Logo BeritaSatu

Kemko PMK: Membangun SDM Berintegritas Harus Dimulai dari Pendidikan Karakter Sejak Dini

Rabu, 2 Juni 2021 | 14:48 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemko PMK) Agus Sartono mengatakan, untuk membangun sumber daya manusia (SDM) yang bisa bekerja keras, bergotong royong, dan berintegritas harus dimulai sejak dini.

Dalam hal ini, kata Agus, pembentukan karakter pertama dimulai dari rumah menjadi tanggung jawab orang tua. Kemudian, sekolah melalui kurikulum. Adapun skema muatan pendidikan karakter untuk tingkat pendidikan terendah seperti PAUD harus lebih besar. Sementara untuk tingkat pendidikan dasar dan menengah (Dikdasmen) seimbang antara karakter dan kognitif, dan perguruan tinggi kognitif lebih besar dibandingkan pendidikan karakter.

Advertisement

“Jadi terlambat kalau kita hanya berharap dengan menceramahi mahasiswa untuk mempunyai karakter yang kuat. Sedangkan dalam keluarganya tidak mendapatkan fondasi yang kuat tentang pentingnya pendidikan karakter,” kata Agus pada Webinar Series seri ke-3 bertema “Pendidikan Indonesia untuk Masa Depan Bangsa dan Kemanusiaan”, yang dilaksanakan Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia (MWA UI) secara daring pada Selasa (2/6/2021).

Agus juga mengatakan, pendidikan harus dimaknai secara luas sebagai proses pembelajaran secara utuh, tidak hanya di bangku sekolah tetapi pendidikan harus mencakup formal dan informal.

“Jadi kalau kita berbicara tentang pembentukan karakter, maka pembentukan karakter membutuhkan proses. Pembentukan karakter dan pendidikan merupakan satu kesatuan,” kata Agus.

Selanjutnya, Agus menuturkan, setiap tahap merupakan proses, pendidikan karakter harus diletakan dalam satu siklus pembangunan manusia dan kebudayaan ini. Pasalnya, proses pendidikan merupakan proses pembentukan karakter dan pembentukan keadaban. Pendidikan karakter juga diatur dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) Tahun 2003 tentang pentingnya karakter yang berlandaskan Pancasila.

“Sangat jelaskan dikatakan sistem pendidikan nasional bertujuan mengembangkan kompetensi peserta didik, agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, dan sosial untuk membentuk karakter untuk membangun peradaban,” paparnya.

Oleh karena itu, ia menegaskan, pendidikan tidak hanya mendidik anak cerdas di bidang tertentu, tetapi harus ditanamkan karakter.

“Kita perlu memastikan bahwa setiap anak didik kita memahami betul tentang pentingnya kerja keras, gotong royong, dan integritas,” ucapnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Polresta Malang Pulangkan Puluhan Aremania

Dari 107 orang yang sebelumnya diamankan, setelah diperiksa ternyata mereka mengaku tidak ikut dalam aksi demonstrasi di kantor Arema FC.

NEWS | 31 Januari 2023

Pemkot Jakpus Bangun 4 Embung Cegah Banjir di Cempaka Putih

Pemkot Jakpus membangun embung di Kecamatan Cempaka Putih untuk menampung air hujan. Selain itu, untuk mencegah potensi banjir.

NEWS | 31 Januari 2023

Covid-19 Subvarian Kraken, Pemerintah: Disiplin Prokes Diperlukan

Kemunculan Covid-19 subvarian Omicron XBB 1.5 atau Kraken mengingatkan masih perlunya memperkuat disiplin penerapan protokol kesehatan.

NEWS | 31 Januari 2023

Polda Metro Respons Pengakuan Wanita dalam Audi yang Tabrak Mahasiswi di Cianjur

Polda Metro Jaya merespons pengakuan penumpang wanita di sedan Audi A6 yang menabrak mahasiswi Selvi Amalia Nuraeni di Cianjur, hingga tewas.

NEWS | 30 Januari 2023

Politeknik Tridaya Virtu Morosi Selenggarakan Studi Vokasi Industri

Politeknik Tridaya Virtu Morosi menyelenggarakan program studi vokasi industri dan bertekad mencetak serta membentuk SDM unggul dan berkompeten.

NEWS | 31 Januari 2023

Siap-siap, Rekrutmen Calon ASN 2023 Bakal Segera Dibuka

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2023 bakal segera dibuka.

NEWS | 31 Januari 2023

BPJS Kesehatan Diprediksi Kembali Defisit tahun 2024

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) memprediksi aset bersih dana jaminan sosial atau DJS kembali defisit pada tahun 2024.

NEWS | 30 Januari 2023

Polri Kirim 15 Personel Jadi Penyidik di KPK Selama 4 Tahun

Polri mengirimkan 15 personel untuk diperbantukan menjadi penyidik di KPK. Mereka akan bertugas selama empat tahun ke depan.

NEWS | 30 Januari 2023

Habiburokhman: Tak Elok Giring Kaesang ke Gerindra

Habiburokhman mengungkapkan tidak elok rasanya menggiring putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep masuk ke Gerindra.

NEWS | 30 Januari 2023

Soal Reshuffle Kabinet, Waketum PPP Sebut Dengar Kabar

Terkait perombakan atau reshuffle Kabinet Indonesia Maju yang akan dilakukan Presiden Joko Widodo, PPP menyatakan belum memperoleh informasi.

NEWS | 31 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Timnas Indonesia Siapkan Dua Laga Persahabatan FIFA, Siapa Lawannya?

Timnas Indonesia Siapkan Dua Laga Persahabatan FIFA, Siapa Lawannya?

BOLA | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE