Logo BeritaSatu

Partisipan Pilkada 2020 Tinggi, Bukti Kepercayaan Rakyat terhadap Otoritas Pemilu

Kamis, 24 Juni 2021 | 15:32 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / JEM

Jakarta, Beritasatu.com – Tingkat partisipasi pemilih pada pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak yang digelar 9 Desember 2020 mencapai 76,09% lebih tinggi 7% dibandingkan Pilkada 2005 yang mencapai 69,06%. Tingkat partisipan Pilkada 2020 lebih tinggi disaat terjadinya pandemi Covid-19, merupakan bukti kepercayaan rakyat terhadap otoritas pemilu.

Director of Program Development and Innovation Center Staffan Darnolf mengatakan partisipasi pemilih dalam sebuah pemilu bergantung pada tingkat pendidikan dan kepercayaan masyarakat kepada otoritas pemilu seperti KPU, Bawaslu, dan pemerintah.

“Terutama percaya terkait bagaimana mereka (otoritas pemilu) siap mengamankan pelaksanaan pemilunya. Paling tidak, masyarakat percaya akan merasa aman dalam memberikan suara saat terjadinya pandemi Covid-19. Ini juga menjadi faktor dalam pelaksanaan pemilu di negara-negara lain,” kata Staffan Darnolf dalam webinar Pacific Forum International dengan tema Adapting to Covid-19: Indonesia, The United States and The Indo-Pacific Election in the Time of Covid-19, Kamis (24/6/2021).

Ia mencontohkan pelaksanaan pemilu presiden Amerika Serikat (AS) yang digelar pada 3 November 2020. Saat itu, pandemi Covid-19 sudah melanda AS. Namun, pelaksanaan pemilihan presiden AS ke-59 ini justru mencatatkan rekor persentase kehadiran pemilih tertinggi sejak 1900.

Dengan kedua calon presiden mendapatkan lebih dari 74 juta suara. Jumlah ini melebihi rekor suara yang didapatkan Barack Obama yaitu 69,5 juta suara pada 2008. Joe Biden sendiri mendapatkan suara lebih dari 81 juta suara yang merupakan suara tertinggi sepanjang sejarah pemilu Presiden AS.

“Itu pengalaman yang dilakukan di AS. Kita melakukan pemilihan langsung yang masuk akal. Jadi dilakukan dengan cara memilih di awal selama periode pemilihan. Mereka bisa datang secara fisik ke tempat pemungutan suara. Ini dilakukan berminggu-minggu, sehingga antrian pemilih tidak terlalu banyak,” ujar Staffan Darnolf.

Sementara itu, Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Fritz Edward Siregar mengatakan alasan tingkat partisipan Pilkada 2020 lebih tinggi dibandingkan pilkada lima tahun lalu, bukan karena waktu pelaksanaannya saat pandemi atau bukan pandemi.

“Itu karena, pilkada dirasakan sudah sangat dekat kepada masyarakat. Pemimpin daerah mempunyai mesin-mesin daerah, seperti budaya lokal, yang bekerja dengan baik memperkenalkan pilkada kepada masyarakat,” kata Fritz Edward Siregar.

Tidak hanya itu, berbagai isu untuk membatalkan pilkada serentak juga marak di berbagai media. Terjadi perdebatan dan diskusi ditengah-tengah masyarakat.

Juga adanya kerja keras dari KPU dan seluruh penyelenggara pemilu untuk memastikan masyarakat aman datang ke tempat pemungutan suara (TPS). Sehingga masyarakat mempercayai proses pelaksanaan pemilu membuat mereka aman dari penularan Covid-19.

“Saya juga melihat akuntabilitas pemerintah dan lembaga-lembaga pemerintah bahwa pemilu ini adalah pekerjaan yang perlu kita kerjakan bersama-sama. Itu berjalan dengan baik,” tutur Fritz Edward Siregar.

Masih dalam acara yang sama, Komisioner KPU Evi Novida Ginting menegaskan tingkat partisipan yang tinggi pada Pilkada 2020 merupakan suatu keberhasilan KPU dalam menyakinkan masyarakat bahwa mereka akan tetap aman dari penularan Covid-19 ketika datang ke TPS.

“Bagi kita, KPU berhasil meyakinkan masyarakat, bahwa TPS itu sehat. Anda datang ke TPS sehat, maka keluar TPS sehat juga,” ujar Evi Novida Ginting.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bareskrim Limpahkan 3 Tersangka Korupsi Kredit Bank Jateng

Bareskrim Polri melimpahkan tiga tersangka dan barang bukti kasus dugaan korupsi pemberian kredit proyek BPD Jawa Tengah (Jateng) cabang Jakarta.

NEWS | 1 Desember 2022

Kuasa Hukum Hendra Kurniawan dan Agus Cecar Saksi dari Divisi Propam

Kuasa Hukum terdakwa Hendra Kurniawan dan Agus Nurpatria, Henry Yosodingrat mencecar saksi Radite Hernawa yang merupakan Divisi Propam Polri.

NEWS | 1 Desember 2022

Karang Taruna Dukung Pemerintah Wujudkan Kesejahteraan

Ketua Umum Karang Taruna, Didik Mukrianto pihaknya mendukung dan konsisten bersama pemerintah mengurai persoalan, termasuk mewujudkan kesejahteraan sosial.

NEWS | 1 Desember 2022

Saksi dari Timsus Polri Beberkan Kejanggalan Kasus Brigadir J

Saat hadir sebagai saksi di sidang Hendra Kurniawan, salah satu timsus Polri, Agus Saripul Hidayat membeberkan kejanggalan kasus Brigadir J. 

NEWS | 1 Desember 2022

Kasus Suap, Eks Kepala BPN Riau M Syahrir Ditahan KPK

KPK menahan mantan Kepala Kanwil BPN Riau M Syahrir, tersangka kasus dugaan suap terkait pengurusan dan perpanjangan HGU di Kanwil BPN Riau. 

NEWS | 1 Desember 2022

Bertambah, Pengungsi Gempa Cianjur Mencapai 114.414 Orang

Jumlah pengungsi akibat gempa Cianjur bertambah menjadi sebanyak 114.414 orang sementara sehari sebelumnya 109.386 orang. 

NEWS | 1 Desember 2022

CCTV Rumah Ferdy Sambo 26 Kali Dimatikan secara Paksa

CCTV rumah Ferdy Sambo di Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan, 26 kali dimatikan secara paksa.

NEWS | 1 Desember 2022

Sufmi Dasco Jadi Profesor, Prabowo: Guru Besar Penentu Peradaban Bangsa

Terkait pengukuhan Sufmi Dasco Ahmad sebagai profesor, Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto menegaskan guru besar merupakan penentu peradaban bangsa.

NEWS | 1 Desember 2022

Update Gempa Cianjur, 329 Orang Meninggal dan 595 Luka Berat

Bupati Cianjur, Herman Suherman menyampaikan hingga saat ini terdapat 349 orang meninggal dunia dan 595 orang luka berat akibat gempa Cianjur. 

NEWS | 1 Desember 2022

KLHK Raih Peringkat Pertama Indonesia SDGs Action Awards 2022

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) meraih peringkat pertama Indonesia SDGs Action Awards 2022 kategori kementerian/lembaga.

NEWS | 1 Desember 2022


TAG POPULER

# Sidang Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


# Pertumbuhan Ekonomi 2023


# One Championship


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bareskrim Limpahkan 3 Tersangka Korupsi Kredit Bank Jateng

Bareskrim Limpahkan 3 Tersangka Korupsi Kredit Bank Jateng

NEWS | 9 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE