Logo BeritaSatu
Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Pemerintah Prioritaskan Pengelolaan Gambut Berkelanjutan

Jumat, 4 Juni 2021 | 16:06 WIB
Oleh : Ridho Syukro / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Luas lahan gambut di Indonesia mencapai 14,9 juta hektare (ha). Indonesia terhitung sebagai negara keempat dengan luas lahan gambut terbesar di dunia setelah Kanada, Rusia dan Amerika Serikat (AS).

Sebanyak 12,9 juta hektare lahan gambut ada di 7 provinsi, sudah menjadi tanggung jawab Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM). Adapun 7 Provinsi yang menjadi tanggung jawab BRGM berada di Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Papua.

Kepala Kelompok Kerja Perencanaan Anggaran dan Hukum BRGM, Didy Wuryanto, mengatakan dalam rangka menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juni 2021, maka pengeloaan lahan gambut berkelanjutan harus menjadi prioritas untuk menciptakan lingkungan sehat sekaligus menurunkan emisi gas rumah kaca.

"Rusaknya lahan gambut, bukan rusak sendiri karena memang dikeringkan untuk dapat dimanfaatkan. Gambut merupakan ekosistem yang unik yang terdiri dari batasan antara sungai dan laut dan terkena air pasang,” ujar Didi dalam webminar World Environmental Day 2021, di Jakarta, Jumat (4/6/2021).

Didi menjelaskan, masuknya air pasang dalam cekungan gambut maka akan merusak tanaman dan lahan gambut tersebut. Selain itu, bisa menyebabkan kekeringan sehingga berpotensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Maka dari itu, perlu restorasi atau pengelolaan gambut yang berkelanjutan. Pengelolaan gambut berkelanjutan bisa dilakukan dengan tidak membakar dan lakukan pendekatan kepada masyarakat sekitar agar tetap menjaga gambut," tegasnya.

Konselor Pertama Lingkungan, Aksi Iklim, Digital Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam, Henriette Faergemann, mengatakan hari lingkungan hidup menjadi momentum penting bagi warga dunia untuk menjaga lingkungan agar tetap terjaga dan bersih.

"Berawal dari sesuatu yang kecil seperti membuang sampah akan membantu untuk menurunkan emisi dan membuat bumi lebih sehat," jelasnya.

Menurut Henriette, Uni Eropa terus mengkampanyekan jaga lingkungan dan mengajak generasi milenial agar terlibat dengan kampanye bernama generasi restorasi. Pasalnya, perubahan iklim memang mengancam kehidupan manusia di bumi maka dari itu, menjaga lingkungan wajib dilakukan untuk kehidupan yang lebih baik.

"Sustainable lifestyle merupakan pilihan yang bisa digunakan generasi milenial untuk berkontribusi menjaga lingkungan, kemudian dari sisi pemerintahnya bisa mendorong energi terbarukan," tandasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tiba di DPR, Yudo Margono Didampingi Kasau, Kasad, dan Kapolri

Calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono tiba di Gedung DPR untuk menjalani fit and proper test, Jumat (2/12/2022).

NEWS | 2 Desember 2022

Kasus Tambang Ilegal Mencuat, Rumah Mewah Ismail Bolong Sepi

Rumah mewah Ismail Bolong di Kota Samarinda kini tampak sepi setelah mencuatnya kasus tambang ilegal di Kaltim yang menyeret namanya. 

NEWS | 2 Desember 2022

Bocoran Pertanyaan di Fit and Proper Test Calon Panglima TNI Yudo Margono

Anggota Komisi I DPR Dave Laksono mengatakan akan menggali sejumlah persoalan kepada Laksamana Yudo Margono saat fit and proper test calon panglima TNI. 

NEWS | 2 Desember 2022

Transformasi Pembelajaran melalui Sekolah Responsif Gender

Program kolaboratif, kemitraan antara Pemerintah Indonesia dan Australia di bidang pendidikan bersama dengan UMSIDA (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo). 

NEWS | 2 Desember 2022

Disiplin Prajurit Jadi Materi Fit and Proper Test Calon Panglima TNI

Anggota Komisi I DPR TB Hasanuddin mengatakan akan mendalami soal disiplin prajurit TNI saat fit and proper test calon panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

NEWS | 2 Desember 2022

Bareskrim Segera Tetapkan Tersangka Kasus Mafia Tanah di Surabaya

Bareskrim Polri tengah mengusut kasus mafia tanah di Surabaya. Terkini, Bareskrim segera menetapkan tersangka kasus mafia tanah tersebut.

NEWS | 2 Desember 2022

Rumah Roboh Akibat Gempa Cianjur Mulai Diratakan

Rumah rumah roboh akibat gempa Cianjur, Jawa Barat, mulai diratakan dengan menggunakan alat berat.

NEWS | 2 Desember 2022

BNPT: Istilah Jihad Sering Disalahartikan untuk Memecah Bangsa

BNPT menegaskan, saat ini istilah jihad sering disalahartikan oleh oknum yang sengaja ingin memecah persatuan bangsa.

NEWS | 2 Desember 2022

Komisi I DPR Verifikasi Administrasi Calon Panglima TNI Yudo Margono

Komisi I DPR memverifikasi administrasi berkas Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai calon panglima TNI sebelum menjalani fit and proper test.

NEWS | 2 Desember 2022

Ini 5 Pesan Penting Jokowi untuk KPU Jelang Pemilu 2024

Presiden Jokowi menyampaikan lima pesan penting kepada KPU menjelang Pemilu 2024. Mulai dari hal teknis, kesiapan SDM, hingga soal pendidikan politik. 

NEWS | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Sidang Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


# Pertumbuhan Ekonomi 2023


# One Championship


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tiba di DPR, Yudo Margono Didampingi Kasau, Kasad, dan Kapolri

Tiba di DPR, Yudo Margono Didampingi Kasau, Kasad, dan Kapolri

NEWS | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE