Logo BeritaSatu

Hari Bayangkara ke-75, Polri Diminta Benahi Internal

Kamis, 1 Juli 2021 | 10:03 WIB
Oleh : Fana F Suparman / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) hari ini tepat berusia 75 tahun. Usia yang tak muda bagi sebuah organisasi yang seharusnya bertugas melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat.

Pengamat Kepolisian Bambang Rukminto menilai terdapat sejumlah perbaikan yang dilakukan Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo belakangan ini untuk meningkatkan pelayanan, seperti revitalisasi pengaduan call center 110, tilang elektronik dan lainnya. Namun, Bambang menilai upaya-upaya perbaikan yang dilakukan masih sporadis dan belum terintegrasi dengan upaya membangun sistem internal yang lebih baik.

Advertisement

"Upaya meningkatkan pelayanan itu baik, tetapi akan lebih baik lagi bila juga diiringi pembenahan di internal," kata Bambang kepada Beritasatu.com, Kamis (1/7/2021).

Bambang yang merupakan Peneliti dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) menilai jargon "Presisi", atau prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan, menunjukkan adanya tekad Polri untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat. Namun, Bambang meminta Korps Bhayangkara untuk tidak melupakan jargon sebelumnya, yakni "Promoter", atau profesional, modern dan terpercaya, yang merupakan semangat perbaikan internal. Ditekankan, tanpa perbaikan sistem internal yang substansial, setiap pergantian pucuk pimpinan hanya menjadi momentum untuk mengganti jargon. Padahal, perubahan zaman menuntut Polri untuk bergerak cepat membenahi organisasi.

"Kalau tidak membuat sistem yang baik, ke depan ganti Kapolri ujung-ujungnya ya cuma akan ganti jargon, tanpa ada pembenahan yang substansial baik ke dalam organisasi Polri maupun ke luar masyarakat. Tuntutan era sekarang ini jelas jauh berbeda dengan 10 atau 20 tahun lalu. Makanya organisasi Polri ini juga harus bergerak cepat membenahi diri," katanya.

Pembenahan internal Polri secara terintegrasi diperlukan lantaran masih banyak anggota yang melanggar aturan dan disiplin. Diungkapkan, masih banyak anggota Polri yang terlibat pungli terkait pelayanan pada masyarakat hingga permainan dalam proses penegakan hukum terkait pidana narkoba, lingkungan hidup dan lainnya sebagainya. Ditegaskan, paradigma polisi adalah penegak hukum yang tahu semua hukum, dan berkuasa pada penegakan hukum sehingga bisa tak tersentuh hukum itu sendiri sudah sepatutnya dihilangkan dari mindset semua anggota Polri.

"Makanya ini perlu dibenahi secara menyeluruh dan terintegrasi dalam satu sistem. Artinya belum ada sistem di kepolisian yang bisa memastikan bahwa masing-masing bagian itu bekerja on the track," katanya.

Bambang mengungkapkan, salah satu contoh yang menonjol, yakni saat Presiden Joko Widodo menelepon Kapolri untuk mengatasi pungli dan premanisme di Tanjung Priok beberapa waktu lalu. Padahal ada Satgas Saber Pungli yang sudah terbentuk pada 2016 yang dikoordinasikan Irwasum Polri.

"Ini menunjukan bahwa selama ini bidang-bidang ini tidak bekerja semestinya sesuai yang diharapkan masyarakat. Dan itu adalah puncak-puncak gunung es. Di dalamnya masih banyak yang harus dibenahi," katanya.

Persoalan lainnya, kata Bambang, pembangunan SDM Polri yang masih jauh dari merit system. Kondisi itu mengakibatkan promosi jabatan hanya berdasar kedekatan-kedekatan yang melahirkan adanya gerbong-gerbong.

"Siapa dekat dengan siapa, titipan siapa dan lain-lain. Ini jelas akan mengganggu spirit profesional anggota yang berprestasi," katanya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Top News, Penembakan Calon Anggota DPD hingga Pengakuan Duloh Setubuhi Korbannya

Berita penembakan calon anggota DPD RI Bengkulu hingga pengakuan Duloh bersetubuh dengan mertua Wowon menjadi berita terpopuler

NASIONAL | 4 Februari 2023

Korban Gempa Cianjur Diminta Pastikan Termasuk Penerima Bantuan Perbaikan Rumah

Warga korban gempa di Cianjur diminta memastikan rumahnya masuk dalam penerima bantuan perbaikan rumah yang sudah diumumkan di sejumlah desa terdampak.

NASIONAL | 4 Februari 2023

Kesehatan Lukas Enembe, Komnas HAM dan KPK Lakukan Koordinasi

Guna memastikan diperhatikannya hak-hak tahanan dalam hal ini Gubernur Papua nonaktif Lukas Enembe, Komnas HAM melakukan koordinasi dengan KPK.

NASIONAL | 3 Februari 2023

Bakamla RI Berpartisipasi Latihan Sea Lion SAR Avitex

Bakamla RI berpartisipasi dalam latihan yang digelar Turkish Coast Guard karena kedua negara menghadapi tantangan serupa dalam menjaga keamanan wilayah

NASIONAL | 16 Mei 2022

Kepala BNPT Apresiasi Upaya ESQ Jaga Pancasila dan NKRI

Upaya ESQ guna menjaga Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) mendapatkan apresiasi.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Kapolda Jatim: Sopir Bus Maut Berpotensi Tersangka

Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta  menyatakan, sopir bus maut berpotensi menjadi tersangka karena diduga mengantuk.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Gelombang Tinggi Hantam Puluhan Warung di Pantai Bagedur

Gelombang tinggi kembali menerjang objek wisata Pantai Bagedur di Sukamanah, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Banten.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Bencana Tanah Bergerak Robohkan Rumah Warga di Lebak

Rumah warga di Jampang Cikoneng, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, roboh hingga rata dengan tanah akibat terdampak tanah bergerak.

NASIONAL | 16 Mei 2022

KSPSI Salurkan Paket Bantuan Kapolri untuk Buruh di Maluku Utara

KSPSI menyalurkan 1.000 paket bantuan sembako dari Kapolri untuk buruh di Maluku Utara di site PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP).

NASIONAL | 16 Mei 2022

Gunung Merapi Tercatat Alami 77 Kali Gempa Guguran

Gunung Merapi mengalami 77 kali gempa guguran selama periode pengamatan pada Minggu (15/5/2022) pukul 00.00-24.00 WIB.

NASIONAL | 16 Mei 2022


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Oknum Pedagang di Pasar Induk Beras Cipinang Oplos Beras Pemerintah

Oknum Pedagang di Pasar Induk Beras Cipinang Oplos Beras Pemerintah

NEWS | 28 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE