Logo BeritaSatu

ITAGI: Jangan Takut, Efek Samping Vaksinasi Lansia Ringan dan Tak Berbahaya

Sabtu, 29 Mei 2021 | 15:44 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / IDS

Jakarta, Beritasatu.com - Cakupan vaksinasi lansia secara nasional masih rendah. Selain masalah akses, banyak yang takut dan khawatir akan efek samping atau kejadian ikutan pasca-imunisasi (KIPI) dari vaksinasi Covid-19.

Merespons itu, Ketua Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI) Prof Sri Rezeki S Hadinegoro mengimbau masyarakat agar tidak perlu khawatir bahkan ketakutan terhadap efek samping vaksinasi Covid-19 terhadap kelompok lansia. Pasalnya, sejauh pelaksanaan vaksinasi Covid-19, kelompok lansia justru memiliki KIPI yang sangat rendah.

Gejala yang dialami pascapenyuntikan sifatnya ringan dan mudah diatasi. Dengan begitu, para anak diimbau untuk tidak perlu khawatir karena manfaat vaksinasi jauh lebih besar dibandingkan risikonya.

“Efek samping kedua vaksin ini (Sinovac dan Astrazeneca, red) cukup ringan, tidak ada yang masuk RS atau sampai meninggal. KIPI pada lansia ini justru sangat sangat sedikit dibandingkan yang dewasa/muda,” kata Prof Sri dalam siaran pers diterima Beritasatu.com, Sabtu (29/5/2021).

Sebagai salah satu pihak yang ikut terlibat dalam penentuan jenis vaksin yang akan digunakan dalam program vaksinasi nasional, Sri menegaskan, pemerintah tentunya akan menyediakan vaksin Covid-19 yang aman, bermutu, dan berkhasiat untuk melindungi seluruh masyarakat.

Pendapat senada juga disampaikan oleh Ketua Komnas PP Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI), Profesor Hindra Irawan Satari. Ia mengatakan kesadaran masyarakat lansia cukup baik untuk mengikuti vaksinasi Covid-19.

Pasalnya, mereka mengetahui bahwa mereka masuk dalam kelompok rentan terpapar Covid-19. Namun, sayangnya terkadang justru dari keluarga yang tidak mengizinkan lansia untuk divaksinasi.

"Karena ternyata keluarga memperoleh informasi yang kurang tepat atau pihak yang tidak berwenang terkait imunisasi atau vaksinasi," ucapnya.

Sebagai lansia, Prof Hindra menyatakan, dirinya telah divaksinasi dua kali. Padahal ia memiliki gangguan irama jantung, hipertensi, kolesterol juga sempat tinggi, dan begitu juga asam urat.

“Alhamdulillah sehat, saya sudah dua kali divaksinasi jadi jangan ragu-ragu," kata Hindra yang saat ini berusia 66 tahun .

Menurutnya, meski memiliki komorbid atau penyakit penyerta, lansia tetap bisa divaksin.

"Jika ada KIPI mudah-mudahan sifatnya ringan dan dapat ditolerir namun manfaat vaksinasi jauh lebih besar maka sama-sama kita divaksin," ujarnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ini Sejarah Lokananta, Perusahaan Musik Tertua di Indonesia

Lokananta, adalah harta karun yang nyaris terlupakan. Titik nol industri musik Indonesia ini sempat mengalami jatuh bangun sejak didirikan pada 1956.

NEWS | 28 November 2022

Said Aqil: Utamakan Keutuhan Bangsa di Tahun Politik

Said Aqil Siroj meminta seluruh bangsa Indonesia tidak terpecah belah karena kondisi itu justru dimanfaatkan oleh kepentingan politik identita.

NEWS | 28 November 2022

Menkominfo: GPR Jadi Jembatan Komunikasi Pemerintah dan Masyarakat

Menkominfo), Johnny G. Plate mengatakan Humas Pemerintah (GPR) memiliki peran sentral dalam diseminasi informasi bagi masyarakat.

NEWS | 28 November 2022

Pasca-Gempa Cianjur, BNPB Ajak Warga yang Rumah Masih Layak Huni Kembali

BNPB melaporkan hingga hari ini, Minggu (27/11/2022), telah terdaftar 62.628 rumah yang rusak akibat gempa Cianjur.

NEWS | 28 November 2022

Ini Cara Cegah Nyeri Sendi Semakin Parah

Seiring bertambahnya usia, kekuatan tulang dan sendi juga ikut berkurang dan menjadi penyebab osteoartritis atau radang sendi.

NEWS | 27 November 2022

Persoalan Papua Harus Jadi Prioritas Panglima TNI Baru

Salah satu skala prioritas dari Panglima TNI baru adalah persoalan pengamanan di Papua

NEWS | 27 November 2022

Panglima TNI Baru Harus Pastikan Anak Buah Selalu Bersama Rakyat

Panglima TNI baru yang nantinya akan menggantikan Jenderal Andika Perkasa harus bisa memastikan anak buah selalu dekat dan berada bersama rakyat.

NEWS | 27 November 2022

Butuh Tenda Kecil, Pengungsi Gempa Cianjur Mulai Diserang Penyakit ISPA

Menurut Bupati Cianjur, tenda-tenda kecil dibutuhkan agar pengungsi bisa pindah ke depan rumahnya masing-masing guna menghindari penderita ISPA.

NEWS | 27 November 2022

Kemenkominfo Apresiasi Kerja Humas Pemerintah Selama G-20

Kemenkominfo memberi apresiasi atas hasil kerja keras kerja humas pemerintah, utamanya terkait komunikasi publik perhelatan Presidensi G-20 Indonesia.

NEWS | 27 November 2022

Longsor Tutup Jalan Lembang Maribaya

Material tanah longsor yang menutup badan jalan, membuat arus lalu lintas yang menghubungkan antardua desa dan sejumlah tempat wisata ditutup sementara.

NEWS | 27 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Lakukan Satu Perubahan, Ini Susunan Pemain Spanyol vs Jerman

Lakukan Satu Perubahan, Ini Susunan Pemain Spanyol vs Jerman

SEMESTA BOLA 2022 | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE