Logo BeritaSatu

Kubu Moeldoko Ultimatum Tiga Ketua DPC Demokrat Cabut Laporan

Selasa, 27 April 2021 | 11:15 WIB
Oleh : Vento Saudale / CAR

Jakarta, Beritasatu.com – Tim kuasa hukum Partai Demokrat (PD) kubu Moeldoko mengultimatum agar tiga ketua DPC PD untuk mencabut laporan di Polda Metro Jaya. Kubu Moeldoko tak berencana melaporkan balik para pimpinan DPC tersebut.

Juru Bicara PD kubu Moeldoko Muhammad Rahmad menyatakan, laporan balik itu terkait tindak pidana pencemaran nama baik dan laporan palsu.

“Seakan-akan telah diciptakan narasi bahwa pelapor dicatut namanya tanpa sepengetahuan pelapor dan DPP Partai Demokrat KLB Deli Sedang dituduh ikut terlibat di dalamnya,” kata Rahmad dalam keterangannya, Selasa (27/4/2021).

Rahmad menganggap hal ini merupakan masalah internal partai, sehingga meminta pelapor untuk segera mencabut laporan.

“Bila tidak dilakukan, terpaksa pihak terlapor yang dirugikan akan membuat laporan balik dengan melibatkan pihak-pihak yang ikut merekayasa laporan tersebut,” tegasnya.

Rahmad menjelaskan pelapor sebelumnya telah menandatangani surat bermaterai berisi setia kepada hasil KLB Deli Serdang. Menurutnya, pelapor juga menyebut AD/ART 2020 menyimpang dan cacat hukum dan tidak mengakui kepengurusan Ketua Umum PD Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

“Tiga pelapor ini membantah tuduhan kubu AHY yang menyebut KLB Deli Serdang abal-abal. Faktanya yang ikut KLB Partai Demokrat di Deli Serdang adalah ketua-ketua DPC. Ini juga membuktikan bahwa kubu AHY lah yang selama ini memberikan pernyataan pernyataan tidak benar kepada masyarakat,” kata Rahmad.

Rahmad menjelaskan tiga pelapor tersebut sebelumnya telah menyatakan diri bersedia menggugat AD/ART 2020 dan kepengurusan AHY. Para pelapor juga disebut telah menghadap langsung tim hukum PD hasil KLB dan memberikan data-data diri secara sukarela. Data yang disampaikan yaitu kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu tanda anggota (KTA) untuk keperluan pembuatan surat gugatan.

Rahmad menambahkan tim hukum kemudian menyiapkan surat gugatan AD/ART 2020 pada 1 April 2021 dan didaftarkan ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus). Pada 5 April 2021, secara resmi gugatan tersebut telah dicatat oleh panitera PN Jakpus.

“Namun kemudian secara tiba tiba, tiga ketua DPC yang menggugat itu menyatakan keberatan menjadi penggugat AD/ART 2020 dan meminta tim hukum DPP Partai Demokrat KLB Deli Serdang untuk mencabut gugatan tersebut,” ungkap Rahmad.

Dengan memperhatikan permintaan tiga dari enam penggugat, menurut Rahmad, maka tim hukum pada 16 April 2021 mencabut atau membatalkan gugatan yang telah didaftarkan ke PN Jakpus. Pada 18 April 2021, tiga ketua DPC itu ternyata membuat surat laporan ke Polda Metro Jaya. Disinyalir ada tim hukum kubu AHY dalam pelaporan tersebut.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, Rahmad menyebut ketiga orang itu berada dalam tekanan dan diiming-imingi sejumlah janji, termasuk soal jabatan sebagai ketua DPC akan dikembalikan. Hal ini yang membuat ketiga ketua DPC tersebut tergiur untuk balik badan.

“Tindakan tersebut tentu saja telah menimbulkan kerugian kepada kami tim hukum, dan juga kerugian kepada DPP Partai Demokrat KLB Deli Serdang,” demikian Rahmad.

Sebelumnya, tiga kader PD yakni Jefri Prananda selaku ketua DPC PD Konawe Utara; Laode Abdul Gamal selaku Ketua DPC PD Muna Barat; serta Muliadi Salenda selaku Ketua DPC PD Buton Utara, telah melaporkan tim kuasa hukum kubu Moeldoko ke pihak kepolisian.

Laporan berisi dugaan pemalsuan surat kuasa berkaitan dengan gugatan yang diajukan kubu Moeldoko atas AD/ART 2020 ke PN Jakpus.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kasus Positif Covid-19 di Indonesia Didominasi XBB dan BQ.1

Kasus positif Covid-19 selama satu minggu ini mengalami penurunan meski di 12 provinsi justru terjadi peningkatan.

NEWS | 2 Desember 2022

Lebih 200 WNI Pemetik Buah di Inggris Terkatung-katung dan Terbelit Utang

Lebih dari 200 WNI yang bekerja memetik buah di Inggris hidup terkatung-katung dan terbelit utang hingga ratusan juta rupiah.

NEWS | 2 Desember 2022

Suara Bulat, Komisi I DPR Setujui Yudo Margono Jadi Panglima TNI

Komisi I DPR menyetujui Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI dengan suara bulat, tanpa lewat voting.

NEWS | 2 Desember 2022

Pemberhentian dengan Hormat Jenderal Andika Perkasa Disetujui

Komisi I DPR menyetujui pemberhentian dengan hormat Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI, Jumat (2/12/2022).

NEWS | 2 Desember 2022

Hasil Gelar Perkara Tambang Ilegal Tak Disampaikan, Ini Alasan Polri

Bareskrim Polri menyatakan tidak menyampaikan hasil gelar perkara kasus tambang ilegal untuk kepentingan investigasi selanjutnya.

NEWS | 2 Desember 2022

Hingga Hari Ini, Gempa Susulan di Cianjur Terjadi 373 Kali

Gempa susulan di Cianjur, Jawa Barat hingga saat ini sudah terjadi sebanyak 373 kali hingga hari ini, Jumat (2/12/2022) sore.

NEWS | 2 Desember 2022

Telkom Raih Penghargaan Indonesia's SDGs Action Awards 2022

Penghargaan ini diserahkan Menteri Bappenas Suharso Monoarfa dan diterima langsung oleh Direktur Human Capital Management (HCM) Telkom, Afriwandi.

NEWS | 2 Desember 2022

Zulhas: PAN Pertimbangkan Aspirasi Dukung Ganjar untuk 2024

Zulhas menampung aspirasi dari DPW PAN Jawa Tengah (Jateng) untuk mencalonkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden PAN di Pemilu Presiden 2024.

NEWS | 2 Desember 2022

Hingga Hari Ini, Rumah Rusak Akibat Gempa Cianjur 29.989 Unit

Bupati Cianjur Herman Suherman mengungkapkan, total rumah rusak akibat gempa Cianjur, Jawa Barat hingga hari ini, Jumat (2/12/2022) mencapai 29.989 unit.

NEWS | 2 Desember 2022

Pemilu 2024, Yudo Margono Pastikan TNI Bakal Netral

Laksamana Yudo Margono memastikan bahwa TNI akan tetap netral pada pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang.

NEWS | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Stephanie Frappart, Wanita Pertama Pimpin Laga Piala Dunia

Stephanie Frappart, Wanita Pertama Pimpin Laga Piala Dunia

SEMESTA BOLA 2022 | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE