Logo BeritaSatu

KJRI Hong Kong Repatriasi 61 WNI dari Makau

Jumat, 4 Juni 2021 | 12:06 WIB
Oleh : Natasia Christy Wahyuni / IDS

Jakarta, Beritasatu.com - Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Hong Kong kembali melakukan repatriasi (pemulangan) kepada warga negara Indonesia (WNI). Kali ini, repatriasi dilakukan kepada 61 WNI dari Makau melalui Bandara Internasional Hong Kong.

“Dalam situasi pandemi berbagai hambatan dialami WNI yang hendak pulang ke tanah air,” sebut siaran pers KJRI Hong Kong yang diterima Beritasatu.com, Jumat (4/6/2021).

Advertisement

Meskipun ada pengetatan keluar atau masuk ke Makau dan Hong Kong, sejauh ini tercatat total 618 WNI telah dibantu kepulangannya ke Indonesia. Total ada 14 kloter kepulangan sampai akhir Mei 2021.

Proses pemulangan berhasil dilakukan lewat kerja sama dan koordinasi erat antara KJRI Hong Kong dengan otoritas setempat serta dengan organisasi dan komunitas masyarakat Indonesia.

“Hal ini merupakan bukti nyata pelayanan dan perlindungan yang senantiasa diberikan oleh Pemerintah Indonesia,” tambah KJRI Hong Kong.

Pada pertengahan April lalu, KJRI Hong Kong juga memfasilitasi repatriasi 93 WNI dari Makau lewat Bandara Internasional Hong Kong. Koordinasi dan kerja sama erat antara KJRI dengan otoritas Hong Kong dan Makau terus dilakukan agar para repatrian dapat kembali ke Indonesia melalui Hong Kong tanpa diberlakukan ketentuan wajib karantina.

Selain pembebasan karantina, difasilitasi pula transportasi point-to-point dari titik kumpul di Makau ke titik perbatasan Hong Kong-Makau dan selanjutnya ke Bandara Internasional Hong Kong.

Saat ini, repatriasi menjadi satu-satunya cara untuk memulangkan para WNI dari Makau melalui Hong Kong, mengingat kebijakan karantina wajib memasuki Hong Kong dan belum tersedianya penerbangan dari Makau ke Indonesia.

KJRI Hong Kong menyatakan akan terus memantau WNI di Hong Kong dan Makau untuk memastikan keamanan dan keselamatan WNI di masa pandemi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jaksa Minta Hakim Tolak Keberatan Teddy Minahasa

Jaksa penuntut umum meminta majelis hakim PN Jakbar menolak eksepsi atau keberatan Teddy Minahasa yang menjadi terdakwa penjualan barang bukti narkoba.

NEWS | 7 Februari 2023

PBNU Dorong Pemimpin Agama Wujudkan Perdamaian Dunia

Ketum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya mendorong seluruh pemimpin agama mewujudkan perdamaian dunia. 

NEWS | 7 Februari 2023

Polisi Cari Ibu yang Aniaya dan Telantarkan Anaknya di Depok

Polres Metro Depok menyelidiki dan mencari ibu yang diduga menganiaya dan menelantarakan anaknya, Raya Aurel Rahma Visca. 

NEWS | 7 Februari 2023

Update: Gempa Turki Tewaskan 2.300 Orang, Penyelamatan Terus Dilakukan

Otoritas Turki mengkonfirmasi telah terjadi 1.541 korban tewas, dengan 810 korban lainnya dilaporkan di berada di kawasan Suriah, pasca gempa Turki.

NEWS | 6 Februari 2023

PKB Fasilitasi Aeshnina Azzahra Suarakan Keadilan Lingkungan

Jubir Milenial PKB Mikhael Sinaga mengatakan PKB akan memfasilitasi aktivis lingkungan Aeshnina Azzahra (15 tahun) untuk menyuarakan keadilan lingkungan. 

NEWS | 7 Februari 2023

Ayah Kandung Aniaya 2 Anaknya di Cimahi, 1 Meninggal Dunia

Seorang ayah kandung berinisial A menganiaya dua anaknya di Kota Cimahi. Bahkan, akibat penganiayaan itu, satu anaknya meninggal dunia.

NEWS | 7 Februari 2023

Ratusan Ternak Sapi di Sulteng Kembali Terjangkit PMK

Kasus Penyakit Mulut dan Kuku atau PMK yang menjangkit hewan ternak di Sulawesi Tengah (Sulteng) meningkat signifikan dalam beberapa waktu terakhir

NEWS | 6 Februari 2023

Mahfud: Pernyataan Pejabat Soal OTT KPK Pengaruhi Indeks Persepsi Korupsi

Opini yang dilontarkan oleh sejumlah pejabat pemerintah tentang operasi tangkap tangan atau OTT KPK turut memengaruhi penurunan Indeks Persepsi Korupsi.

NEWS | 7 Februari 2023

Gempa Turki, Presiden Jokowi Sampaikan Belasungkawa

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyampaikan rasa duka yang mendalam atas bencana gempa Turki, Senin (6/2/2023).

NEWS | 6 Februari 2023

Hapus Kesan Horor, Mural Hiasi Simpang Lima Rapak Balikpapan

Kawasan Simpang Lima Rapak di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, memiliki wajah baru berupa lukisan mural yang unik dan menarik.

NEWS | 7 Februari 2023


TAG POPULER

# Pelecehan Anak


# Liga Spanyol


# Hasya Athallah


# Bripka Madih


# Pemilu 2024


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
OJK Bakal Pangkas 600 BPR dalam Lima Tahun ke Depan

OJK Bakal Pangkas 600 BPR dalam Lima Tahun ke Depan

EKONOMI | 1 jam yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE