Logo BeritaSatu

7 Aktivitas Positif Cegah Depresi di Masa Pandemi

Rabu, 2 Juni 2021 | 16:57 WIB
Oleh : Indah Handayani / FER

Surabaya, Beritasatu.com - Beberapa aktivitas di masa pandemi covid-19 banyak dilakukan secara virtual, sehingga berpotensi mengurangi hangatnya interaksi antara manusia. Kondisi ini disebutkan bisa menjadi pemicu munculnya depresi.

CEO Riliv, Audrey Maximillian Herli, mengatakan, pihaknya percaya kebahagiaan bisa dimulai dari diri sendiri. Terlebih, setiap manusia memiliki kapabilitas untuk menciptakan kebahagiaan.

"Mungkin awalnya terasa sulit karena kita sudah menemukan pola bahagia yang dulu dibantu oleh kehadiran orang lain. Tetapi sekarang kondisinya berbeda, dan kita harus menemukan aktivitas agar bisa berdamai dengan situasi yang sedang dihadapi,” ungkap Audrey, di Surabaya, Rabu (2/6/2021).

Audrey mengatakan, setidaknya ada tujuh aktivitas positif yang bisa dilakukan saat pandemi. Aktivitas tersebut bisa membantu lebih mengenal diri sendiri, menikmati waktu yang tersedia, dan tentunya menjadi lebih bahagia.

Pertama, luangkan waktu berolahraga sederhana. Bukan rahasia lagi jika masyarakat Indonesia sedang berlomba-lomba mengikuti tren bersepeda. Tetapi, tidak perlu latah dengan memaksakan diri membeli sepeda hanya untuk digunakan beberapa kali saja.

"Bisa mencoba berolahraga sederhana seperti berjalan kaki atau jogging di daerah yang cukup aman. Bergerak membantu melancarkan sirkulasi darah dan berdampak pada mood bahagia. Apalagi akan fokus menikmati pergerakan badan dan lingkungan sekitar sehingga bisa lebih mindful," jelasnya.

Kedua, lanjut Audrey, jika memungkinkan coba mengunjungi taman atau sekadar duduk di daerah penuh pohon. Forest bathing merupakan konsep dari Jepang, yang mengajak orang untuk menikmati suasana pepohonan.

"Aktivitas ini bisa membantu menurunkan stres dan menenangkan diri. Apalagi, untuk kalangan yang selalu berada di rumah selama 24 jam berhari-hari," imbuhnya.

Ketiga, kata Audrey, tidur tepat waktu dengan tidak menunda waktu untuk terlelap. Keempat, bisa melakukan bertukar kado dengan keluarga dan sahabat.

"Menyayangi, mengayomi, dan terhubung kepada orang terdekat adalah naluri alamiah manusia. Jika biasanya dilakukan melalui tatap muka, kini bisa melakukannya melalui jarak jauh. Ucapan terima kasih dan kebahagiaan mereka bisa membuat rasa tidak sendiri lagi,” tegasnya.

Kelima, Audrey menyebutkan, cobalah resep masakan yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Pasalnya, memasak bisa menjadi meditasi bagi banyak orang. "Menikmati setiap irisan pisau di sayuran atau meracik bumbu agar menjadi santapan berkualitas bisa membuat perasaan lebih tenang dan lega," paparnya.

Keenam, tidak ada salahnya mencoba memberi makan kucing jalanan. "Saat berbagi dan melihat mereka makan dengan lahap bisa menangkal perasaan sedih dan depresi," tandasnya.

Terakhir, mencari bantuan psikolog lewat online, karena lebih dipahami dan tanpa menghakimi. Pasalnya, psikolog akan mendengarkan dengan tulus serta membantu menemukan solusi.

"Tujuh langkah di atas bisa dilakukan secara perlahan. Membangun kebiasaan positif memang membutuhkan waktu, tetapi bisa memulainya dari sekarang,” tutupnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BNPB: Bencana Hidrometeorologi Diperkirakan Merata pada Desember

BNPB menyatakan, potensi terjadi bencana hidrometeorologi diperkirakan merata pada Desember 2022 mendatang.

NEWS | 29 November 2022

Tim Peneliti UGM Klaim Deteksi Gejala Sebelum Gempa Cianjur

Gejala gempa Cianjur itu tertangkap melalui sistem peringatan dini yang dikembangkan UGM dengan mengukur konsentrasi gas radon dan groundwater level 1-3.

NEWS | 29 November 2022

Ganjar Instruksikan Pemda ke Lapangan Antisipasi Inflasi

Ganjar Pranowo menginstruksikan 35 pemda untuk turun ke lapangan secara rutin hingga Januari 2023 guna mencegah terjadinya inflasi.

NEWS | 29 November 2022

Menlu Retno: Indonesia Akan Jadikan ASEAN sebagai Pusat Pertumbuhan Dunia

Menlu Retno Marsudi menegaskan, Indonesia akan menjadikan kawasan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan dunia selama menjabat sebagai Ketua ASEAN. 

NEWS | 29 November 2022

Hujan Deras Guyur DKI, Beberapa Ruas Jalan Terendam Banjir

Hujan deras yang mengguyur Jakarta pada Senin (28/11/2022) petang, mengakibatkan beberapa ruas jalan teredam banjir.

NEWS | 28 November 2022

DPR Bakal Sahkan Kasal Yudo Margono Jadi Panglima TNI Sebelum 15 Desember

Ketua DPR Puan Maharani meyakini, pihaknya dapat mengesahkan Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI sebelum masa reses 15 Desember mendatang.

NEWS | 28 November 2022

Ada 9 Panggung di Resepsi Pernikahan Kaesang dan Erina

Erick Thohir mengungkapkan ada sembilan panggung di acara resepsi pernikahan Kaesang dan Erina yang digelar di Pura Mangkunegaran Solo.

NEWS | 28 November 2022

Presiden Pilihan Versi Adian Napitupulu, Yang Lanjutkan Program Jokowi

Politikus PDI Perjuangan (PDIP) Adian Napitupulu mengungkapkan kriteria sosok yang dia nilai pantas untuk dipilih menjadi presiden pilihan berikutnya.

NEWS | 28 November 2022

Kocak, Tanggapan Wagub Jabar soal Pemimpin Berambut Putih

Menanggapi pernyataan Jokowi soal pemimpin berambut putih, Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum malah mengunggah fotonya dengan rambut kuning, mirip Naruto.

NEWS | 28 November 2022

KPK Umumkan Penetapan Tersangka Hakim Agung Gazalba Saleh

KPK mengumumkan Hakim Agung Gazalba Saleh sebagai tersangka atas kasus dugaan suap pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA).

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Neymar Sebut Casemiro Gelandang Terbaik Dunia

Neymar Sebut Casemiro Gelandang Terbaik Dunia

SEMESTA BOLA 2022 | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE