Logo BeritaSatu

Bahas RUU Kejaksaan, Komisi III Siap Terima Masukan Masyarakat

Selasa, 13 April 2021 | 16:37 WIB
Oleh : Markus Junianto Sihaloho / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota Komisi III DPR, Hinca Panjaitan, mengatakan pihaknya siap menerima masukan dari masyarakat agar bisa menghasilkan Rancangan Undang-Undang Kejaksaan atau RUU Kejaksaan yang terbaik saat pembahasan bersama pemerintah.

"Komisi III siap untuk menerima secara terbuka seluruh masukan dari masyarakat agar terpenuhi proses penyerapan dan proses pembentukan dengan partisipasi publik yang cukup," kata Hinca Panjaitan dalam diskusi Forum Legislasi bertema "RUU Kejaksaan, Komitmen DPR Perkuat Kinerja Korps Adhyaksa", Selasa (13/4/2021).

Hinca menjelaskan, pada penjelasan umum draf RUU Kejaksaan, di alinea pertama, pihaknya melepas satu kata yang sangat penting. Yaitu soal rasa keadilan. Alasannya, bila dicek di lapangan, agak sulit menerjemahkan itu secara detail.

"Maka kira-kira ini substansinya. Bahwa keadilan tidak boleh menemui jalan buntu, keadilan harus menyentuh garis finis keadilan itu sendiri, jaksa dan penegak hukum lainnya adalah representasi negara untuk menjamin keadilan tersedia bagi masyarakat itu. Konteks inilah UU Kejaksaan ini kita mau dorong bersama-sama, agar rasa keadilan itu benar-benar didapat," urai Hinca.

Pihaknya menilai, berdasarkan fakta di lapangan selama ini, banyak sekali kasus yang tidak bisa menyentuh garis finis itu sendiri. Dalam arti tak bisa dieksekusi.

"Mengapa nggak bisa dieksekusi? Kalau misalnya pidana, kadang-kadang waduh kami mau eksekusi kata hakim bersama jaksa. Namun kemudian aparat keamanan tidak lengkap," kata Hinca.

"Yang paling banyak, meskipun agak abu-abu di undang-undang PTUN, banyak sekali kasus-kasus putusan PTUN yang diputus, tetapi tak bisa dijalankan, tak bisa dieksekusi," tambahnya.

Padahal, menurut Hinca, jaksa adalah eksekutor putusan. Sehingga RUU ini akan memastikan bagaimana keadilan bisa sampai menjelang garis finis. Sehingga caranya adalah dengan menguatkan institusi Kejaksaan secara fundamental.

"Ada berbagai hal penting yang harus diperbaru sehingga memperkuat Kejaksaan," pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Berkah Pernikahan Kaesang-Erina, Hotel di DIY Full Booked

Reservasi untuk hotel-hotel di DIY sudah mendekati 100% alias full booked menjelang hari pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Sofia Gundono.

NEWS | 4 Desember 2022

Menikah, 2 Sejoli Korban Gempa Cianjur Tak Pikirkan Malam Pertama

Dua sejoli menikah di tengah suasana duka akibat gempa Cianjur, Jawa Barat. Mereka pun tidak memikirkan malam pertama.

NEWS | 4 Desember 2022

Wabup Lumajang Minta Warga di Zona Merah Semeru Dikosongkan

Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati meminta semua warga yang berada di zona merah erupsi dan awan panas guguran Gunung Semeru dikosongkan

NEWS | 4 Desember 2022

Erupsi Gunung Semeru Tak Pengaruhi Wisata di Bromo

Aktivitas wisata di Gunung Bromo, Jawa Timur, yang masuk kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) tidak terdampak erupsi Gunung Semeru.

NEWS | 4 Desember 2022

Pembangunan Rumah Korban Gempa Cianjur Rampung Sebelum Lebaran

Pembangunan rumah korban gempa Cianjur, Jawa Barat, akan rampung sebelum Lebaran 2023 mendatang.

NEWS | 4 Desember 2022

Longsor di Jalan Bogor-Sukabumi, Kendaraan Besar Dialihkan ke Tol Bocimi

Polisi memberlakukan rekayasa lalu lintas berupa pengalihan arus kendaraan besar ke Tol Bocimi, imbas dari longsornya Jalan Raya Bogor-Sukabumi.

NEWS | 4 Desember 2022

MRT Jakarta Dorong Masyarakat Manfaatkan Taman Literasi

Menurut Farchad, masyarakat bisa melakukan berbagai kegiatan di taman literasi Martha Christina Tiahahu, yang dikelola anak usaha PT MRT Jakarta.  

NEWS | 4 Desember 2022

Pencarian Helikopter Polri NBO-105 Diperpanjang Tiga Hari

Tim SAR gabungan memperpanjang pelaksanaan kegiatan pencarian dan evakuasi Helikopter NBO-105 Polri yang jatuh di perairan Manggar, Belitung Timur.

NEWS | 4 Desember 2022

MRT Jakarta Targetkan Penambahan Lima Taman Literasi di 2023

MRT Jakarta melalui anak perusahaan, PT Integrasi Transit Jakarta (ITJ) menargetkan penambahan area hijau di DKI Jakarta sebesar 10 persen.

NEWS | 4 Desember 2022

Waspada, Status Gunung Semeru Naik Jadi Level Awas

Status Gunung Semeru di Jawa Timur pada Minggu ini telah dinaikkan dari Level 3 atau Siaga menjadi Level 4 atau Awas terhitung mulai pukul 12.00 WIB.

NEWS | 4 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Berkah Pernikahan Kaesang-Erina, Hotel di DIY Full Booked

Berkah Pernikahan Kaesang-Erina, Hotel di DIY Full Booked

NEWS | 3 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE