Logo BeritaSatu

Ini Alasan Perubahan Nama Tol Japek II Jadi Jalan Layang Sheikh Mohamed Bin Zayed

Senin, 12 April 2021 | 10:10 WIB
Oleh : Thresa Sandra Desfika / RSAT

Bekasi, Beritasatu.com - Nama Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Elevated resmi berubah menjadi Jalan Layang MBZ Sheikh Mohamed Bin Zayed, Senin (12/4/2021).

Sheikh Mohamed Bin Zayed adalah Putra Mahkota Abu Dhabi dan Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata Uni Emirat Arab (UEA).

Peresmian perubahan nama itu dilaksanakan di akses masuk Jalan Layang MBZ Sheikh Mohamed Bin Zayed dari arah Jakarta Km 10A oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, serta Duta Besar UEA untuk Indonesia Abdulla Salem Obaid Al Dhaheri.

Pratikno menjelaskan, alasan perubahan nama Tol Japek II Elevated menjadi Jalan Layang MBZ Sheikh Mohamed Bin Zayed. Pertama, hubungan kedua sejak 1976 yang semakin lama semakin akrab, baik itu di bidang sosial, kebudayaan, maupun ekonomi.

"Di bidang ekonomi investasi dari UEA merupakan salah satu investasi terbesar di Indonesia, baik itu untuk pembangunan infrastruktur maupun dukungan terakhir dalam volume yang besar pada INA (Indonesia Investment Authority), yakni lembaga Sovereign Wealth Indonesia yang dibentuk beberapa waktu lalu," ungkap Pratikno saat memberikan sambutan dalam acara peresmian perubahan nama Tol Japek II Elevated.

Kedua, terang Praktino, adalah Pemerintah UEA juga sebelumnya telah mencanangkan nama Jalan Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi yang merupakan sebuah jalan di jalan utama yang strategis antara Abu Dhabi National Exhibition Centre menuju ke arah kompleks kedutaan.

"Ini juga merupakan sebuah penghormatan kepada bangsa Indonesia yang diberikan oleh Pemerintah UEA, khususnya Sheikh Mohamed Bin Zayed," ujar Pratikno.

"Jadi itulah latar belakang dari perubahan nama ini. Maka pada pagi hari ini. Mulai dari pagi ini, saya dan Pak Menteri PUPR atas nama Bapak Presiden secara resmi merubah nama Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated resmi menjadi Jalan Layang MBZ Sheikh Mohamed Bin Zayed," kata Pratikno.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Gerindra Beri Catatan, Anies Belum Punya Tiket Pilpres 2024

Politikus Partai Gerindra Andre Rosiade memberi catatan bahwa mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan belum punya tiket ke Pilpres 2024 mendatang.

NEWS | 30 November 2022

Ibarat Piala Dunia, Zulhas: Jangan Remehkan Partai Kecil

Zulkifli Hasan alias Zulhas mengibaratkan partai-partai kecil seperti tim sepak bola Arab Saudi dan Jepang yang bsia mengalahkan Argentina di Piala Dunia 2022.

NEWS | 30 November 2022

Bikin AS Khawatir, Tiongkok Bisa Miliki 1.500 Hulu Ledak Nuklir

Tiongkok kemungkinan akan memiliki persediaan 1.500 hulu ledak nuklir pada tahun 2035 jika terus mempercepat pembangunan nuklirnya.

NEWS | 30 November 2022

Ganjar Bentuk Tim Khusus Percepatan Pembangunan Tol Semarang-Demak

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo membentuk tim untuk membereskan persoalan pembebasan lahan pelaksanaan Proyek Tol Semarang-Demak.

NEWS | 29 November 2022

Jokowi Akan Hadiri Midodareni, Tetangga Erina Diminta Tak Inapkan Tamu

Jokowi akan menghadiri midodareni di kediaman calon menantunya, Erina Gudono di Purwosari RT 03/RW 59, Sinduadi, Mlati, Sleman.

NEWS | 30 November 2022

Menilik Rumah Bantuan Ganjar, Hanya Bayar Rp 355 Ribu per Bulan

“Tuku Lemah Oleh Omah” adalah program bantuan yang membantu banyak masyarakat hasil inisiasi dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

EKONOMI | 29 November 2022

Penyaluran Bantuan Dana Bansos Terus Dipantau

Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial (Kemensos) Harry Hikmat menegaskan penyaluran dana BLT BBM, BPNT/Sembako dan PKH terus dipantau tiap hari.

NEWS | 30 November 2022

Jokowi Dinilai Contoh Pemimpin yang Berani Tegakkan Kebenaran

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai sebagai contoh pemimpin yang berani menegakkan kebenaran.

NEWS | 30 November 2022

Bupati: Pencarian Korban Gempa Cianjur Diperpanjang 3 Hari

Bupati Cianjur, Jawa Barat, Herman Suherman mengatakan, proses pencarian korban gempa Cianjur diperpanjang tiga hari.

NEWS | 30 November 2022

MK Tambahkan Syarat Baru Ini Bagi Caleg Mantan Koruptor di Pemilu

Mahkamah Konstitusi atau MK menambahkan syarat baru bagi caleg mantan terpidana termasuk terpidana kasus korupsi yang akan ikut menjadi Pemilu 2024.

NEWS | 30 November 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Gerindra Beri Catatan, Anies Belum Punya Tiket Pilpres 2024

Gerindra Beri Catatan, Anies Belum Punya Tiket Pilpres 2024

NEWS | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE