Logo BeritaSatu

Cara Efektif Mencegah Munculnya Maskne

Jumat, 28 Mei 2021 | 14:26 WIB
Oleh : Indah Handayani / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Memasuki era new normal, penggunaan masker wajah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari sebagai protokol kesehatan, guna menghindari terpapar virus corona.

"Namun, hal ini ternyata membawa dampak bagi kulit wajah. Salah satu yang banyak dikeluhkan saat ini adalah maskne atau secara medis masuk ke dalam kelompok acne mechanica, yaitu acne atau jerawat yang terjadi akibat tekanan dan gesekan," kata dokter spesialis kulit dari Ristra Klinik Indonesia, dr Vidyani Adiningtyas SpDV, di Jakarta, Jumat (28/5/2021).

Advertisement

Dokter yang biasa dipanggil dr Tyas ini menjelaskan, fenomena munculnya jerawat di area yang tertutup masker (biasanya ada di kedua pipi, dagu dan rahang) bukan tanpa sebab. Ketika dalam waktu yang lama menggunakan masker, uap udara dari nafas, suhu tubuh dan keringat akan menyebabkan kelembapan, squalene meningkat dan merangsang kelenjar sebum yang menghasilkan banyak minyak.

"Apalagi jika kulit wajah kotor dan bercampur sel kulit mati, maka akan sangat mudah menyumbat pori-pori kulit. Kondisi ini akan merangsang kolonisasi dari bakteri c.acnes di kulit. Lebih buruk lagi, gesekan masker dengan kulit juga bisa membuat iritasi yang membuat peradangan lebih parah pada area yang berjerawat," jelasnya.

Menurut dr Tyas, hingga saat ini belum ada data epidemiologi Indonesia yang menunjukkan jumlah keluhan para penderita maskne. Adapun cara paling efektif melawan maskne ini adalah membersihkan wajah dengan sempurna.

"Selain itu, segera mengobatinya dengan obat jerawat yang memiliki active ingredients yang efektif, seperti Ristra Acne Spot Drying Treatment, inovasi baru dari Ristra yang telah teruji secara klinis dapat membantu meredakan jerawat hanya setelah pemakaian satu malam," imbuhnya.

Brand Manager Ristra, Marcheilla, menambahkan, iklim tropis Indonesia memang membawa pengaruh sendiri pada masalah jerawat, sebagai salah satu permasalahan kulit yang dikeluhkan oleh hampir setiap orang dari berbagai kalangan. Oleh karenanya, Ristra berinovasi meluncurkan Ristra Acne Spot Drying Treatment yang efektif meredakan jerawat hanya setelah pemakaian satu malam atau dalam 8 jam.

"Dari hasil uji klinis yang dilakukan, hanya dalam 8 jam, Ristra Acne Spot Drying Treatment terbukti 100% mengurangi kemerahan pada jerawat, dan terbukti setelah 3 hari penggunaan, 73% panelis menunjukkan jumlah jerawat terlihat berkurang secara signifikan,” jelas Marcheilla.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

5 Top News: Kabar Reshuffle, Tuntutan Bharada E hingga Tewasnya Mahasiswi Ditabrak

Selain berita mengenai perombakan kabinet atau reshuffle, berita soal tuntutan Bharada E dan juga tewasnya mahasiswi ditabrak di Cianjur mendapat perhatian besar,

NEWS | 31 Januari 2023

PKB Tunggu Parpol Pilihan Kaesang

Wakil Sekjen PKB itu berharap rencana Kaesang terjun ke politik menjadi momentum bagi para generasi Z dan milenial mengambil pilihan masuk di politik praktis.

NEWS | 31 Januari 2023

Polresta Malang Pulangkan Puluhan Aremania

Dari 107 orang yang sebelumnya diamankan, setelah diperiksa ternyata mereka mengaku tidak ikut dalam aksi demonstrasi di kantor Arema FC.

NEWS | 31 Januari 2023

Pemkot Jakpus Bangun 4 Embung Cegah Banjir di Cempaka Putih

Pemkot Jakpus membangun embung di Kecamatan Cempaka Putih untuk menampung air hujan. Selain itu, untuk mencegah potensi banjir.

NEWS | 31 Januari 2023

Covid-19 Subvarian Kraken, Pemerintah: Disiplin Prokes Diperlukan

Kemunculan Covid-19 subvarian Omicron XBB 1.5 atau Kraken mengingatkan masih perlunya memperkuat disiplin penerapan protokol kesehatan.

NEWS | 31 Januari 2023

Polda Metro Respons Pengakuan Wanita dalam Audi yang Tabrak Mahasiswi di Cianjur

Polda Metro Jaya merespons pengakuan penumpang wanita di sedan Audi A6 yang menabrak mahasiswi Selvi Amalia Nuraeni di Cianjur, hingga tewas.

NEWS | 30 Januari 2023

Politeknik Tridaya Virtu Morosi Selenggarakan Studi Vokasi Industri

Politeknik Tridaya Virtu Morosi menyelenggarakan program studi vokasi industri dan bertekad mencetak serta membentuk SDM unggul dan berkompeten.

NEWS | 31 Januari 2023

Siap-siap, Rekrutmen Calon ASN 2023 Bakal Segera Dibuka

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2023 bakal segera dibuka.

NEWS | 31 Januari 2023

BPJS Kesehatan Diprediksi Kembali Defisit tahun 2024

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) memprediksi aset bersih dana jaminan sosial atau DJS kembali defisit pada tahun 2024.

NEWS | 30 Januari 2023

Polri Kirim 15 Personel Jadi Penyidik di KPK Selama 4 Tahun

Polri mengirimkan 15 personel untuk diperbantukan menjadi penyidik di KPK. Mereka akan bertugas selama empat tahun ke depan.

NEWS | 30 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Undian Putaran 5 Piala FA: MU vs West Ham, Bristol vs Man City

Undian Putaran 5 Piala FA: MU vs West Ham, Bristol vs Man City

BOLA | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE