Logo BeritaSatu

Sekolah Bisa Pakai Dana BOS untuk Bayar Guru Honorer

Jumat, 18 Juni 2021 | 19:04 WIB
Oleh : Natasia Christy Wahyuni / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Aturan mengenai penggunaan dana bantuan operasional sekolah (BOS) telah dibuat fleksibel sesuai kebutuhan sekolah. Bahkan, pada Februari 2021, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim kembali mensosialisasikan penggunaan dana BOS yang disesuaikan dengan kondisi pandemi, termasuk boleh dipakai untuk melengkapi daftar periksa pembelajaran tatap muka (hand sanitizer, masker, fasilitas cuci tangan, dan lainnya) serta mengizinkan pembayaran guru honorer.

Dengan semua fleksibilitas tersebut, sekolah diharapkan tidak lagi menerapkan pungutan operasional kepada orangtua atau peserta didik. Ada 3 ketentuan penggunaan dana BOS 2021 untuk pembayaran honor. Pertama, pembayaran honor tidak dibatasi alokasi maksimal dalam kondisi darurat bencana yang ditetapkan oleh pemerintah pusat dan/atau pemerintah daerah. Kedua, pembayaran honor maksimal 50% untuk sekolah negeri dan swasta dalam kondisi normal. Ketiga, honor dapat diberikan kepada tenaga kependidikan apabila dana masih tersedia.

Advertisement

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 6 tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis BOS 2021, pembayaran honor diberikan kepada guru dengan persyaratan:

  • Berstatus bukan aparatur sipil negara
  • Tercatat pada Dapodik
  • Memiliki nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan
  • Belum mendapatkan tunjangan profesi guru

Sedangkan, persentase honor maksimal 50% bisa dikecualikan pada masa penetapan status bencana alam/non-alam yang ditetapkan pemerintah pusat dan/atau pemerintah daerah dengan persyaratan:

  • Berstatus bukan aparatur sipil negara
  • Tercatat pada Dapodik
  • Belum mendapatkan tunjangan profesi
  • Melaksanakan proses pembelajaran secara tatap muka atau pembelajaran jarak jauh

Pada 2021, pemerintah mengalokasikan Rp 52,5 triliun dana BOS bagi 216.662 satuan pendidikan jenjang SD, SMP, SMA/SMK, dan SLB di Indonesia. Mekanisme penyaluran dana BOS lebih dipermudah sejak 2020 yaitu ditransfer oleh pemerintah pusat (Kementerian Keuangan) langsung ke rekening sekolah dalam 3 kali penyaluran setiap tahun. Proses pencairan juga lebih mudah karena penetapan SK sekolah penerima dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Berbeda dengan kebijakan BOS tahun 2019 dimana penyaluran dana ke sekolah dari Kementerian Keuangan kepada rekening kas umum daerah (RKUD) provinsi. Tahapan penyaluran dilakukan 4 kali per tahun dengan penetapan SK oleh pemerintah provinsi sehingga prosedurnya sering terlambat karena masalah birokrasi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Satu Abad NU, Denny Malik Tertantang Buat Koreografi untuk 12.000 Anggota Banser

Denny Malik mengaku tertantang menjadi koreografer bagi 12.000 anggota Banser saat puncak peringatan Harlah Satu Abad NU atau Nahdlatul Ulama. 

NEWS | 28 Januari 2023

Tempat Penimbunan BBM di Cilegon Kebakaran, Terdengar Suara Ledakan

Kebakaran melanda tempat penimbunan BBM di Kota Cilegon, Jumat (27/1/2023) malam. Terdengar beberapa kali suara ledakan. Sebanyak 2 mobil dan 6 motor hangus.

NEWS | 28 Januari 2023

Angkot Terbalik dan Tabrak Motor di Mandailing Natal, 1 Orang Tewas

Kecelakaan lalu lintas terjadi di Mandailing Natal. Sebuah angkot menabrak motor yang menyebabkan satu orang meninggal dan tiga lainnya terluka. 

NEWS | 28 Januari 2023

Puncak Peringatan Harlah Satu Abad NU Digelar 7 Februari 2023

Puncak Peringatan Harlah Satu Abad NU atau Nahdlatul bakal digelar meriah dan diramaikan sejumlah musisi ternama Tanah Air pada 7 Februari 2023. 

NEWS | 28 Januari 2023

29 Rumah di Lumajang Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Sebanyak 29 rumah warga di Dusun Krajan, Desa Barat, Kecamatan Padang, Kabupaten Lumajang rusak diterjang angin puting beliung, Jumat (27/1/2023). 

NEWS | 28 Januari 2023

KLHK Perkuat Penegakan Hukum Lingkungan yang Adil dan Nyata

KLHK memperkuat kerja sama dan kolaborasi antar pihak guna mendorong penegakan hukum lingkungan yang adil dan berdampak nyata.

NEWS | 28 Januari 2023

Ibu Mahasiswa UI: Anak Saya Ditabrak dan Dilindas, Mungkinkah Jadi Tersangka?

Ira Adi Saputra, ibu almarhum Hasya Atallah mahasiswa UI yang tewas ditabrak mengaku kecewa sang anak justru ditetapkan polisi sebagai tersangka.

NEWS | 27 Januari 2023

Jurusan Bisnis Masih Pilihan Favorit Calon Mahasiswa

Rektor IBI Kwik Kian Gie, Hisar Sirait mengatakan belajar di jurusan bisnis menjadi investasi masa depan karena membuka kesempatan di pasar kerja global.

NEWS | 28 Januari 2023

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi III Dorong Humas Perguruan Tinggi Kolaborasi

Dikti mendorong agar Humas perguruan tinggi dapat berkolaborasi antarperguruan tinggi maupun dengan media massa.

NEWS | 27 Januari 2023

Sopir Audi A8 Bantah Tabrak Mahasiswi Cianjur Selvi Amalia

Yudi Junadi, kuasa hukum keluarga Selvi Amalia Nuraini menyatakan, sopir mobil Audi A8 sudah membantah jadi pelaku tabrak lari mahasiswi Cianjur itu. 

NEWS | 27 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Angkot Terbalik dan Tabrak Motor di Mandailing Natal, 1 Orang Tewas

Angkot Terbalik dan Tabrak Motor di Mandailing Natal, 1 Orang Tewas

NEWS | 16 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE