Logo BeritaSatu

Serahkan LHP LKPD 2020, BPK Beri Opini WTP ke Pemprov Sumsel

Minggu, 23 Mei 2021 | 23:12 WIB
Oleh : JNS

Palembang, Beritasatu.com - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Tahun 2020 dalam Rapat Paripurna di Gedung DPRD Sumsel, Rabu (19/5/2021).

Adapun LHP tersebut diserahkan oleh Wakil Ketua BPK Agus Joko Pramono kepada Ketua DPRD Sumsel Anita Noeringhati dan Gubernur Sumsel Herman Deru.

"Berdasarkan pemeriksaan yang telah dilakukan BPK atas LKPD Provinsi Sumsel Tahun 2020, termasuk implementasi atas rencana aksi yang akan dilaksanakan Pemprov Sumsel, maka BPK memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)," kata Agus, sebagaimana dikutip dari keterangan tertulisnya.

Pada kesempatan tersebut, BPK juga memaparkan ada beberapa permasalahan terkait pengelolaan keuangan daerah. Di antaranya adalah pendapatan dari pemanfaatan barang milik daerah (BMD) belum optimal, kekurangan volume paket pekerjaan belanja modal pada enam organisasi perangkat daerah (OPD)dan denda keterlambatan belum dikenakan.

Serta penatausahaan aset tetap Pemprov Sumsel belum tertib.

"Meski demikian, dampak permasalahan tersebut tidak material dalam mempengaruhi kewajaran atas penyajian laporan keuangan," kata Agus.

"Dalam rangka meningkatkan peran BPK atas pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara, BPK terus berupaya agar laporan hasil pemeriksaan yang disampaikan dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi para pemangku kepentingan," lanjutnya.

Serahkan LHP LKPD 2020, BPK Beri Opini WTP ke Pemprov Sumsel

Wakil Ketua BPK Agus Joko Pramono menyerahkan LHP LKPD kepada Gubernur Sumsel Herman Deru. (Foto: Dok. BPK)

Disampaikan pula LHP Kinerja atas Efektivitas Pelaksanaan Kegiatan Preservasi Jalan Tahun Anggaran 2016-2020. Pemeriksaan ini sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Sumsel Tahun 2019-2023 yang menargetkan capaian indikator kinerja jalan provinsi dalam kondisi mantap.

Agus menjelaskan, target tersebut sebagai upaya Pemprov Sumsel mewujudkan misi yang tercantum dalam RPJMD.

Yakni membangun dan meningkatkan kualitas dan kuantitas infrastruktur, termasuk infrastruktur dasar guna percepatan pembangunan wilayah pedalaman dan perbatasan, untuk memperlancar arus barang dan mobilitas penduduk, serta mewujudkan daya saing daerah dengan mempertimbangkan pemerataan dan keseimbangan daerah.

‚Äč"Pemeriksaan kinerja tersebut, BPK menemukan masalah signifikan yang apabila tidak segera diselesaikan maka dapat mempengaruhi efektivitas kegiatan preservasi jalan dalam upaya peningkatan kemantapan jalan," imbuhnya.

Adapun permasalahan tersebut, antara lain perencanaan kegiatan Preservasi Jalan Tahun Anggaran 2016-2020 tidak didasarkan pada data dan informasi yang valid dan akurat. Serta pelaksanaan fisik kegiatan preservasi jalan belum sepenuhnya dilakukan sesuai ketentuan dan upaya Pemprov Sumsel dalam mitigasi faktor degradasi yang menghambat capaian kemantapan jalan belum sepenuhnya memadai.

Serahkan LHP LKPD 2020, BPK Beri Opini WTP ke Pemprov Sumsel

Wakil Ketua BPK Agus Joko Pramono menyerahkan LHP LKPD kepada Ketua DPRD Sumsel Anita Noeringhati. (Foto: Dok. BPK)



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bareskrim Segera Tetapkan Tersangka Kasus Mafia Tanah di Surabaya

Bareskrim Polri tengah mengusut kasus mafia tanah di Surabaya. Terkini, Bareskrim segera menetapkan tersangka kasus mafia tanah tersebut.

NEWS | 2 Desember 2022

Rumah Roboh Akibat Gempa Cianjur Mulai Diratakan

Rumah rumah roboh akibat gempa Cianjur, Jawa Barat, mulai diratakan dengan menggunakan alat berat.

NEWS | 2 Desember 2022

BNPT: Istilah Jihad Sering Disalahartikan untuk Memecah Bangsa

BNPT menegaskan, saat ini istilah jihad sering disalahartikan oleh oknum yang sengaja ingin memecah persatuan bangsa.

NEWS | 2 Desember 2022

Komisi I DPR Verifikasi Administrasi Calon Panglima TNI Yudo Margono

Komisi I DPR memverifikasi administrasi berkas Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai calon panglima TNI sebelum menjalani fit and proper test.

NEWS | 2 Desember 2022

Ini 5 Pesan Penting Jokowi untuk KPU Jelang Pemilu 2024

Presiden Jokowi menyampaikan lima pesan penting kepada KPU menjelang Pemilu 2024. Mulai dari hal teknis, kesiapan SDM, hingga soal pendidikan politik. 

NEWS | 2 Desember 2022

Bareskrim Polri Gelar Perkara Kasus Tambang Ilegal Kaltim Hari Ini

Bareskrim Polri akan melakukan gelar perkara kasus tambang ilegal di Kalimantan Timur (Kaltim) pada hari ini, Jumat (2/12/2022).

NEWS | 2 Desember 2022

KPK Pastikan Segera Panggil Hakim Agung Gazalba Saleh

KPK memastikan segera memanggil Hakim Agung Gazalba Saleh yang sudah menjadi tersangka kasus dugaan suap penanganan perkara di MA.

NEWS | 2 Desember 2022

KPK Awasi Potensi Korupsi Penyaluran Bantuan Korban Bencana

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyoroti soal isu bantuan kemanusiaan untuk para korban bencana yang dikelola dengan tidak amanah.

NEWS | 2 Desember 2022

Persiapan Pemilu 2024, KPU Gelar Konsolidasi Nasional

KPU menggelar rapat konsolidasi nasional dalam rangka persiapan Pemilu 2024 di Beach City Entertainment Center Ancol, Jakarta Utara, pada Jumat (2/12/2022).

NEWS | 2 Desember 2022

Ekonomi Global Suram, Jokowi Minta KPU Efisien Gunakan Anggaran Pemilu 2024

Presiden Jokowi mengingatkan KPU untuk efisien menggunakan anggaran Pemilu 2024 karena Pemilu kali ini digelar dalam situasi ekonomi global yang suram. 

NEWS | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Sidang Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


# Pertumbuhan Ekonomi 2023


# One Championship


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Investor <em>Kripto</em> Masih Ragu-ragu, Bitcoin Gagal Tembus US$ 17.100

Investor Kripto Masih Ragu-ragu, Bitcoin Gagal Tembus US$ 17.100

EKONOMI | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE