Logo BeritaSatu

Peradi Gelar Ujian Profesi Advokat

Sabtu, 10 April 2021 | 19:09 WIB
Oleh : Yeremia Sukoyo / WM

Jakarta, Beritasatu.com - Sebanyak 5.833 orang mengikuti Ujian Profesi Advokat (UPA) yang digelar Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi). Ujian profesi advokat itu sendiri digelar serentak di 44 kota, mulai dari Lhokseumawe, Aceh hingga Papua.

Ketua Umum (Ketum)‎ DPN Peradi Otto Hasibuan saat meninjau UPA di Jakarta Convention Center (JCC), Sabtu (10/4/2021), menjelaskan, banyak calon advokat yang mengikuti ujian menunjukkan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga yang dipimpinnya.

Dijelaskan Otto, tahapan untuk menjadi advokat di Peradi dilakukan sangat ketat. Namun demikian, walaupun diselenggarakan secara ketat, calon advokat tetap antusias. "Meskipun dibuat sangat ketat, mereka tetap mengikuti pendidikan dan ujian yang kita buat ini," kata Otto Hasibuan.

Menurut Otto, tingginya animo untuk menjadi advokat justru merupakan buah dari penerapan regulasi yang ketat dalam menyeleksi calon advokat. Semua dilakukan demi menghasilkan pengacara andal, baik dari segi keilmuan dan etika profesi.

Otto menceritakan, di awal UPA Peradi, pihaknya sempat didemo karena dari ‎12.000 orang yang ikut ujian, hanya sekitar 9% yang dinyatakan lulus. Tetapi pihaknya tidak bergeming, yakni tetap menerapkan standar kelulusan yang tinggi demi menjaga muruah profesi advokat dan melayani para pencari keadilan.

Dijelaskan, konsistensi penerapan standar tersebut akhirnya membuat peserta berubah dan belajar agar memenuhi standar kompetensi yang telah digariskan. Kenaikan kelulusan pun terus meningkat, dari 9% ke 15%, 50% hingga bahkan sekarang bisa sampai 91%.

"Ini berarti kemajuan yang besar. Kami lihat nilainya pun semakin bagus. Dulu walaupun (angka kelulusan) 50% tapi pas-pasan.‎ Sekarang sudah lewat daripada standar," ungkapnya

Untuk ujian profesi advokad Peradi juga dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang cukup ketat. Semua wajib menunjukkan negatif Covid-19 berdasarkan hasil rapid test antigen.

Peserta UPA di DKI Jakarta jumlahnya paling banyak, yakni 1.624 orang. Ujiannya dilaksanakan di lima lokasi, yaitu JCC, Hotel Bidakara, Menara 165 Convention Center, Universitas Kristen Indonesia (UKI) dan Hotel Balairung.

Pada pelaksanaan UPA 2021 kali ini, DPN Peradi juga mengundang Direktur Jenderal Hak Asasi Manusia, Kementerian Hukum dan HAM Mualimin Abdi dan Sekretaris Mahkamah Agung H Hasbi untuk meninjau pelaksanaan UPA di Jakarta.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Orang Tua Korban Gangguan Ginjal Lapor ke Bareskrim Polri

Keluarga korban kasus gangguan ginjal akut melapor ke Bareskrim Polri atas dugaan tindak pidana yang menyebabkan hilangnya nyawa seseorang. 

NEWS | 8 Desember 2022

Kuasa Hukum Sebut Ferdy Sambo Tak Ikut Tembak Brigadir J

Kuasa hukum Ferdy Sambo, Rasamala Aritonang menyebut kliennya tidak ikut menembak Brigadir J atau Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat.

NEWS | 8 Desember 2022

Hapus Cara Tradisional, Aturan Baru Ini Bikin Usia Orang Korea Selatan Lebih Muda

Aturan baru menghapus metode penghitungan usia cara tradisional yang akan membuat usia orang Korea Selatan lebih muda.

NEWS | 8 Desember 2022

Pengurus Baru ASPIKOM Korwil Jabodetabek Periode 2022-2025 Resmi Dilantik

Acara pelantikan berlangsung di Aula Nurcholis Madjid, Universitas Paramadina, Jakarta Selatan pada Rabu, 7 Desember 2022. 

NEWS | 8 Desember 2022

Kemenkes Pantau Subvarian Omicron BN.1 yang Muncul di Indonesia

Selain Amerika Serikat, Omicron BN.1 juga terdeteksi di lebih 30 negara lainnya, termasuk Australia, Inggris, India, hingga Austria

NEWS | 8 Desember 2022

Hari Ini, 2 Gempa Lebih dari 5,0 M Guncang Tanah Air

Hari ini, Kamis (8/12/2022) wilayah Indonesia diguncang dua gempa berkekuatan lebih besar dari magnitudo 5.

NEWS | 8 Desember 2022

Publik Puas dengan Kinerja Prabowo Subianto, Erick Thohir, dan Sandiaga Uno

Publik mengaku puas dengan kinerja tiga menteri, yakni Prabowo Subianto, Erick Thohir, dan Sandiaga Uno.

NEWS | 8 Desember 2022

Jokowi Tinjau Rumah Contoh Tahan Gempa di Cianjur

Jokowi meninjau rumah contoh yang tahan gempa di Yonif Raider 300, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (8/12/2022).

NEWS | 8 Desember 2022

Korban Bom Bunuh Diri, Aipda Sofyan Dapat Kenaikan Pangkat

Korban bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar, Aipda Sofyan mendapatkan kenaikan pangkat luar biasa dari Aipda menjadi Aiptu Anumerta.

NEWS | 8 Desember 2022

Survei Poltracking: Kepuasan Kinerja Jokowi Kembali Naik

Berdasarkan survei Poltracking, kepuasan mayoritas publik terhadap pemerintahan Jokowi-Ma'ruf meningkat.

NEWS | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# UU KUHP


# Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Sukabumi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Orang Tua Korban Gangguan Ginjal Lapor ke Bareskrim Polri

Orang Tua Korban Gangguan Ginjal Lapor ke Bareskrim Polri

NEWS | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE