semua pihak untuk bersimpati dan membantu korban bencana di Nusa Tenggara Timur (NTT). "Harus segera menetapkan status kejadian luar biasa (KLB) karena sudah darurat," katanya di Waingapu, Sumba Timur, Senin (5/4/2021).

Lebih dari sepekan ini sejumlah wilayah di Nusa Tenggara Timur diguyur hujan terus-menerus. Saat ini, Rachmat sedang mengadakan kunjungan kerja ke Sumba, sebuah pulau di sisi selatan NTT. Sebagian rombongan berangkat Sabtu melalui Bandara El Tari, Kupang. Namun tak bisa mendarat karena hujan lebat. Lalu pesawat kembali ke Makassar.

Selanjutnya dicoba sekali lagi dan tetap tak bisa mendarat. Akhirnya mereka kembali ke Jakarta dan terbang via Bali dan langsung ke Sumba, sehingga tidak melalui Kupang.

Gobel sendiri berangkat dari Jakarta pada Minggu via Bali dan langsung ke Waingapu. Di Sumba, juga terjadi hujan terus-menerus. Sungai Kambaniru, sungai terbesar di Sumba Timur pun meluap. Bendungan jebol dan satu jembatan putus.

Bandara Waingapu juga sempat terendam. Beruntung Minggu kemarin pesawat Wings Air yang ditumpanginya sudah mendarat lebih dahulu. Jalan yang dilewatinya pun kemudian terputus.

Hampir seluruh NTT dilanda banjir. Namun yang paling parah adalah di Flores Timur dan Lembata. Dua kabupaten ini dilanda longsor dan banjir bandang akibat hujan terus-menerus. Puluhan korban meninggal dunia.

Berdasarkan informasi anggota Komisi IV DPR, Julie Laiskodat, dua wilayah terparah di Flores Timur akibat banjir bandang adalah Ile Boleng dengan 52 korban meninggal dan Adonara Timur dengan tiga korban meninggal serta enam orang belum ditemukan.

Kemudian, di Kabupaten Lembata, banjir bandang mengakibatkan 21 orang di tiga desa di Kecamatan Ile Ape dan 27 warga di dua desa di Kecamatan Ile Ape Timur meninggal dunia. Banjir bandang juga melanda Kecamatan Omesuri dan Lebatukan dan belum ada laporan korban meninggal dari kedua kecamatan tersebut.

Karena itu, Gobel meminta kepada pemerintah untuk mempertimbangkan penetapan status kejadian luar biasa. Saat ini penduduk membutuhkan bantuan segera, seperti tempat tinggal, pakaian, dan makanan.

"Mereka butuh bantuan segera," katanya.

Gobel dan Pemprov NTT akan berkoordinasi untuk menyalurkan bantuan, antara lain dengan membuka dapur umum, memberi selimut, dan sejumlah kebutuhan pokok lainnnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ini Rekonstruksi Detik-detik Rudolf Bunuh Icha di Apartemen

Polisi menggelar rekonstruksi detik-detik Christian Rudolf Tobing (36) membunuh temannya sendiri Ade Yunia Rizabian (36) alias Icha di apartemen. 

NEWS | 8 Desember 2022

Pemkot San Francisco Selidiki Kamar Tidur Darurat di Markas Twitter

Pemkot San Francisco baru-baru ini mengatakan, pihaknya sedang menyelidiki keluhan bahwa Twitter telah membuat kamar tidur darurat di markas pusatnya.

NEWS | 8 Desember 2022

Buwas: Tak Mudah Impor Beras di Tengah Krisis Pangan

Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso atau yang akrab disapa Buwas mengatakan, tidak mudah untuk impor beras saat krisis pangan melanda banyak negara. 

NEWS | 8 Desember 2022

Majalah Time Nobatkan Zelensky Person of the Year 2022

Majalah Time menobatkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky sebagai "Person of the Year" tahun 2022 pada Rabu (7/12/2022).

NEWS | 8 Desember 2022

Ganjar Minta Pemerintah Desa di Pati Buat Program Antikorupsi

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta semua pemerintah desa di Kabupaten Pati membuat program antikorupsi dengan pendampingan dari inspektorat.

NEWS | 8 Desember 2022

Tiba di Gedung KPK, Bupati Bangkalan Ra Latif Jalani Pemeriksaan

Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron atau Ra Latif, tersangka kasus dugaan suap lelang jabatan tiba di Gedung KPK untuk pemeriksaan lebih lanjut.

NEWS | 8 Desember 2022

Begini Rute Bus Tamu Undangan Pernikahan Kaesang di Solo

Polda Jateng melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan saat pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Solo, Minggu (7/12/2022).

NEWS | 8 Desember 2022

Bocah 3 Tahun Tewas Terjepit Ban Truk Kontainer di Bekasi

Seorang bocah 3 tahun berinisial AWK tewas terjepit ban truk kontainer di Jalan Kampung Legon, Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi.

NEWS | 7 Desember 2022

Jenazah Pelaku Bom Astana Anyar Diautopsi di RS Bhayangkara Sartika Asih

Jenazah Agus Sujatno, pelaku bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar atau bom Astana Anyar diautopsi di RS Bhayangka Sartika Asih, Bandung.

NEWS | 7 Desember 2022

Kutuk Bom Bunuh Diri Bandung, Eks Napiter: Tidak Sesuai Ajaran Islam

Mantan narapidana terorisme (napiter), Muchtar Daeng Lau mengutuk keras aksi bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar, Bandung, Jawa Barat.

NEWS | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ini Rekonstruksi Detik-detik Rudolf Bunuh Icha di Apartemen

Ini Rekonstruksi Detik-detik Rudolf Bunuh Icha di Apartemen

NEWS | 35 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE