Logo BeritaSatu

3 Meninggal Setelah Vaksinasi Covid-19, Ini Penjelasan Komnas KIPI

Kamis, 20 Mei 2021 | 23:48 WIB
Oleh : DAS

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi (Komnas KIPI), Hindra Irawan Satari menyatakan terdapat tiga kejadian kematian diduga akibat vaksin Covid-19 namun dua di antaranya tidak berhubungan dengan imunisasi Astrazeneca. Sedangkan satu kasus meninggal di Buaran, Jakarta Timur masih dalam dalam proses investigasi.

"Terkait tiga laporan yang meninggal, yakni dua di Jakarta dan satu di Ambon," kata Hindra Irawan Satari menjawab pertanyaan anggota DPR dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) bersama Komisi IX DPR, Kamis (20/5/2021).

Ia menjelaskan, seorang pria berusia 60 tahun yang berprofesi sebagai pengendara ojek daring di Jakarta dilaporkan meninggal usai disuntik Astrazeneca.

Saat datang ke tempat pelayanan vaksinasi, kata Hindra, yang bersangkutan sempat diwawancara terkait potensi penyakit bawaan atau komorbid oleh petugas, namun tidak dilakukan pemeriksaan medis.

"Kalau di pos pelayanan vaksinasi itu tidak diperiksa. Lalu besoknya dia ke puskesmas di Jakarta karena mengalami sesak napas dan menyatakan sehari sebelum vaksin memang sudah sesak," kata Hindra Irawan Satari.

Selanjutnya petugas puskesmas melakukan diagnosa hingga ditemukan radang paru berdasarkan laporan rontgen.

"Saat makin berat sakitnya, harus dirujuk tapi tidak ada tempat. Harus inkubasi dia menolak, semakin berat lagi saat mau dirujuk, tapi tempatnya sudah penuh," katanya.

Pasien tersebut pun dinyatakan meninggal empat hingga lima hari kemudian. "Jadi bukan gara-gara vaksinnya, tapi karena memang radang paru sebelum vaksin," katanya.

Kasus kematian yang juga dilaporkan terkait Astrazeneca terjadi di Ambon yang dialami seorang lanjut usia (lansia) berumur 45 tahun.

"Almarhum disuntik. Besoknya dia demam, batuk pilek, makin berat. Terrnyata terpapar positif Covid-19. Memang sebelum vaksin sudah mengalami Covid-19 berat, lalu meninggal," ujarnya.

Ia menambahkan satu kasus kematian lainnya masih dalam proses investigasi Komnas KIPI bersama jajaran Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) serta Kementerian Kesehatan.

Kasus itu dialami almarhum Trio Fauqi Virdaus (22) di Buaran, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Kepada jajaran Komisi IX DPR RI, Hindra melaporkan kronologi yang diduga kuat mempengaruhi daya tahan tubuh Trio Fauqi sebelum meninggal.

Pertama, kondisi almarhum sedang berpuasa saat menjalani vaksinasi Astrazeneca di Gelora Bung Karno Jakarta dan hanya memilih minum saat waktu berbuka puasa. Selanjutnya adalah keterlambatan respons keluarga untuk membawa Trio ke rumah sakit saat terjadi gejala usai vaksinasi.

"Sulit nyatakan ini terkait imunisasi, tapi juga sulit untuk menyatakan ini tidak terkait imunisasi karena Astrazeneca," katanya.

Komnas KIPI telah mengajukan rekomendasi untuk dilakukan otopsi pada jenazah Trio untuk mengumpulkan data hubungan sebab-akibat Astrazeneca dengan peristiwa itu, demikian Hindra Irawan Satari.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Polisi Ungkap Pelaku Tunggal Bom Bunuh Diri Bandung Tewas

Kapolrestabes Bandung pelaku tunggal bom bunuh diri di kantor Polsek Astana Anyar langsung teeas di lokasi pascaledakan.

NEWS | 7 Desember 2022

Sang Pisang Gratis Mungkin Jadi Sajian Pernikahan Kaesang dan Erina

Sang Pisang gratis mungkin akan menjadi sajian di food stall pernikahan Kaesang dan Erina.

NEWS | 7 Desember 2022

Densus 88 Antiteror Gerak Cepat Investigasi Teror Bom Bandung

Densus 88 Antiteror Polri sedang menginvestigasi aksi teror bom Bandung di halaman Mapolsek Astana Anyar, Rabu (7/12/2022).

NEWS | 7 Desember 2022

Teror Bom Bandung, Pelaku Terobos Barisan Apel Polisi

Pelaku teror bom Bandung atau tepatnya di Polsek Astana Anyar, Bandung, Jawa Barat, menerobos barisan apel polisi.

NEWS | 7 Desember 2022

Pedagang Angkringan Dapat Undangan Pernikahan Kaesang dan Erina

Seorang pedagang angkringan di Solo mendapatkan undangan pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

NEWS | 7 Desember 2022

Gempa M 6,2 Tak Timbulkan Kerusakan Signifikan di Jember

Gempa dengan magnitudo 6,2 yang terjadi pada Selasa (6/12/2022) siang tidak menimbulkan kerusakan signifikan di wilayah Kabupaten Jember.

NEWS | 7 Desember 2022

Seorang Pria Diduga Jadi Pelaku Dugaan Bom Bunuh Diri Bandung

Dari berbagai foto yang beredar terlihat seorang pria tertelungkup dengan kondisi bagian punggung yang hancur. Terlihat pula potongan satu kaki yang terlempar.

NEWS | 7 Desember 2022

Kabar Meninggal Lord Rangga Jadi Trending Topics di Twitter

Berita meninggalnya Edi Raharjo alias Lord Rangga yang tenar berkat klaim kerajaan Sunda Empire langsung jadi trending topics di media sosial Twitter.

NEWS | 7 Desember 2022

Ledakan di Polsek Astana Anyar Bandung, Polri: Dugaan Bom Bunuh Diri

Polri menduga kuat bahwa ledakan di Mapolsek Astana Anyar Polrestabes Bandung karena bom bunuh diri.

NEWS | 7 Desember 2022

Polri Benarkan Adanya Ledakan Bom di Polsek Astana Anyar Bandung

Ledakan hebat diduga bom bunuh diri di halaman Mapolsek Astana Anyar Polrestabes Bandung Jalan Astana Anyar Nomor 340, Kota Bandung.

NEWS | 7 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Polisi Ungkap Pelaku Tunggal Bom Bunuh Diri Bandung Tewas

Polisi Ungkap Pelaku Tunggal Bom Bunuh Diri Bandung Tewas

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE