Logo BeritaSatu

10 Desa di Kepri Terlibat Korupsi Dana Desa

Kamis, 17 Juni 2021 | 22:27 WIB
Oleh : JEM

Tanjungpinang, Beritasatu.com - Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau (Kepri) mencatat 10 desa di provinsi ini terlibat kasus korupsi dana desa dalam kurun waktu dua tahun (2019-2020), namun tidak disebutkan lebih rinci nama-nama desa tersebut.

"Sepuluh desa itu tersebar di lima kabupaten se-Provinsi Kepri," kata Asintel Kejati Kepri Agustian Sunaryo di Tanjungpinang, Kamis (17/6/2021).

Asintel menyebut semua kasus korupsi dana desa tersebut sudah berkekuatan hukum tetap.

Menurut dia, permasalahan korupsi dana desa rata-rata dipicu masalah integritas kepala desa maupun aparatur desa yang secara sengaja menyelewengkan dana desa, sehingga memicu timbulnya kerugian negara.

Dia mencontohkan dana desa yang seharusnya digunakan untuk pembangunan infrastruktur, namun malah dialihkan buat keperluan pribadi kepala desa atau aparatur desa, misalnya membeli mobil pribadi dan sejenisnya.

Selain itu, korupsi dana desa biasa disebabkan minimnya pengetahuan dan pemahaman mengelola dana desa, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga pertanggungjawaban.

"Kalau ini lebih kepada masalah administrasi. Contoh, Kepala Desa atau Aparatur Desa tidak bisa membuat laporan pertanggungjawaban penggunaan dana desa," ungkap Agustian.

Kejati Kepri mendorong masing-masing kabupaten membentuk tim terpadu pengawasan dana desa melibatkan Kejaksaan Negeri (Kejari) dan pemerintah kabupaten (pemkab).

Pembentukan tim terpadu bertujuan agar tata laksana dana desa tidak menyalahi aturan dan sesuai kebutuhan desa itu sendiri.

Tim terpadu juga akan memetakan potensi korupsi dana desa yang selama ini terjadi. Apakah ini memang karena ada unsur kesengajaan atau ketidaktahuan kepala desa dan aparatur desa.

"Apalagi dana desa per desa sekitar Rp 1 miliar dan cukup besar, sementara SDM desa terbatas untuk mengelolanya. Ke depan tim terpadu harus mendampingi bagaiamana mengelola dana desa yang baik dan benar," demikian Agustian.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pasca-Gempa Cianjur, BNPB Ajak Warga yang Rumah Masih Layak Huni Kembali

BNPB melaporkan hingga hari ini, Minggu (27/11/2022), telah terdaftar 62.628 rumah yang rusak akibat gempa Cianjur.

NEWS | 28 November 2022

Ini Cara Cegah Nyeri Sendi Semakin Parah

Seiring bertambahnya usia, kekuatan tulang dan sendi juga ikut berkurang dan menjadi penyebab osteoartritis atau radang sendi.

NEWS | 27 November 2022

Persoalan Papua Harus Jadi Prioritas Panglima TNI Baru

Salah satu skala prioritas dari Panglima TNI baru adalah persoalan pengamanan di Papua

NEWS | 27 November 2022

Panglima TNI Baru Harus Pastikan Anak Buah Selalu Bersama Rakyat

Panglima TNI baru yang nantinya akan menggantikan Jenderal Andika Perkasa harus bisa memastikan anak buah selalu dekat dan berada bersama rakyat.

NEWS | 27 November 2022

Butuh Tenda Kecil, Pengungsi Gempa Cianjur Mulai Diserang Penyakit ISPA

Menurut Bupati Cianjur, tenda-tenda kecil dibutuhkan agar pengungsi bisa pindah ke depan rumahnya masing-masing guna menghindari penderita ISPA.

NEWS | 27 November 2022

Kemenkominfo Apresiasi Kerja Humas Pemerintah Selama G-20

Kemenkominfo memberi apresiasi atas hasil kerja keras kerja humas pemerintah, utamanya terkait komunikasi publik perhelatan Presidensi G-20 Indonesia.

NEWS | 28 November 2022

Longsor Tutup Jalan Lembang Maribaya

Material tanah longsor yang menutup badan jalan, membuat arus lalu lintas yang menghubungkan antardua desa dan sejumlah tempat wisata ditutup sementara.

NEWS | 27 November 2022

Ini Kronologi Helikopter Polri Hilang Kontak di Belitung Timur

Helikopter Polri hilang kontak di dekat perairan Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung pada hari ini, Minggu (27/11/2022).

NEWS | 27 November 2022

Putri Kim Jong-un Kembali Muncul, Panaskan Perdebatan Soal Suksesi

Putri Kim Jong-un pemimpin Korea Utara, kembali tampil di depan umum, kali ini dengan ilmuwan rudal dan berpose dengan tentara bersama sang ayah.

NEWS | 27 November 2022

Helikopter Hilang Kontak Milik Baharkam Membawa 4 Orang

Helikopter hilang kontak di dekat perairan Kabupaten Belitung Timur adalah milik Baharkam Polri yang dioperasikan Polda Kalimantan Tengah.

NEWS | 27 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Lakukan Satu Perubahan, Ini Susunan Pemain Spanyol vs Jerman

Lakukan Satu Perubahan, Ini Susunan Pemain Spanyol vs Jerman

SEMESTA BOLA 2022 | 38 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE