Logo BeritaSatu

Polresta Bandara Soetta Gagalkan Penyelundupan Ekspor Benih Lobster

Senin, 3 Mei 2021 | 20:32 WIB
Oleh : Chairul Fikri / CAH

Tangerang, Beritasatu.com - Satuan reserse dan kriminal Polresta Bandara Soekarno Hatta, Tangerang Banten berhasil menggagalkan penyelundupan benih bayi lobster di Apron 8 Terminal Kargo Bandara Soetta, Benda, Kota Tangerang.

Kasat Reskrim Polresta Bandara Soetta, Kompol Alexander Yurikho mengatakan kasus ini terungkap setelah mendapat informasi akan adanya pengiriman diduga benih lobster di Area Apron 8 (Landasan) Terminal Kargo Bandara Soekarno Hatta.

"Berdasarkan hal itu, tim langsung melakukan penyelidikan dan setelah itu kita geledah didapati ada sebanyak 34 box styrofoam warna putih berisi benih lobster dan sayuran serta sebanyak 40 dus warna coklat berisi sayuran. Rencananya ini akan dikirim menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA 836 rute Jakarta - Singapura pada awal bulan April 2021 lalu sekitar pukul 15.26 WIB," ungkap Alex di Bandara Soetta, Senin (3/5/2021).

Ditambahkannya, atas dasar laporan dan penggeledahan tersebut, pihaknya langsung bergerak dengan berupaya mengungkap pemilik dan pengekspor benih bayi lobster tersebut.

"Hingga kini kita masih berupaya melakukan pengecekan CCTV terkait siapa yang pemilik dan pengekspor benih bayi lobsternya. Untuk barang bukti kita langsung amankan dan bawa ke instalasi karantina ikan untuk dilakukan tindakan kekarantinaan berupa penghitungan benih bening lobster, re-oksigen benih lobster dan penyisihan barang bukti. Untuk pelakunya masih kita upayakan kejar untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya," lanjutnya.

Atas aksi yang para pelaku lakukan, mereka didakwa dengan pelanggaran beberapa pasal dan ketentuan seperti Pasal 88 Jo Pasal 16 Ayat (1) dan/atau Pasal 92 Jo Pasal 26 Ayat (1) UU RI No. 31 Tahun 2004 tentang Perikanan sebagaimana telah diubah dengan UU RI No. 45 Tahun 2009 tentang Perubahan Atas UU No. 31 Tahun 2004 tentang Perikanan.

"Pelaku juga kita kenakan pelanggaran Pasal 87 Jo Pasal 34 UU RI No. 21 Tahun 2019 tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan. Dengan ancaman 8 Tahun penjara," tandasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bocoran Pertanyaan di Fit and Proper Test Calon Panglima TNI Yudo Margono

Anggota Komisi I DPR Dave Laksono mengatakan akan menggali sejumlah persoalan kepada Laksamana Yudo Margono saat fit and proper test calon panglima TNI. 

NEWS | 2 Desember 2022

Transformasi Pembelajaran melalui Sekolah Responsif Gender

Program kolaboratif, kemitraan antara Pemerintah Indonesia dan Australia di bidang pendidikan bersama dengan UMSIDA (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo). 

NEWS | 2 Desember 2022

Disiplin Prajurit Jadi Materi Fit and Proper Test Calon Panglima TNI

Anggota Komisi I DPR TB Hasanuddin mengatakan akan mendalami soal disiplin prajurit TNI saat fit and proper test calon panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

NEWS | 2 Desember 2022

Bareskrim Segera Tetapkan Tersangka Kasus Mafia Tanah di Surabaya

Bareskrim Polri tengah mengusut kasus mafia tanah di Surabaya. Terkini, Bareskrim segera menetapkan tersangka kasus mafia tanah tersebut.

NEWS | 2 Desember 2022

Rumah Roboh Akibat Gempa Cianjur Mulai Diratakan

Rumah rumah roboh akibat gempa Cianjur, Jawa Barat, mulai diratakan dengan menggunakan alat berat.

NEWS | 2 Desember 2022

BNPT: Istilah Jihad Sering Disalahartikan untuk Memecah Bangsa

BNPT menegaskan, saat ini istilah jihad sering disalahartikan oleh oknum yang sengaja ingin memecah persatuan bangsa.

NEWS | 2 Desember 2022

Komisi I DPR Verifikasi Administrasi Calon Panglima TNI Yudo Margono

Komisi I DPR memverifikasi administrasi berkas Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai calon panglima TNI sebelum menjalani fit and proper test.

NEWS | 2 Desember 2022

Ini 5 Pesan Penting Jokowi untuk KPU Jelang Pemilu 2024

Presiden Jokowi menyampaikan lima pesan penting kepada KPU menjelang Pemilu 2024. Mulai dari hal teknis, kesiapan SDM, hingga soal pendidikan politik. 

NEWS | 2 Desember 2022

Bareskrim Polri Gelar Perkara Kasus Tambang Ilegal Kaltim Hari Ini

Bareskrim Polri akan melakukan gelar perkara kasus tambang ilegal di Kalimantan Timur (Kaltim) pada hari ini, Jumat (2/12/2022).

NEWS | 2 Desember 2022

KPK Pastikan Segera Panggil Hakim Agung Gazalba Saleh

KPK memastikan segera memanggil Hakim Agung Gazalba Saleh yang sudah menjadi tersangka kasus dugaan suap penanganan perkara di MA.

NEWS | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Sidang Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


# Pertumbuhan Ekonomi 2023


# One Championship


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Lebih Optimistis, Jaya Ancol Bidik Pendapatan Rp 1,1 Triliun

Lebih Optimistis, Jaya Ancol Bidik Pendapatan Rp 1,1 Triliun

EKONOMI | 11 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE