Logo BeritaSatu
Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Menteri LHK: 4,69 Juta Hektare Lahan di Indonesia Pulih

Sabtu, 5 Juni 2021 | 14:55 WIB
Oleh : Ridho Syukro / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya mengatakan restorasi ekosistem yang dilakukan Indonesia selama periode 2015-2021 telah berhasil memulihkan lahan terdegradasi dengan luas total sekitar 4,69 juta hektare (ha).

"Restorasi ekosistem penting dilakukan untuk mencegah kerusakan lahan dan menjaga kelestarian lingkungan, jika restorasi dilakukan dengan konsisten maka bisa berkontribusi terhadap penurunan emisi gas rumah kaca," kata Siti Nurbaya, saat memberikan sambutan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, di Jakarta, Sabtu (5/6/2021).

Menurut Siti Nurbaya, restorasi ekosistem selama periode 2015-2021 saat ini berupa pemulihan lahan dengan total 4,69 juta hektare dan didalamnya sudah termasuk gambut dan mangrove.

"Peringatan hari lingkungan hidup sedunia ini harus menjadi momentum untuk perbaikan lingkungan hidup berkelanjutan dan upaya restorasi ekosistem yang dilakukan pemerintah dan melibatkan lapisan masyarakat membuahkan hasil yang manis,”

Menteri LHK menegaskan, Indonesia selalu bersemangat dalam memulihkan lingkungan melalui restorasi dan rehabilitasi hutan, keduanya dilakukan agar berkesinambungan dengan target pemerintah untuk mencapai net zero emission paling lama 2060.

"Pengelolaan konservasi dan keanekaragaman hayati harus berkelanjutan dan menjadi satu bagian dari pemulihan ekonomi nasional," tandasnya.

Selain itu, kata Siti Nurbaya, restorasi ekosistem juga dilakukan dalam bentuk izin usaha pemanfaatan hasil hutan kayu restorasi ekosistem, yang dimaksud dengan restorasi adalah memulihkan kondisi hutan yang rusak atau terdegradasi.

Restorasi bisa dilakukan dengan sistem tebang pilih dan tanam kembali. Berdasarkan data KLHK, saat ini terdapat 16 unit manajemen restorasi ekosistem di hutan produksi dengan luas 622.821 hektare.

"Restorasi ekosistem yang dilakukan pemerintah juga membutuhkan peran masyarakat sekitar kawasan hutan untuk memantau dan juga mengelolanya," pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kasus Tambang Ilegal Mencuat, Rumah Mewah Ismail Bolong Sepi

Rumah mewah Ismail Bolong di Kota Samarinda kini tampak sepi setelah mencuatnya kasus tambang ilegal di Kaltim yang menyeret namanya. 

NEWS | 2 Desember 2022

Bocoran Pertanyaan di Fit and Proper Test Calon Panglima TNI Yudo Margono

Anggota Komisi I DPR Dave Laksono mengatakan akan menggali sejumlah persoalan kepada Laksamana Yudo Margono saat fit and proper test calon panglima TNI. 

NEWS | 2 Desember 2022

Transformasi Pembelajaran melalui Sekolah Responsif Gender

Program kolaboratif, kemitraan antara Pemerintah Indonesia dan Australia di bidang pendidikan bersama dengan UMSIDA (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo). 

NEWS | 2 Desember 2022

Disiplin Prajurit Jadi Materi Fit and Proper Test Calon Panglima TNI

Anggota Komisi I DPR TB Hasanuddin mengatakan akan mendalami soal disiplin prajurit TNI saat fit and proper test calon panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

NEWS | 2 Desember 2022

Bareskrim Segera Tetapkan Tersangka Kasus Mafia Tanah di Surabaya

Bareskrim Polri tengah mengusut kasus mafia tanah di Surabaya. Terkini, Bareskrim segera menetapkan tersangka kasus mafia tanah tersebut.

NEWS | 2 Desember 2022

Rumah Roboh Akibat Gempa Cianjur Mulai Diratakan

Rumah rumah roboh akibat gempa Cianjur, Jawa Barat, mulai diratakan dengan menggunakan alat berat.

NEWS | 2 Desember 2022

BNPT: Istilah Jihad Sering Disalahartikan untuk Memecah Bangsa

BNPT menegaskan, saat ini istilah jihad sering disalahartikan oleh oknum yang sengaja ingin memecah persatuan bangsa.

NEWS | 2 Desember 2022

Komisi I DPR Verifikasi Administrasi Calon Panglima TNI Yudo Margono

Komisi I DPR memverifikasi administrasi berkas Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai calon panglima TNI sebelum menjalani fit and proper test.

NEWS | 2 Desember 2022

Ini 5 Pesan Penting Jokowi untuk KPU Jelang Pemilu 2024

Presiden Jokowi menyampaikan lima pesan penting kepada KPU menjelang Pemilu 2024. Mulai dari hal teknis, kesiapan SDM, hingga soal pendidikan politik. 

NEWS | 2 Desember 2022

Bareskrim Polri Gelar Perkara Kasus Tambang Ilegal Kaltim Hari Ini

Bareskrim Polri akan melakukan gelar perkara kasus tambang ilegal di Kalimantan Timur (Kaltim) pada hari ini, Jumat (2/12/2022).

NEWS | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Sidang Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


# Pertumbuhan Ekonomi 2023


# One Championship


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kasus Tambang Ilegal Mencuat, Rumah Mewah Ismail Bolong Sepi

Kasus Tambang Ilegal Mencuat, Rumah Mewah Ismail Bolong Sepi

NEWS | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE