Logo BeritaSatu

Kapal Perang AS Lintasi Selat Taiwan, Tiongkok: Ini Ancam Perdamaian

Rabu, 19 Mei 2021 | 12:49 WIB
Oleh : LES

Beijing, Beritasatu.com - Tiongkok pada Rabu (19/5/2021) menuduh Amerika Serikat (AS) telah mengancam perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwansetelah kapal perang AS kembali berlayar melalui jalur perairan sensitif tersebut yang memisahkan Taiwan dari Tiongkok.

Armada ke-7 angkatan laut AS mengatakan, kapal perusak rudal kelas Arleigh Burke USS Curtis Wilbur melakukan "transit rutin di Selat Taiwan" pada Selasa (18/5/2021) sesuai dengan hukum internasional.

Advertisement

"Transit kapal melalui Selat Taiwan menunjukkan komitmen AS terhadap Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka. Militer Amerika Serikat akan terus terbang, berlayar, dan beroperasi di mana pun yang diizinkan oleh hukum internasional," kata pihak angkatan laut AS.

Seorang juru bicara Komando Timur Tiongkok mengecam langkah angkatan laut AS tersebut, yang dilakukan di tengah ketegangan yang meningkat antara kedua negara.

"Tindakan AS mengirimkan sinyal yang salah kepada pasukan kemerdekaan Taiwan, dengan sengaja mengganggu situasi regional dan membahayakan perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan," kata jubir Tiongkok itu.

Pasukan Tiongkok melacak dan memantau kapal angkatan laut AS itu selama pelayarannya, tambahnya.

Tiongkok meyakini, pemerintah Taiwan yang terpilih secara demokratis bertekad untuk melakukan deklarasi kemerdekaan resmi untuk pulau itu, yang merupakan suatu langkah yang melewati batas bagi Beijing.

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen mengatakan, pulau itu sudah menjadi negara merdeka dengan nama resmi Taiwan.

Departemen Pertahanan Taiwan mengatakan, kapal AS telah berlayar ke arah selatan melalui selat dan "situasinya tetap seperti biasa".

Angkatan laut AS telah melakukan operasi semacam itu (di Selat Taiwan) sebulan sekali atau lebih.

Amerika Serikat, seperti kebanyakan negara, tidak memiliki hubungan diplomatik formal dengan Taiwan. Namun, AS merupakan pendukung internasional terpenting dan penjual senjata utama bagi Taiwan.

Ketegangan militer antara Taiwan dan Beijing telah meningkat selama setahun terakhir, dengan Taipei mengeluhkan Tiongkok berulang kali mengirim angkatan udaranya ke zona pertahanan udara Taiwan.

Tiongkok mengatakan aktivitasnya di sekitar Taiwan ditujukan untuk melindungi kedaulatan negara itu. Sementara pemerintah Taiwan mengecamnya sebagai upaya intimidasi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ibu Bharada E Terharu Nama Anaknya Menggema di Ruang Sidang

Ibu Bharada E, Rynecke Alma Pudihang menangis terharu karena banyak pendukung Bharada E yang meneriakan nama anaknya dalam ruang sidang.

NEWS | 2 Februari 2023

Penangkapan Anggota Geng Meningkat, El Salvador Buka Penjara Baru Kapasitas 40.000 Orang

Pihak berwenang di El Salvador telah membuka salah satu penjara baru terbesar di Amerika Latin, lebih dari dua kali lipat kapasitas penahanan negara itu.

NEWS | 2 Februari 2023

Didakwa Jual Sabu Hasil Sitaan, Teddy Minahasa Langsung Melawan

Teddy Minahasa melalui kuasa hukumnya langsung mengajukan eksepsi atau nota keberatan karena didakwa telah menjual sabu hasil sitaan. 

NEWS | 2 Februari 2023

Mohon Replik Digugurkan, Pihak Bharada E Ingatkan Pesan Eks Jaksa Agung

Pihak Bharada E atau Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu memohon agar majelis hakim menggugurkan replik jaksa penuntut umum.

NEWS | 2 Februari 2023

Timbun Solar dari Berbagai SPBU, Warga Batam Dibekuk Polisi di Rembang

Polisi menangkap warga Batam bernama Jahudi di Rembang karena menimbun bahan bakar minyak bersubsidi jenis solar dari berbagai SPBU. 

NEWS | 2 Februari 2023

Kuasa Hukum Bantah Eliezer Tembak Yosua karena Loyalitas ke Ferdy Sambo

Kuasa hukum Richard Eliezer atau Bharada E membantah tudingan jaksa yang menyebut Eliezer menembak Yosua atau Bharada E karena loyalitas kepada Ferdy Sambo.

NEWS | 2 Februari 2023

Hujan Deras, Terjadi Longsor di Jalur Wisata Kawasan Pacet dan Trawas Mojokerto

Hujan deras yang melanda Mojokerto, Jawa Timur, pada Rabu (1/2/23) sore kemarin, menyebabkan terjadinya sejumlah tanah longsor.

NEWS | 2 Februari 2023

Bank Jago Syariah Luncurkan Produk Deposito Berbasis Aplikasi

PT Bank Jago Tbk melalui unit usaha syariah (Jago Syariah) meluncurkan produk Deposito Jago Syariah dengan menggunakan akad mudharabah muthlaqah.

NEWS | 2 Februari 2023

Soal Peluang Richard Eliezer Bebas, sang Ibu: Kalau Tuhan Berkenan

Rynecke Alma Pudihang, ibu Richard Eliezer atau Bharada E, angkat bicara soal peluang anaknya divonis bebas dalam kasus pembunuhan Brigadir J atau Yosua. 

NEWS | 2 Februari 2023

Hotman Paris Sebut Sidang Teddy Minahasa Prematur

Hotman Paris Hutapea menyebut sidang dugaan peredaran narkoba dengan terdakwa Irjen Teddy Minahasa prematur dan belum saatnya digelar. 

NEWS | 2 Februari 2023


TAG POPULER

# Harga Bawang


# Koalisi Indonesia Bersatu


# Bunda Corla


# Serial Killer


# Penculikan Anak


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ibu Bharada E Terharu Nama Anaknya Menggema di Ruang Sidang

Ibu Bharada E Terharu Nama Anaknya Menggema di Ruang Sidang

NEWS | 19 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE