Logo BeritaSatu

StartUp Campus Wadah Mahasiswa Kembangkan Kompetensi Inovasi Digital

Rabu, 30 Juni 2021 | 16:09 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Program StartUP Campus 2021 resmi digelar sebagai wadah inkubator bisnis rintisan (startup) nasional di dunia pendidikan. Program ini mengajak mahasiswa di seluruh Indonesia memaksimalkan kompetensi menghasilkan ide startup yang bernilai, bermanfaat, dan layak. Diinisiasi Achmad Zaky Foudation dan didukung Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek), StartUp Campus menjadi bagian implementasi program Kampus Merdeka.

Pembina Achmad Zaky Foundation, Achmad Zaky memaknai StartUP Campus sebagai momentum untuk memberikan kesempatan generasi muda Indonesia mendapatkan ilmu dan keterampilan secara langsung di dunia startup. Dengan banyaknya keterlibatan mahasiswa, diharapkan startup nasional akan terus bertumbuh dan memiliki daya saing di bidang teknologi digital.

"Industri digital bertumbuh dengan cepat di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Kami percaya potensi generasi muda Indonesia di sektor teknologi dan kreatif sangat besar," kata Zaky talkshow program StartUP Campus bertajuk “Ciptakan Indonesia Unggul lewat Generasi Inovator Digital” di Jakarta, seperti dikutip dalam keterangannya Rabu (30/6/2021).

Indonesia merupakan salah salah satu negara terbanyak yang melahirkan startup-startup terbaik di dunia. Tercatat Indonesia menempati peringkat lima dengan jumlah startup terbanyak yaitu sekitar 2.967 yang dilansir situs startupranking.com.

Zaky menjelaskan StartUp Campus memiliki semangat yang sama dengan Kampus Merdeka Kemdikbudristek, yaitu memberikan kesempatan kepada akademisi untuk mendapatkan pengalaman langsung membangun karir dan bisnis di dunia startup. “Kolaborasi merupakan hal positif untuk melahirkan lebih banyak talenta digital sehingga menghadirkan inovasi-inovasi di bidang teknologi. Kemajuan teknologi Indonesia akan sangat bergantung pada ide-ide kreatif yang bisa diwujudkan generasi mudanya.” jelasnya.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbudristek Nizam menyampaikan bahwa StarUp Campus memiliki arti penting bagi mahasiswa untuk membangun entrepreneurship. Kreativitas anak muda Indonesia harus terus diakselerasi agar bertumbuh dari startup entrepreneur hingga menjadi sociopreneur. “Pemerintah akan mendukung inisiatif untuk mengembangkan semua potensi yang dimiliki bangsa ini, termasuk melahirkan startup-startup sociopreneur berstandar internasional,” ucap Nizam.

Dalam kesempatan yang sama, Managing Partner of 500 Startups Khailee Ng menyampaikan, StartUp Campus merupakan kesempatan bagi mahasiswa di Indonesia untuk menunjukkan kemampuannya dalam menciptakan karya dan inovasi digital. “Kami ingin program ini dapat mendorong mahasiswa di seluruh Indonesia untuk merintis karir sebagai innovator di dunia startup nasional dengan ide dan inovasi yang orisinil,” ucapnya.

Managing Director Endeavor Indonesia, Wayah Surya Wiroto menjelaskan bahwa Endeavor siap berkolaborasi dengan Achmad Zaky Foundation dalam program StartUP Campus ini dengan menyediakan para founders dari endeavor entrepreneurs. “Saat ini di Indonesia Endeavour memiliki 61 endeavor entrepreneur yang mewakili 47 startup. Sementara di seluruh dunia Endeavour punya 2.200 endeavor entrepreneur dan didukung sekitar 3.000 mentors yang bisa berpartisipasi dalam program StartUp Campus," kata dia.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen Mundur dari Ketua Partai Progresif Demokratik

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen mundur dari ketua Partai Progresif Demokratik yang berkuasa.

NEWS | 26 November 2022

Pramono Anung Ingatkan Kader PDIP Target Hattrick pada Pemilu 2024

Pramono Anung mengingatkan seluruh jajaran kader PDIP soal target meraih hattrick atau tiga kali kemenangan berturut-turut pada Pemilu 2024.

NEWS | 26 November 2022

Wamenag Ingatkan Santri Siap Hadapi Tantangan Baru

Wakil Menteri Agama mengingatkan bahwa zaman terus berubah dan santri harus menghadapi tantangan tantangan baru masa kini.

NEWS | 26 November 2022

PT KAI Pastikan Tak Ada Korban di Gerbong Anjlok di Kampung Bandan

PT KAI Kereta Api Commuter memastikan tak ada korban jiwa dalam peristiwa gerbong anjlok kereta rel listrik (KRL) di sekitaran stasiun Kampung Bandan.

NEWS | 26 November 2022

Platform Merdeka Mengajar: 1,6 Juta Guru Belajar dan Berbagi

Lebih dari 1,6 juta guru di seluruh Indonesia terkoneksi untuk saling belajar dan berbagi melalui platform Merdeka Mengajar.

NEWS | 26 November 2022

Dian Meninggal Terakhir di Keluarga Tewas di Kalideres, Jasad Ibu Termumifikasi

Kombes Hengki Haryadi mengatakan, diduga yang terakhir meninggal dunia dari sekeluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat, adalah korban bernama Dian (40).

NEWS | 26 November 2022

Viral Video Angin Puting Beliung Terjang Tenda Resepsi Pernikahan

Sebuah video amatir menjadi viral karena merekam angin puting beliung yang memporak-porandakan resepsi pernikahan warga di Kampung Kukun, Cikarang.

NEWS | 26 November 2022

Sekjen PDIP Bawa Oleh-oleh Khusus untuk Megawati Soekarnoputri

Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri mendapatkan hadiah khusus berupa tanaman Puring.

NEWS | 26 November 2022

Kosgoro 1957: Soliditas dengan Rakyat Kunci Kemenangan Pemilu

Ketum Kosgoro 1957 Dave Laksono meminta kadernya di seluruh Indonesia membangun soliditas dengan rakyat.

NEWS | 26 November 2022

Guru dan Tenaga Kependidikan Inspiratif Dapatkan Apresiasi

Kemendikbudristek memberikan apresiasi kepada guru dan tenaga kependidikan melalui Apresiasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Inspiratif 2022.

NEWS | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Lionel Messi dan Enzo Fernandez Angkat Kembali Pamor Argentina

Lionel Messi dan Enzo Fernandez Angkat Kembali Pamor Argentina

SEMESTA BOLA 2022 | 1 jam yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE