Logo BeritaSatu

Bupati Gianyar Apresiasi Akurasi Data Desa Presisi

Senin, 31 Mei 2021 | 22:35 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Gianyar, Beritasatu.com - Keakuratan data dinilai penting sebagai basis perencanaan dan pembangunan desa. Pasalnya, keberadaan data desa presisi akan memberi manfaat untuk pembangunan desa, sebagai bagian sistem administasi pemerintahan di Indonesia.

"Andaikan saja, sebelum saya jadi bupati tiga tahun lalu, saya punya data seperti ini, komplit di seluruh desa, mungkin Gianyar itu sudah nomor satu di Indonesia,” kata Bupati Gianyar, I Made Mahayasastra, ketika menunjukkan apresiasinya pada hasil data desa presisi, di Desa Tegallalang, Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Senin (31/5/2021).

Menurut I Made Agus Mahayastra, Kabupaten Gianyar yang memiliki luas wilayah 368 kilometer (km) dengan jumlah penduduk nomor tiga di Bali, tercatat masih menggeliat di masa pandemi covid-19.

"Saya ingin sampaikan, di tahun 2022 semua desa harus sudah seperti Desa Tegallang. Alasannya, tanpa data yang akurat dan valid, tentu tak bisa menuntun kita untuk membuat keputusan," tegasnya.

Menurut Bupati, bila salah dalam pengambilan keputusan, maka akan bermasalah dalam pembiayaan dan menimbulkan kerugian, jauh melebihi daripada yang diperkirakan. "Saya yakin, data desa presisi menjadi perwujudan cita-cita Bung Karno yang sudah memikirkan pembangunan berbasis data sejak 60 tahun yang lalu," tandasnya.

Adapun inisiatif untuk menghasilkan data desa presisi yang dilakukan di Kabupaten Gianyar, berasal dari studi doktoral Rieke Diah Pitaloka yang dielaborasi dan dikembangkan di Bali.

Kandidat doktor dari Universitas Indonesia (UI) tersebut, juga menginspirasi dua desa lainnya yakni Pantai Bakti Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi, dan Desa Sibandang Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara, untuk mengimplementasikan data desa presisi dalam perencanaan pembangunan pedesaan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sidang Brigadir J hingga Impor Beras Terpopuler di Beritasatu.com

Sidang perkara pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J dan isu impor beras menjadi berita terpopuler di Beritasatu.com

NEWS | 29 November 2022

BNPB: Bencana Hidrometeorologi Diperkirakan Merata pada Desember

BNPB menyatakan, potensi terjadi bencana hidrometeorologi diperkirakan merata pada Desember 2022 mendatang.

NEWS | 29 November 2022

Tim Peneliti UGM Klaim Deteksi Gejala Sebelum Gempa Cianjur

Gejala gempa Cianjur itu tertangkap melalui sistem peringatan dini yang dikembangkan UGM dengan mengukur konsentrasi gas radon dan groundwater level 1-3.

NEWS | 29 November 2022

Ganjar Instruksikan Pemda ke Lapangan Antisipasi Inflasi

Ganjar Pranowo menginstruksikan 35 pemda untuk turun ke lapangan secara rutin hingga Januari 2023 guna mencegah terjadinya inflasi.

NEWS | 29 November 2022

Menlu Retno: Indonesia Akan Jadikan ASEAN sebagai Pusat Pertumbuhan Dunia

Menlu Retno Marsudi menegaskan, Indonesia akan menjadikan kawasan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan dunia selama menjabat sebagai Ketua ASEAN. 

NEWS | 29 November 2022

Hujan Deras Guyur DKI, Beberapa Ruas Jalan Terendam Banjir

Hujan deras yang mengguyur Jakarta pada Senin (28/11/2022) petang, mengakibatkan beberapa ruas jalan teredam banjir.

NEWS | 28 November 2022

DPR Bakal Sahkan Kasal Yudo Margono Jadi Panglima TNI Sebelum 15 Desember

Ketua DPR Puan Maharani meyakini, pihaknya dapat mengesahkan Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI sebelum masa reses 15 Desember mendatang.

NEWS | 28 November 2022

Ada 9 Panggung di Resepsi Pernikahan Kaesang dan Erina

Erick Thohir mengungkapkan ada sembilan panggung di acara resepsi pernikahan Kaesang dan Erina yang digelar di Pura Mangkunegaran Solo.

NEWS | 28 November 2022

Presiden Pilihan Versi Adian Napitupulu, Yang Lanjutkan Program Jokowi

Politikus PDI Perjuangan (PDIP) Adian Napitupulu mengungkapkan kriteria sosok yang dia nilai pantas untuk dipilih menjadi presiden pilihan berikutnya.

NEWS | 28 November 2022

Kocak, Tanggapan Wagub Jabar soal Pemimpin Berambut Putih

Menanggapi pernyataan Jokowi soal pemimpin berambut putih, Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum malah mengunggah fotonya dengan rambut kuning, mirip Naruto.

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Urus Film Horor hingga Kawasan Industri, Ini yang Dilakukan Danareksa Sekarang

Urus Film Horor hingga Kawasan Industri, Ini yang Dilakukan Danareksa Sekarang

EKONOMI | 54 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE