Logo BeritaSatu

Unhan Gelar Pelatihan Darurat Penanganan Covid-19

Jumat, 9 Juli 2021 | 14:40 WIB
Oleh : Asni Ovier / AO

Bogor, Beritasatu.com - Guna mengantisipasi peningkatan drastis jumlah pasien Covid-19, Universitas Pertahanan (Unhan) menyelenggarakan pelatihan darurat Covid-19 bagi seluruh dosen Fakultas Kedokteran Militer (FKM) dan Fakultas Farmasi Militer (FFM). Pelatihan juga melibatkan seluruh Kadet Mahasiswa S1 dari 10 program studi (prodi) di Unhan.

Dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat (9/7/2021) disebutkan, pelatihan yang digelar secara hibrida ini bertujuan untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk yang terjadi. Pelatihan juga sekaligus untuk mengerahkan para dosen dan kadet mahasiswa Unhan untuk terjun langsung menangani pasien Covid-19 di Tanah Air.

Pelatihan dibukan secara resmi oleh Rektor Unhan, Laksamana Madya (Laksdya) Amarulla Octavian, Jumat (9/7/2021). Pelatihan yang berlangsung selama 2 minggu itu dimulai hari ini sampai 23 Juli 2021.

Menggunakan model kasus di India dan beberapa negara, simulasi jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di seluruh provinsi di Indonesia melalui super matematika dapat meningkat secara kuadrat eksponensial. Simulasi tersebut menggunakan berbagai macam variabel, seperti ketersediaan rumah sakit, jumlah tenaga kesehatan, fasilitas kesehatan, serta bermacam sarana dan prasarana.

Pelatihan dasar tersebut diarahkan untuk membekali para dosen dan kadet mahasiswa S1 Unhan dengan berbagai kompetensi mulai dari melindungi diri sendiri, sanitasi dan dekontaminasi, logistik obat dan vaksin, hingga penggunaan berbagai peralatan dan instrumen dalam menangani pasien.

Para instruktur terdiri atas para dosen di FKM, FFM, para ahli dari RSDC Wisma Atlet, Pusdiklat BNPB, RSPAD Gatot Subroto, RSUD Bogor, dan RS TNI AD Salak. Pada akhir pelatihan akan dilakukan post test dan simulasi kedaruratan.

Rektor Unhan mengatakan, pelatihan ini dapat dinilai sebagai wujud nyata program bela negara dalam menghadapi ancaman nonmiliter di lingkungan lembaga pendidikan. Diharapkan, semua fakultas kedokteran, fakultas farmasi dan/atau fakultas lainnya di seluruh perguruan tinggi di Indonesia dapat turut serta menyelenggarakan pelatihan serupa secara mandiri sebagai upaya antisipasi mobilisasi umum mengatasi lonjakan kasus Covid-19.

“Meskipun ada mekanisme bantuan dari internasional, tetapi kita semua harus siap dan mandiri untuk menyelamatkan Indonesia,” ujar Rektor Unhan Laksdya Amarulla Octavian.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kasus Positif Covid-19 di Indonesia Didominasi XBB dan BQ.1

Kasus positif Covid-19 selama satu minggu ini mengalami penurunan meski di 12 provinsi justru terjadi peningkatan.

NEWS | 2 Desember 2022

Lebih 200 WNI Pemetik Buah di Inggris Terkatung-katung dan Terbelit Utang

Lebih dari 200 WNI yang bekerja memetik buah di Inggris hidup terkatung-katung dan terbelit utang hingga ratusan juta rupiah.

NEWS | 2 Desember 2022

Suara Bulat, Komisi I DPR Setujui Yudo Margono Jadi Panglima TNI

Komisi I DPR menyetujui Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI dengan suara bulat, tanpa lewat voting.

NEWS | 2 Desember 2022

Pemberhentian dengan Hormat Jenderal Andika Perkasa Disetujui

Komisi I DPR menyetujui pemberhentian dengan hormat Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI, Jumat (2/12/2022).

NEWS | 2 Desember 2022

Hasil Gelar Perkara Tambang Ilegal Tak Disampaikan, Ini Alasan Polri

Bareskrim Polri menyatakan tidak menyampaikan hasil gelar perkara kasus tambang ilegal untuk kepentingan investigasi selanjutnya.

NEWS | 2 Desember 2022

Hingga Hari Ini, Gempa Susulan di Cianjur Terjadi 373 Kali

Gempa susulan di Cianjur, Jawa Barat hingga saat ini sudah terjadi sebanyak 373 kali hingga hari ini, Jumat (2/12/2022) sore.

NEWS | 2 Desember 2022

Telkom Raih Penghargaan Indonesia's SDGs Action Awards 2022

Penghargaan ini diserahkan Menteri Bappenas Suharso Monoarfa dan diterima langsung oleh Direktur Human Capital Management (HCM) Telkom, Afriwandi.

NEWS | 2 Desember 2022

Zulhas: PAN Pertimbangkan Aspirasi Dukung Ganjar untuk 2024

Zulhas menampung aspirasi dari DPW PAN Jawa Tengah (Jateng) untuk mencalonkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden PAN di Pemilu Presiden 2024.

NEWS | 2 Desember 2022

Hingga Hari Ini, Rumah Rusak Akibat Gempa Cianjur 29.989 Unit

Bupati Cianjur Herman Suherman mengungkapkan, total rumah rusak akibat gempa Cianjur, Jawa Barat hingga hari ini, Jumat (2/12/2022) mencapai 29.989 unit.

NEWS | 2 Desember 2022

Pemilu 2024, Yudo Margono Pastikan TNI Bakal Netral

Laksamana Yudo Margono memastikan bahwa TNI akan tetap netral pada pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang.

NEWS | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Soal Risiko Stadion Bubble Liga 1, Ini Penjelasan Polri

Soal Risiko Stadion Bubble Liga 1, Ini Penjelasan Polri

BOLA | 9 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE