Logo BeritaSatu

Nama Puan Maharani belum Menjual di Publik

Minggu, 7 Oktober 2012 | 18:01 WIB
Oleh : B1

Puan Maharani, putri Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri dan Taufiq Kiemas merupakan nama yang termasuk diembuskan partainya sebagai bakal calon presiden/wapres 2014.

Meski PDIP mulai memunculkan peran Puan lebih luas ke publik, tidak demikian menurut penilaian para ahli melalui survei yang dilakukan Pol-Tracking Institute yang diumumkan hari ini.

"Puan Maharani yang merupakan turunan Megawati belum memberikan pengaruh signifikan," demikian Direktur Eksekutif Pol-Tracking Hanta Yudha AR di Jakarta, Minggu (7/10).

Dari 35 nama calon muda yang menjadi objek survei, lima nama berasal dari PDIP yaitu Joko Widodo, Pramono Anung Wibowo, Budiman Sudjatmiko, Maruarar Sirait dan Puan Maharani.

Dari 13 aspek yang dinilai oleh seratus responden berkategori pakar, akademisi dan aktivis, nama Puan di bawah rekan-rekannya. Hanya pada aspek penerimaan partai lah Puan Maharani mengungguli Budiman dan Maruarar, namun masih di bawah Joko Widodo dan Pramono Anung.

Sedangkan pada 12 aspek yang lain, nama Puan selalu di bawah empat kader partainya itu.

Dalam survei itu, Joko Widodo selain mendapat ranking paling bagus dari 13 aspek yang disurvei lembaga ini juga dianggap sebagai tokoh yang tudak hanya paling diterima publik namun juga partai politik. Gubernur DKI Jakarta terpilih ini dicatat sebagai tokoh seimbang.

Pol-Tracking sendiri menyatakan mereka mengeluarkan survei ini untuk memberikan alternatif calon potensial pada pemilu dua tahun mendatang. Pasalnya di luar nama yang digadang-gadang partai dianggap masih banyak calon potensial.

"Garis partai politik masih mengajukan nama-nama lama," kata Agung Baskoro, salah seorang peneliti lembaga itu.

Padahal, menurutnya, publik sudah mulai jenuh dengan figur yang bolak-balik dijagokan partai namun tak menyumbang perubahan. Dia mengatakan, pihaknya memang sengaja membatas responden hanya pada pakar karena mereka ini dianggap paling mengikuti dan mengetahui perkembangan politik. Hasil penilaian para pakar itu kemudian bisa dijadikan informasi bagi publik luas.

Tigapuluh lima nama yang dinilai oleh seratus pakar dan para intelektual yang berasal dari nonpartai politik (parpol) dan parpol itu yakni, Joko Widodo, Anies Baswedan, Sri Mulyani Indrawati, Pramono Anung Wibowo, Anas Urbaningrum, Khofifah Indar Parawansa, Anis Matta, Priyo Budi Santoso, Lukman Hakim Saifudin, Ferry Mursyidan Baldan, Budiman Sudjatmiko, Chairul Tandjung, Sandiaga Uno, Luhfi Hasan Ishaaq, Gita Wirjawan, Yuddy Chrisnandy, Fadli Zon, Tifatul Sembiring, Irman Gusman, Jeffrie Geovanie, Romahurmuziy, Andi Mallarangeng, Idrus Marham, Yenny Wahid, Zulkifli Hasan, Fadjroel Rahman, Maruarar Sirait, Harry Tanoesoedibjo, Muhaimin Iskandar, Taufik Kurniawan, Puan Maharani, Ahmad Muzani, Rizal Mallarangeng, Akbar Faisal, dan Patrice Rio Capella.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

KPK Duga Lukas Enembe Naik Pesawat Pribadi dengan Layanan First Class

KPK mendalami dugaan Gubernur Papua Lukas Enembe menggunakan private jet atau pesawat pribadi dengan layanan first class.

NEWS | 4 Oktober 2022

AHY Hormati Kedaulatan Partai Nasdem Usung Anies Capres

AHY menegaskan pihaknya menghormati kedaulatan Partai Nasdem yang sudah mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres).

NEWS | 4 Oktober 2022

Penjelasan KPK soal Pertemuan dengan BPK Terkait Formula E

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membenarkan sudah melakukan koordinasi dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait penelusuran kasus Formula E.

NEWS | 4 Oktober 2022

Bercanda Soal KDRT Lesti Kejora, Deddy Corbuzier Dikritik Netizen

Pada konten Somasi, Deddy Corbuzier bersama komedian Uus mengangkat kasus KDRT yang dialami penyanyi Lesti Kejora dengan bercanda.

NEWS | 4 Oktober 2022

Bharada E Siap Dipertemukan dengan Ferdy Sambo di Persidangan

Bharada E siap dipertemukan langsung dengan mantan Kadiv Propam Polri, Ferdy Sambo di persidangan.

NEWS | 4 Oktober 2022

Puan Maharani Harapkan Hak-hak Perempuan Kian Terjamin

Ketua DPR Puan Maharani berharap semua anggota Komnas HAM periode 2022-2027 dapat melindungi hak-hak rakyat secara maksimal, khususnya hak-hak perempuan.

NEWS | 4 Oktober 2022

Tingkatkan Pasokan Listrik, PLN Gandeng Kejari Kota Bekasi

PLN siap mendukung pertumbuhan industri dan bisnis di Jabodetabek melalui pembangunan SUTET 500 kV Bekasi – Muara Tawar.

NEWS | 4 Oktober 2022

Kasus Garuda, Eks Anggota DPR Chandra Tirta Wijaya Dicegah ke Luar Negeri

Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) mencegah eks anggota DPR Chandra Tirta Wijaya untuk berpergian ke luar negeri.

NEWS | 4 Oktober 2022

KPK Tegaskan Tak Terpengaruh Rumor Politisasi Kasus Formula E

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak terpengaruh soal mencuatnya rumor politisasi dalam mengusut kasus Formula E.

NEWS | 4 Oktober 2022

Dede Yusuf Pertanyakan Aksi Represif Aparat dalam Tragedi Kanjuruhan

Wakil Ketua Komisi X DPR, Dede Yusuf mempertanyakan aksi represif aparat keamanan dalam tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
KPK Duga Lukas Enembe Naik Pesawat Pribadi dengan Layanan <em>First Class</em>

KPK Duga Lukas Enembe Naik Pesawat Pribadi dengan Layanan First Class

NEWS | 13 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings