Logo BeritaSatu

Semakin Melek Digital, Masyarakat Harus Jaga Kesehatan dan Keamanan

Minggu, 16 Mei 2021 | 16:24 WIB
Oleh : Happy Amanda Amalia / PYA

JAKARTA, Beritasatu.com – McAfee Corp telah merilis temuan tentang bagaimana masyarakat Indonesia melindungi diri mereka dalam kesehariannya di dalam dan di luar rumah yang semakin tidak bisa lepas dari dunia digital. Menurut laporan "2021 Consumer Security Mindset: Travel Edition dari McAfee", walaupun pembatasan kegiatan masyarakat masih berlaku di berbagai lokasi, tapi 68% masyarakat Indonesia memiliki rencana untuk bepergian baik dalam kota, maupun luar kota dan daerah, bahkan 6% di antaranya berencana ke luar negeri.

Di samping itu, 93% masyarakat Indonesia mengaku bahwa mereka terhubung ke lebih banyak perangkat dan melakukan lebih banyak aktivitas digital sejak awal pandemi Covid-19; ini terlihat dari banyaknya pembeli atau pengguna perangkat IoT di tahun lalu sebesar 84%, tapi hanya 1 dari 10 (13%) yang membeli keamanan tambahan.

Advertisement

Lebih dari 88% responden mengindikasikan bahwa preferensi bepergian mereka berubah karena Covid-19, dengan lebih dari 40% memilih hotel atau penginapan, sedangkan lebih sedikit yang memilih tinggal bersama keluarga atau teman (37%), karena alasan kesehatan. Walau demikian, kehati-hatian ini tidak dibarengi dengan kesadaran untuk menjaga kesehatan digital.

Sebagai informasi, McAfee bekerjasama dengan MSI International untuk melakukan survei ke lebih dari 1.013 orang dewasa usia 18-75 di Indonesia pada 30 Maret hingga 8 April 2021.

Menurut Head of Southeast Asia Consumer Shashwat Khandelwal, seiring dengan semakin eratnya digital dalam keseharian, sangat penting untuk menjaga kesehatan dan keamanan digital di dalam maupun di luar rumah.

“Perangkat digital pintar yang saling terhubung memang memudahkan hidup, tapi pengguna juga harus tetap berhati-hati dan menerapkan berbagai kebiasaan yang baik bagi kesehatan digital agar tetap aman. Perubahan kecil terhadap pola pikir ini memiliki manfaat yang besar dalam melindungi informasi pribadi kita sendiri, teman dan keluarga,” ujarnya dalam siaran pers.

Kesenjangan antara Sentimen dan Perilaku Masyarakat

Laporan McAfee menemukan kesenjangan antara sentimen dan perilaku masyarakat, terkait keamanan ketika di rumah dan di luar rumah. Faktanya, 95% masyarakat Indonesia menyatakan bahwa mereka terhubung ke perangkat digital ketika mengunjungi tempat di luar rumah, yang membuat mereka rentan terhadap serangan.

Masyarakat sadar bahwa ada risiko keamanan yang mengintai ketika mereka terhubung dengan perangkat digital lain, tapi perilaku mereka menunjukkan bahwa keamanan seringkali terabaikan. Temuan yang menarik antara lain:

  • Hanya setengah (53%) dari masyarakat yang memeriksa keamanan jaringan yang terhubung, dan 57% mengakui bahwa mereka tidak terbiasa memeriksa keamanan jaringan ketika berada di luar rumah.
  • Ketika bepergian, lebih dari setengah (54%) mengakui bahwa mereka menggunakan Wi-Fi publik yang tersedia, walau 77% menyadari bahwa jaringan Wi-Fi semacam itu sangat rentan terhadap ancaman keamanan siber.
  • 95% masyarakat Indonesia mengakui bahwa mereka pernah terhubung dengan perangkat dan jaringan yang bukan miliknya ketika berkunjung ke tempat lain di luar rumah – yang paling sering dijumpai adalah perangkat pribadi seperti laptop dan komputer (77%), smart TV (60%), speaker Bluetooth (56%) dan perangkat permainan digital (46%).

Terlebih lagi, seiring dengan keseharian masyarakat Indonesia yang semakin digital, maka perangkat IoT konsumen, seperti smart TV, penyedot debu robot, kamera pengawas dan asisten suara pribadi, mulai populer. Sedangkan kesadaran akan kesehatan digital masih mengkhawatirkan.

  • 84% masyarakat Indonesia yang disurvei saat ini menggunakan perangkat IoT atau berencana untuk membeli perangkat IoT di rumah, namun hanya 31% yang mengerti cara kerjanya, sedangkan 13% lainnya sama sekali tidak tahu mengenai IoT - sehingga berpotensi membuka rumah mereka terhadap ancaman malware atau peretas.
  • 76% masyarakat Indonesia sadar bahwa kebiasaan tidak mengubah kata sandi bawaan, tidak rajin memperbarui/update perangkat lunak dan tidak menggunakan solusi keamanan, bisa membuat mereka rentan terhadap malware, tapi 47% tidak menjaga kesehatan digital mereka dan merasa tidak membutuhkan langkah keamanan tambahan
  • Walaupun 87% menyatakan bahwa mereka mau mengambil langkah lebih jauh untuk memastikan keamanan perangkat IoT yang dimiliki, nyatanya hanya satu dari sepuluh (13%) yang membeli perangkat lunak keamanan tambahan.

Menjaga kesehatan digital ketika di luar rumah

Dengan meningkatnya penggunaan perangkat dan konektivitas digital di 2021, masyarakat harus mulai paham akan risiko yang bisa ditimbulkan oleh titik-titik hubung digital dan bagaimana melindungi data pribadi mereka. Berbagai inisiatif keamanan harus dilakukan di setiap titik yang terhubung untuk menjaga kesehatan digital.

McAfee menjabarkan cara-cara yang bisa ditempuh agar masyarakat dapat melindungi diri sendiri dan orang lain:

  • Terhubunglah dengan hati-hati. Waspada jika terhubung dengan Wi-Fi publik ketika bepergian dan pastikan Wi-Fi itu aman dan terhubung ke sumber yang terpercaya. Pastikan Anda tidak melakukan transaksi digital dan berbagi informasi pribadi lewat Wi-Fi publik.
  • Pertimbangkan penggunaan solusi keamanan holistik. Pahami apa saja fitur dan peralatan yang tersedia agar data dan identitas pribadi Anda yang tersimpan di berbagai perangkat digital aman dan terlindungi.
  • Perbarui/Update perangkat lunak. Sebelum keluar rumah, periksa seluruh pembaruan perangkat. Pembaruan atau update biasanya mampu memperbaiki dan menutup celah keamanan dalam sistem.
  • Jaga agar perangkat tetap di dekat Anda. Ketika di luar rumah, perhatian Anda akan terbagi, dan Anda adalah sasaran empuk bagi pencuri yang berniat mengambil perangkat – handphone, laptop, tablet atau perangkat game. Pastikan akun Anda punya otentikasi multi-faktor untuk memastikan keaslian penggunanya apabila perangkat tersebut jatuh ke tangan orang-orang yang tidak berhak.


Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Satu Abad NU, Denny Malik Tertantang Buat Koreografi untuk 12.000 Anggota Banser

Denny Malik mengaku tertantang menjadi koreografer bagi 12.000 anggota Banser saat puncak peringatan Harlah Satu Abad NU atau Nahdlatul Ulama. 

NEWS | 28 Januari 2023

Tempat Penimbunan BBM di Cilegon Kebakaran, Terdengar Suara Ledakan

Kebakaran melanda tempat penimbunan BBM di Kota Cilegon, Jumat (27/1/2023) malam. Terdengar beberapa kali suara ledakan. Sebanyak 2 mobil dan 6 motor hangus.

NEWS | 28 Januari 2023

Angkot Terbalik dan Tabrak 2 Motor di Mandailing Natal, 1 Orang Tewas

Kecelakaan lalu lintas terjadi di Mandailing Natal. Sebuah angkot menabrak motor yang menyebabkan satu orang meninggal dan tiga lainnya terluka. 

NEWS | 28 Januari 2023

Puncak Peringatan Harlah Satu Abad NU Digelar 7 Februari 2023

Puncak Peringatan Harlah Satu Abad NU atau Nahdlatul bakal digelar meriah dan diramaikan sejumlah musisi ternama Tanah Air pada 7 Februari 2023. 

NEWS | 28 Januari 2023

29 Rumah di Lumajang Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Sebanyak 29 rumah warga di Dusun Krajan, Desa Barat, Kecamatan Padang, Kabupaten Lumajang rusak diterjang angin puting beliung, Jumat (27/1/2023). 

NEWS | 28 Januari 2023

KLHK Perkuat Penegakan Hukum Lingkungan yang Adil dan Nyata

KLHK memperkuat kerja sama dan kolaborasi antar pihak guna mendorong penegakan hukum lingkungan yang adil dan berdampak nyata.

NEWS | 28 Januari 2023

Ibu Mahasiswa UI: Anak Saya Ditabrak dan Dilindas, Mungkinkah Jadi Tersangka?

Ira Adi Saputra, ibu almarhum Hasya Atallah mahasiswa UI yang tewas ditabrak mengaku kecewa sang anak justru ditetapkan polisi sebagai tersangka.

NEWS | 27 Januari 2023

Jurusan Bisnis Masih Pilihan Favorit Calon Mahasiswa

Rektor IBI Kwik Kian Gie, Hisar Sirait mengatakan belajar di jurusan bisnis menjadi investasi masa depan karena membuka kesempatan di pasar kerja global.

NEWS | 28 Januari 2023

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi III Dorong Humas Perguruan Tinggi Kolaborasi

Dikti mendorong agar Humas perguruan tinggi dapat berkolaborasi antarperguruan tinggi maupun dengan media massa.

NEWS | 27 Januari 2023

Sopir Audi A8 Bantah Tabrak Mahasiswi Cianjur Selvi Amalia

Yudi Junadi, kuasa hukum keluarga Selvi Amalia Nuraini menyatakan, sopir mobil Audi A8 sudah membantah jadi pelaku tabrak lari mahasiswi Cianjur itu. 

NEWS | 27 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Angkot Terbalik dan Tabrak 2 Motor di Mandailing Natal, 1 Orang Tewas

Angkot Terbalik dan Tabrak 2 Motor di Mandailing Natal, 1 Orang Tewas

NEWS | 11 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE