Logo BeritaSatu

Doni Monardo Tinggalkan Jejak Manis di BNPB dan Satgas Covid-19

Minggu, 30 Mei 2021 | 14:49 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / IDS

Jakarta, Beritasatu.com - Letnan Jendral TNI Doni Monardo memang sudah resmi menyerahkan tongkat komando Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Satgas Penanganan Covid-19 kepada penerusnya, Letjen TNI Ganip Warsito.

Selama memimpin BNPB dan Satgas Penanganan Covid-19, Doni terbilang bekerja secara penuh dan nyaris tidak pernah istirahat. Bahkan ia meninggalkan jejak yang manis serta mewariskan program-program yang bisa langsung dilanjutkan oleh penggantinya.

Secara terbuka Ganip memastikan akan mengoptimalkan program-program yang telah digagas dan dijalankan oleh BNPB pimpinan sebelumnya yakni Doni Monardo.

"Saya melanjutkan apa yang telah dilakukan pendahulu saya. BNPB sebagai institusi, lembaga yang menangani bencana alam dan memiliki program-program karena sudah ada regulasinya dan sudah ada program tahunan, saya tinggal lanjutkan saja," kata Ganip saat meninjau RS Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Ganip mengaku tata kelola selama ini menghadapi bencana sudah berjalan dengan baik. Maka dari itu dirinya hanya berusaha meningkatkan dan evaluasi agar semakin baik ketika BNPB dalam tugasnya semakin kuat.

Ia menerangkan, pihaknya akan tetap menggunakan jurus pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro untuk menangani pandemi Covid-19 termasuk pada klaster keluarga. Ia menilai PPKM mikro merupakan strategi yang tepat di samping pelaksanaan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) dan melakukan 3T (testing, tracing, dan treatment).

Selama 2 tahun 4 bulan, Doni diberikan kesempatan Presiden Joko Widodo untuk memimpin penanggulangan bencana dan penanganan Covid-19. Ia pun mampu menjawabnya dengan kinerja yang baik, meski harus menghadapi begitu banyak persoalan yang tidak mudah di daerah ketika bencana terjadi.

"Menjadi Kepala BNPB merupakan pekerjaan yang membutuhkan stamina dan juga keteguhan hati. Ini adalah pekerjaan yang luar biasa, dari aspek kemanusiaan membutuhkan stamina yang sangat kuat, dan juga memerlukan keteguhan hati karena menghadapi persoalan yang tidak mudah," kata Doni saat serah terima jabatan Kepala BNPB di Aula Sutopo Purwo Nugroho, Graha BNPB, Jakarta.

Menurutnya, BNPB juga masih menghadapi sejumlah persoalan yang belum selesai dalam program rehabilitasi dan rekonstruksi di berbagai daerah. Diakui begitu seringnya bencana terjadi, gempa bumi, tsunami, likuifaksi, erupsi gunung berapi, ancaman hidrometeorologi dan lain persoalan yang terjadi.

Capaian Doni juga terbilang sangat luar biasa selama memimpin penanggulangan bencana di Indonesia. Pengalaman dalam menangani bencana berskala besar, seperti gempa bumi Sulawesi Barat (Sulbar), cuaca ekstrem atau bencana banjir dan tanah longsor di Nusa Tenggara Timur, serta penanganan pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, diapresiasi oleh banyak pihak.

Doni dan timnya pantang menyerah ketika harus menuju lokasi bencana. Ia tak kehilangan akal dan berani menembus jalan dari berbagai sisi baik udara, laut dan darat, karena akses jalan terputus akibat bencana yang terjadi.

Berbagai pemikiran dan langkah konkret dilakukan Doni Monardo dalam menumbuhkan organisasi dan penanggulangan bencana di Indonesia. Jargon “Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita” sangat kuat dalam kepemimpinannya sebagai salah satu upaya mitigasi bencana.

Di bawah kepemimpinan Doni, mitigasi vegetasi menjadi model dalam penanganan bencana hidrometeorologi basah dan geologi, seperti banjir, tanah longsor dan tsunami.

Selain itu, pendekatan pentaheliks memberikan nuansa kolaborasi dan kerja sama nyata dalam penanggulangan bencana di Tanah Air. Pentaheliks yang terdiri dari pemerintah, pakar/akademis, lembaga usaha, masyarakat dan media massa menjadi wujud konkret untuk terus mengkampanyekan bahwa penanggulangan bencana adalah urusan bersama.

“Kami mohon pamit sebagai Kepala BNPB, sekaligus sebagai Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19. Juga berakhirnya masa tugas sebagai TNI aktif dan memasuki masa purna bakti,” pesan Doni Monardo.

Ia juga menyampaikan terima kasih atas segala dukungan, kerja sama yang sudah terjalin dengan baik.

Tenaga Ahli yang juga Staf Khusus Kepala BNPB, Egy Massadiah menyatakan, sebagai “petugas kebencanaan” Doni harus senantiasa siaga, termasuk jika harus melakukan perjalanan maraton atas nama penanggulangan bencana.

“Ini bukan kejadian pertama, di mana kami harus melakukan perjalanan maraton satu daerah ke daerah lain. Setelah kembali ke Jakarta, tak lama berselang harus bertolak lagi ke lokasi bencana yang baru. Nah, itu yang terjadi pagi ini,” ujarnya pada Senin (5/4/2021) mengomentari kinerja pimpinannya Doni Monardo saat bertolak ke Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk meninjau situasi banjir bandang yang terjadi.

Padahal sebelumnya rombongan Kepala BNPB baru saja melakukan serangkaian kunjungan terkait kebencanaan dan penanganan Covid, sejak Selasa (30/3/2021) hingga Sabtu (3/4/2021).

“Mulai dari Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, berlanjut ke Mamuju, dan Palu. Esok harinya menuju Surabaya, lalu Bali. Sabtu kembali ke Jakarta, Minggu malam stand by di Halim untuk bertolak meninjau banjir bandang di Pulau Adonara, Flores Timur, NTT. Berhubung cuaca semalam di lokasi tujuan tidak memungkinkan, perjalanan diundur menjadi pagi ini, pukul 05.00 WIB," lanjut Eggy.

Sudah selayaknya masyarakat Indonesia mengucapkan terima kasih kepada Letjen TNI Dr (HC) Doni Monardo atas pengabdian dalam penanggulangan bencana di Indonesia.

Selamat dan sukses untuk amanat di tempat yang baru.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ini Sejarah Lokananta, Perusahaan Musik Tertua di Indonesia

Lokananta, adalah harta karun yang nyaris terlupakan. Titik nol industri musik Indonesia ini sempat mengalami jatuh bangun sejak didirikan pada 1956.

NEWS | 28 November 2022

Said Aqil: Utamakan Keutuhan Bangsa di Tahun Politik

Said Aqil Siroj meminta seluruh bangsa Indonesia tidak terpecah belah karena kondisi itu justru dimanfaatkan oleh kepentingan politik identita.

NEWS | 28 November 2022

Menkominfo: GPR Jadi Jembatan Komunikasi Pemerintah dan Masyarakat

Menkominfo), Johnny G. Plate mengatakan Humas Pemerintah (GPR) memiliki peran sentral dalam diseminasi informasi bagi masyarakat.

NEWS | 28 November 2022

Pasca-Gempa Cianjur, BNPB Ajak Warga yang Rumah Masih Layak Huni Kembali

BNPB melaporkan hingga hari ini, Minggu (27/11/2022), telah terdaftar 62.628 rumah yang rusak akibat gempa Cianjur.

NEWS | 28 November 2022

Ini Cara Cegah Nyeri Sendi Semakin Parah

Seiring bertambahnya usia, kekuatan tulang dan sendi juga ikut berkurang dan menjadi penyebab osteoartritis atau radang sendi.

NEWS | 27 November 2022

Persoalan Papua Harus Jadi Prioritas Panglima TNI Baru

Salah satu skala prioritas dari Panglima TNI baru adalah persoalan pengamanan di Papua

NEWS | 27 November 2022

Panglima TNI Baru Harus Pastikan Anak Buah Selalu Bersama Rakyat

Panglima TNI baru yang nantinya akan menggantikan Jenderal Andika Perkasa harus bisa memastikan anak buah selalu dekat dan berada bersama rakyat.

NEWS | 27 November 2022

Butuh Tenda Kecil, Pengungsi Gempa Cianjur Mulai Diserang Penyakit ISPA

Menurut Bupati Cianjur, tenda-tenda kecil dibutuhkan agar pengungsi bisa pindah ke depan rumahnya masing-masing guna menghindari penderita ISPA.

NEWS | 27 November 2022

Kemenkominfo Apresiasi Kerja Humas Pemerintah Selama G-20

Kemenkominfo memberi apresiasi atas hasil kerja keras kerja humas pemerintah, utamanya terkait komunikasi publik perhelatan Presidensi G-20 Indonesia.

NEWS | 27 November 2022

Longsor Tutup Jalan Lembang Maribaya

Material tanah longsor yang menutup badan jalan, membuat arus lalu lintas yang menghubungkan antardua desa dan sejumlah tempat wisata ditutup sementara.

NEWS | 27 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Sempat Tertinggal, Kroasia Sukses Gasak Kanada 4-1

Sempat Tertinggal, Kroasia Sukses Gasak Kanada 4-1

SEMESTA BOLA 2022 | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE