Logo BeritaSatu

Hadapi Lonjakan Kasus Covid-19, Uganda Berlakukan Lagi Karantina

Senin, 7 Juni 2021 | 16:25 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Kampala, Beritasatu.com- Uganda memberlakukan kembali karantina wilayah ketat pada Minggu (6/6/2021), terkait lonjakan kasus infeksi Covid-19. Seperti dilaporkan Reuters, pengumuman itu disampaikan Presiden Uganda Yoweri Museveni.

Karantina wilayah mencakup penutupan sekolah dan penangguhan perjalanan antar distrik untuk membantu mengalahkan lonjakan kasus Covid-19 di negara Afrika Timur itu.

Langkah-langkah baru tersebut efektif mulai Senin pagi, termasuk penutupan semua lembaga pendidikan, beberapa larangan bepergian, penutupan pasar terbuka mingguan, dan penangguhan layanan gereja.

“Sebagian besar pembatasan baru akan diterapkan selama 42 hari. Penilaian dampaknya kemudian akan membantu pemerintah memutuskan apakah akan melonggarkan atau memperpanjangnya,” kata Museveni.

Uganda menerapkan salah satu karantina terketat di Afrika pada awal pandemi lebih dari setahun yang lalu. Tetapi secara bertahap, karantina dicabut ketika kasus melambat menjadi sedikit.

Namun bulan lalu, infeksi mulai melonjak dan kasus-kasus baru, terutama di kalangan orang yang lebih muda, telah melonjak, memicu kekhawatiran bahwa negara itu dapat tergelincir ke dalam gelombang kedua yang tidak terkendali.

Museveni mengatakan dalam pidato yang disiarkan televisi pada Minggu malam bahwa gelombang kedua yang mencengkeram Uganda "meluas dan berkelanjutan".

Pemerintah, kata Museveni, khawatir lonjakan kasus akan "menghabiskan ruang tempat tidur yang tersedia dan pasokan oksigen di rumah sakit kecuali kitaute langkah-langkah kesehatan masyarakat yang mendesak".

“Pada gelombang ini intensitas pasien Covid-19 yang parah dan kritis serta kematiannya lebih tinggi dari yang kita alami pada gelombang pertama pandemi,” katanya.

Menurut analisis Reuters, infeksi Covid-19 di Uganda rata-rata setiap hari mencapai puncaknya, dengan 825 infeksi baru dilaporkan setiap hari. Dari Januari hingga April, tingkat kepositifan dalam sampel yang diuji sebagian besar di bawah 3%. Tetapi, menurut data Kementerian Kesehatan, angka infeksi mulai naik tajam bulan lalu, mencapai 18% pada 2 Juni.

Negara Afrika timur sejauh ini telah melaporkan hampir 53.000 kasus positif dan 383 kematian. Pembatasan baru berpotensi mengancam untuk menghentikan pemulihan ekonomi yang sudah rapuh dari pukulan yang ditimbulkan oleh karantina tahun lalu.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Keluarga Tewas di Kalideres, Polisi Tunggu Hasil Pemeriksaan Patologi Anatomi

Polda Metro Jaya menunggu hasil pemeriksaan patologi anatomi untuk menyimpulkan penyebab satu keluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat. 

NEWS | 30 November 2022

Kuasa Hukum Bharada E Gali Fakta Sarung Tangan Ferdy Sambo

Kuasa hukum Bharada E menyatakan akan menggali keterangan dari Kuat Ma'ruf dan Bripka Ricky Rizal mengenai sarung tangan yang digunakan Ferdy Sambo.

NEWS | 30 November 2022

Mangkir dari Pemeriksaan soal Tambang Ilegal, Ismail Bolong Berdalih Sakit

Ismail Bolong mangkir atau tidak memenuhi panggilan pemeriksaan penyidik Dit Tipidter Bareskrim Polri terkait kasus tambang ilegal dengan alasan sakit. 

NEWS | 30 November 2022

Ditembak OTK, Anggota Polres Yahukimo di Dekai Tewas

Orang tak dikenal atau OTK, Selasa (29/11/2022) sekitar pukul 23.09 WIT menembak Brigadir Polisi Muhammad Yusdar, anggota Polres Yahukimo hingga tewas.

NEWS | 30 November 2022

Cianjur Bangkit, Warga Sarampad Wetan Bangun Kembali Masjid

Sepekan lebih bencana gempa Cianjur, Jawa Barat, warga mulai semangat untuk kembali bangkit dari bencana.

NEWS | 30 November 2022

Kamis, Bareskrim Polri Akan Periksa Keluarga Ismail Bolong

Bareskrim Polri akan memeriksa keluarga Ismail Bolong pada Kamis (1/11/2022) terkait kepemilikan saham perusahaan dalam kasus tambang ilegal.

NEWS | 30 November 2022

Sidang Kasus Brigadir J Hari Ini, 3 Terdakwa Saling Bersaksi

Sidang perkara dugaan pembunuhan Brigadir J di PN Jaksel hari ini akan menghadirkan Bharada E, Kuat Maruf, dan Bripka RR yang saling bersaksi. 

NEWS | 30 November 2022

Polri Kerahkan 261 Personel Layani Kesehatan Korban Gempa Cianjur

Polri mengerahkan 21 dokter spesialis untuk melayani korban gempa Cianjur. Total ada 261 personel dari jajaran medis yang tangani korban gempa Cianjur.

NEWS | 30 November 2022

Korban Gempa Cianjur, Paboi: Layanan Ortopedi Butuh 4 Bulan

Paboi menyatakan tindakan medis bedah untuk korban gempa Cianjur membutuhkan waktu hingga 4 bulan.

NEWS | 30 November 2022

KPU Sebut Pelamar Calon PPK Sebanyak 304.602 Orang

KPU menyebut pelamar calon panitia pemilihan kecamatan atau PPK untuk Pemilihan Umum Serentak 2024 berjumlah 304.602 orang.

NEWS | 30 November 2022


TAG POPULER

# Ferdy Sambo


# Impor Beras


# UMP DKI Jakarta


# Pemimpin Berambut Putih


# Adian Napitupulu


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bahlil Janji Target Investasi Rp 1.200 T Tercapai Desember

Bahlil Janji Target Investasi Rp 1.200 T Tercapai Desember

EKONOMI | 23 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE