Logo BeritaSatu

Pembatasan Mudik, AirNav Pastikan Layanan Navigasi Penerbangan Tetap Berjalan

Senin, 26 April 2021 | 12:57 WIB
Oleh : Thresa Sandra Desfika / FMB

Jakarta, Beritasatu.comAirNav Indonesia memastikan layanan navigasi penerbangan akan terus beroperasi selama masa pembatasan mudik Idulfitri 1442 H.

“Kami berkomitmen untuk terus memberikan layanan navigasi penerbangan selama masa pandemi dan peniadaan mudik ini, bukan hanya di bandara-bandara besar saja, bahkan hingga ke bandara-bandara perintis di pelosok negeri," ungkap Direktur Utama AirNav Indonesia, M. Pramintohadi Soekarno dalam keterangan resmi dikutip pada Senin (26/4/2021).

Dia menambahkan, penerbangan yang nantinya diberikan layanan navigasi pada periode larangan mudik tentunya sesuai kriteria dari Satgas Penanganan Covid-19, termasuk di antaranya adalah penerbangan kargo, perintis, dan kepentingan medis.

"AirNav Indonesia siap mendukung penuh implementasi peraturan-peraturan yang berlaku selama masa peniadaan mudik Idulfitri 1442 H ini, khususnya di bidang layanan navigasi penerbangan,” ungkap Pramintohadi.

Dia menjelaskan, selain penerbangan dengan rute domestik dan internasional yang diatur dalam SE Satgas Penanganan Covid-19, layanan navigasi untuk penerbangan lintas (overflying) juga tetap akan beroperasi normal.

"Penerbangan overflying yang melintasi ruang udara Indonesia, terus akan kami berikan layanan navigasi penerbangan dengan mengedepankan keselamatan dan efisiensi,” ujar dia.

Dalam menjamin operasional layanan navigasi penerbangan tersebut, papar Pramintohadi, AirNav Indonesia terus berupaya menjaga dan meningkatkan kualitas peralatan dan personel navigasi penerbangan.

"Selama pandemi ini, kami menerapkan prosedur perawatan berkala dan remote maintenance untuk peralatan communication, navigation, surveillance dan automation (CNS-A). Prosedur perawatan ini sesuai dengan standar keselamatan baik yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan maupun International Civil Aviation Organization (ICAO),” ucap Pramintohadi.

“Personel layanan navigasi penerbangan AirNav Indonesia yang bertugas di 285 cabang di seluruh Indonesia, juga terus kami jaga performanya. Salah satu caranya adalah dengan mengadakan program performance check setiap enam bulan sekali. Kompetensi dan performa personel kami, menjadi kunci utama dalam memberikan layanan navigasi penerbangan yang selamat dan efisien,” terang dia.

Secara internal, Pramintohadi menegaskan bahwa pihaknya mendukung penuh penerapan peniadaan mudik Idulfitri 1442 H yang dicanangkan oleh pemerintah.

"Kami telah menerbitkan surat edaran yang berisi larangan mudik Idulfitri 1442 H kepada para karyawan AirNav Indonesia. Kami juga mengimbau kepada masyarakat, mari kita bersama-sama berpartisipasi dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19, yakni dengan menunda mudik pada Lebaran tahun ini dan berpartisipasi menyukseskan program vaksinasi Covid-19 yang tengah digencarkan oleh pemerintah,” pungkas dia.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sidang Dilanjutkan, Nikita Mirzani Ingin Bertemu Langsung Dito Mahendra

Nikita Mirzani menyikapi dengan santai setelah keberatannya (eksepsi) ditolak hakim dalam putusan sela, dan menyatakan ingin bertemu langsung dengan Dito Mahendra.

NEWS | 5 Desember 2022

Marullah Matali Jadi Deputi Gubernur DKI, Berikut Tugasnya

Marullah Matali diangkat sebagai Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata DKI Jakarta.

NEWS | 5 Desember 2022

Hakim Tolak Keberatan Nikita Mirzani, Sidang Bakal Dilanjutkan

Sidang kasus dugaan pencemaran nama baik terhadap Dito Mahendra dengan terdakwa Nikita Mirzani bakal dilanjutkan.

NEWS | 5 Desember 2022

Ricky Rizal Sempat Kepo Saat Brigadir J dan Putri Bertemu di Kamar

Ricky Rizal sempat membeberkan rasa ingin tahu yang dia alami saat Putri Candrawathi bertemu dengan Brigadir J di rumah Magelang.

NEWS | 5 Desember 2022

Cari Anggota Geng, El Salvador Turunkan 10.000 personel Keamanan Tutup Kota

El Salvador menurunkan 10.000 personel tentara dan polisi untuk menutup sebuah kota, untuk mencari anggota geng jalanan.

NEWS | 5 Desember 2022

Hakim Sebut Alasan Ricky Rizal Amankan Senjata Brigadir J Tak Masuk Akal

Hakim PN Jaksel menilai alasan Ricky Rizal atau Bripka RR mengamankan senjata Brigadir J merupakan alasan yang tidak masuk akal. 

NEWS | 5 Desember 2022

Copot Sekda DKI, Heru: Jangan Salah Paham

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meminta semua pihak tidak salah paham terkait pencopotan Sekda DKI Jakarta, Marullah Matali.

NEWS | 5 Desember 2022

Cak Imin: Indonesia Perlu Buat Aliansi Berbasis Komoditas

Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menyatakan Indonesia perlu bangun koalisi berbasis komoditas merespons kekalahan di WTO terkait pelarangan ekspor nikel.

NEWS | 5 Desember 2022

Anggota TNI Tewas dalam Kecelakaan Beruntun di Jalan Dewi Sartika Jaktim

Seorang anggota TNI tewas dalam kecelakaan beruntun di Jalan Dewi Sartika, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur (Jaktim), Senin (5/12/2022) siang.

NEWS | 5 Desember 2022

Balita Asal Depok Tewas di Apartemen, Diduga Dianiaya Pacar Ibunya

Balita perempuan berusia 2 tahun 9 bulan meninggal dunia di sebuah apartemen di Kalibata. Balita asal Depok itu diduga tewas dianiaya pacara ibunya. 

NEWS | 5 Desember 2022


TAG POPULER

# Erupsi Semeru


# Rizky Febian


# Bahlil Lahadalia


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ketum Apindo: Pemerintah Tidur Saja Ekonomi 2023 Tumbuh 5%

Ketum Apindo: Pemerintah Tidur Saja Ekonomi 2023 Tumbuh 5%

EKONOMI | 26 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE