Logo BeritaSatu

Ini Strategi Pemkot Jakarta Pusat Atasi Kerumunan di Pasar Tanah Abang

Minggu, 9 Mei 2021 | 19:57 WIB
Oleh : Chairul Fikri / JAS

Jakarta Beritasatu.com - Pemerintah Kota Jakarta Pusat hingga kini terus mengantisipasi kemungkinan melonjaknya jumlah pengunjung yang datang ke Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat jelang Idulfitri tahun ini. Salah satu bentuknya adalah menutup sementara pasar terbesar di kawasan Asia Tenggara itu pada 12-18 Mei 2021 mendatang.

Strategi lain yang dilakukan guna menghindari kepadatan pasar Tanah Abang seperti yang terjadi minggu lalu, Pemkot Jakarta Pusat telah menyiagakan petugas gabungan baik dari unsur pemerintah seperti Satpol PP dan Dinas Perhubungan ditambah personel Polri dan TNI. Ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung yang datang ke pasar tersebut.

Advertisement

"Untuk mencegah kerumunan seperti yang terjadi minggu lalu, menyiapkan sejumlah upaya. Salah satu bentuk upayanya, yaitu Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang bakal berjaga di luar gedung sebelum pedagang datang selama satu minggu kedepan. Kemudian, Suku Dinas Perhubungan Jakarta Pusat mengantisipasi parkir liar biar tidak macet," ungkap Wali Kota Jakarta Pusat, Dhany Sukma dalam keterangannya, Minggu (9/5/2021).

"Selain itu, kita akan buka tutup arus lalu lintasnya (rekayasa lalu lintas) sehingga dengan mudah petugas memantau pergerakan orang. Kita juga melakukan pemecahan arus lalu lintas. Jadi dengan strategi ini, kami berharap bisa mengurai kemacetan," lanjutnya.

Dhany juga menegaskan telah menerjunkan seluruh personelnya dari tingkat kecamatan hingga kelurahan untuk bisa memantau langsung penerapan protokol kesehatan di pasar Tanah Abang.

"Para camat dan lurah juga ikut terlibat. Minimal mereka juga langsung melakukan imbauan terhadap pengunjung untuk tetap patuhi protokol Covid-19. Kami juga mengimbau masyarakat untuk tidak datang berbondong-bondong ke Tanah Abang," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Arifin mengimbau para pedagang Pasar Tanah Abang agar tidak berjualan di trotoar untuk mencegah kerumunan.

"Kita imbau pedagang tidak menutup jalan trotoar dengan berjualan di sembarang tempat. Karena pedagang dan pengunjung bukan cuma dari Jakarta, tetapi dari berbagai daerah. Karena situasinya masih Covid-19, maka kami harus kendalikan. Jadi kami batasi dan semua aktivitas ekonominya agar berjalan, tetapi tidak mengabaikan Covid-19 yang masih terjadi di jakarta," tandas Arifin.

Berdasarkan pantauan media, hari ini Pasar Tanah Abang terlihat lengang dan tak terlalu banyak pengunjung seperti minggu lalu.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pemkot Jakpus Bangun 4 Embung Cegah Banjir di Cempaka Putih

Pemkot Jakpus membangun embung di Kecamatan Cempaka Putih untuk menampung air hujan. Selain itu, untuk mencegah potensi banjir.

NEWS | 31 Januari 2023

Covid-19 Subvarian Kraken, Pemerintah: Disiplin Prokes Diperlukan

Kemunculan Covid-19 subvarian Omicron XBB 1.5 atau Kraken mengingatkan masih perlunya memperkuat disiplin penerapan protokol kesehatan.

NEWS | 31 Januari 2023

Polda Metro Respons Pengakuan Wanita dalam Audi yang Tabrak Mahasiswi di Cianjur

Polda Metro Jaya merespons pengakuan penumpang wanita di sedan Audi A6 yang menabrak mahasiswi Selvi Amalia Nuraeni di Cianjur, hingga tewas.

NEWS | 30 Januari 2023

Politeknik Tridaya Virtu Morosi Selenggarakan Studi Vokasi Industri

Politeknik Tridaya Virtu Morosi menyelenggarakan program studi vokasi industri dan bertekad mencetak serta membentuk SDM unggul dan berkompeten.

NEWS | 31 Januari 2023

Siap-siap, Rekrutmen Calon ASN 2023 Bakal Segera Dibuka

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2023 bakal segera dibuka.

NEWS | 31 Januari 2023

BPJS Kesehatan Diprediksi Kembali Defisit tahun 2024

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) memprediksi aset bersih dana jaminan sosial atau DJS kembali defisit pada tahun 2024.

NEWS | 30 Januari 2023

Polri Kirim 15 Personel Jadi Penyidik di KPK Selama 4 Tahun

Polri mengirimkan 15 personel untuk diperbantukan menjadi penyidik di KPK. Mereka akan bertugas selama empat tahun ke depan.

NEWS | 30 Januari 2023

Habiburokhman: Tak Elok Giring Kaesang ke Gerindra

Habiburokhman mengungkapkan tidak elok rasanya menggiring putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep masuk ke Gerindra.

NEWS | 30 Januari 2023

Soal Reshuffle Kabinet, Waketum PPP Sebut Dengar Kabar

Terkait perombakan atau reshuffle Kabinet Indonesia Maju yang akan dilakukan Presiden Joko Widodo, PPP menyatakan belum memperoleh informasi.

NEWS | 31 Januari 2023

KUHP Baru Jadi Cermin Indonesia dalam Wajah Hukum Pidana

KUHP baru secara filosofis memiliki perbedaan dengan KUHP lama karena memiliki nilai dan kepribadian Indonesia sebagai bangsa merdeka.

NEWS | 30 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kemenaker Harap Anak Muda Berkontribusi dalam Pembangunan Ekonomi

Kemenaker Harap Anak Muda Berkontribusi dalam Pembangunan Ekonomi

EKONOMI | 1 jam yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE