Logo BeritaSatu

Jessica Widjaja Wakili Indonesia dalam Konferensi "Universal Peace Federation-Asia Pasific"

Sabtu, 10 Juli 2021 | 13:36 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Universal Peace Federation - Asia Pasific menyelenggarakan Konferensi Kepemimpinan Internasional "Think Tank 2022" Dengan tema "Toward Place on The Korean Peninsula: Peace & Security". Acara ini dilaksanakan secara daring pada tanggal 7-8 Juli yang terbagi dalam 8 sesi.

Acara ini menghadirkan puluhan pembicara yang merupakan tokoh-tokoh pemimpin dunia dan pejabat negara. Indonesia berkesempatan menyuarakan pandanganya melalui Dr. Jessica N.Widjaja, Kepala Delegasi W20 G20 Indonesia sebagai pembicara di sesi ke-6 dengan tema "Strategi Indo Pasifik yang Muncul Setelah Implikasi KTT G7 bagi Korea."

Advertisement

Jessica menyampaikan bahwa KTT G7 2021 telah menempatkan hubungan masa depan dengan Tiongkok sebagai agenda utama. "Cornwall G7 telah dibentuk untuk mengembangkan aliansi luas melawan Tiongkok yang semakin agresif, Tiongkok telah dianggap sebagai satu kebangkitan kekuatan global," terang Jessica melalui keterangan, Sabtu (10/7/2021).

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa meskipun demikian, Korea Selatan sebagai negara undangan tidak akan menjadi bagian dari Join Statement G7. "Menteri Luar Negeri Korea Selatan, Cung Eui-yong mengatakan bahwa Korsel sangat mementingkan perkembangan kemitraan strategis bilateral dengan Tiongkok," papar Jessica.

Ketua The Grandeurs Center Indonesia ini mengatakan bahwa Tiongkok dan Korsel harus mematuhi konsesnsus politik mereka. "Posisi Korea Selatan sebelum pertemuan G7 yang berkaitan dengan Tiongkok adalah untuk mencegah mereka jatuh ke dalam dilema dimana G7 dapat membujuk mereka untuk mengambil sikap lebih tegas terhadap Tiongkok," ujar Jessica.

Ia juga menjelaskan ekspansi ekonomi, politik dan militer Tiongkok ke Indo-Pasifik, telah menghadapi resistensi yang meningkat dari berbagai negara. "Setelah dampak Covid dan penurunan ekonomi global, mereka yang khawatir tentang Tiongkok, memiliki keinginan lebih untuk melawan ekspansinya," ungkapnya.

Doktor yang telah menerbitkan 4 judul buku ini berpandangan bahwa, Beijing kehilangan teman karena kebijakan luar negerinya. "Xi Jin Ping mengambil garis keras di dalam dan luar negeri, memprovokasi ketegangan dan mempengaruhi hubunganya dengan Amerika serikat juga Australia dan India!" tegas Jessica.

Selain itu, menurut Jessica, Xi Jin Ping telah mengambil kebijakan untuk mengurangi ketergantungan Tiongkok terhadap ekonomi global, sehingga memberikan implikasi signifikan terhadap negara-negara lain. "Tiongkok sedang mengisolasi diri dan seakan menegaskan bahwa mereka memiliki kekuatan dan kepentingan yang besar," ucapnya.

Terakhir ia menyampaikan, kerja sama militer antara Australia, Jepang dan Amerika Serikat telah terjalin dengan baik. "Ditambah dengan partisipasi India dalam 'NATO Pasifik' membuat Tiongkok harus mengkaji kembali kebijakannya agar tidak menambah ketegangan yang membuat Washington menjalin aliansi luas untuk melawan agresi mereka," pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Hari Ini, Sebagian Kota Besar di Indonesia Berawan

Cuaca hari ini, BMKG memprakirakan sebagian kota besar di Indonesia berawan. Cuaca berawan dengan suhu berkisar 19 sampai 31 derajat Celcius.

NEWS | 28 Januari 2023

Ular Piton Sepanjang 5,5 Meter dan Berbobot 130 Kg Masuk Pekarangan Warga

Warga Kota Solok dihebohkan dengan penemuan ular piton raksasa sepanjang 5,5 meter dengan bobot sekitar 130 kilogram masuk pekarangan warga.

NEWS | 28 Januari 2023

Cukup Lewat Molina, WNA Bisa Langsung Ajukan Visa Kunjungan dan Perpanjangan

WNA kini sudah dapat mengajukan permohonan Visa Kunjungan Wisata dan Visa Kunjungan Pra-Investasi di website molina.imigrasi.go.id mulai Kamis, 26 Januari 2023

NEWS | 28 Januari 2023

Buaya Muara di Wisata Akar Seribu Jepara Kembali Lepas

Seekor buaya muara di objek wisata Akar Seribu, Kabupaten Jepara kembali lepas pada Jumat sore kemarin.

NEWS | 28 Januari 2023

Waspada! Gunung Anak Krakatau Sudah Erupsi Empat kali

Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, Provinsi Lampung, sejak Jumat siang hingga Jumat malam sudah empat kali mengalami erupsi.

NEWS | 28 Januari 2023

Firli Minta Dukungan Publik dalam Memburu Harun Masiku Cs

Ketua KPK Firli Bahuri meminta dukungan publik dalam memburu keberadaan para buronan, termasuk Harun Masiku.

NEWS | 28 Januari 2023

Polda Belum Pastikan Mobil yang Tabrak Mahasiswi hingga Tewas di Cianjur

Polda Jabar belum memastikan mobil yang tabrak lari mahasiswi bernama Selvi Amelia Nuraeni hingga tewas di Cianjur.

NEWS | 28 Januari 2023

Top 5 News: Eks Wali Kota Blitar Terlibat Perampokan hingga BCA Komentari Pembobolan Bank

Mantan Wali Kota terlibat perampokan dan Lukas Enembe menolak kontrol kesehatan di RSPAD merupakan dua dari lima berita terpopuler (top 5 news).

NEWS | 28 Januari 2023

Satu Abad NU, Denny Malik Tertantang Buat Koreografi untuk 12.000 Anggota Banser

Denny Malik mengaku tertantang menjadi koreografer bagi 12.000 anggota Banser saat puncak peringatan Harlah Satu Abad NU atau Nahdlatul Ulama. 

NEWS | 28 Januari 2023

Tempat Penimbunan BBM di Cilegon Kebakaran, Terdengar Suara Ledakan

Kebakaran melanda tempat penimbunan BBM di Kota Cilegon, Jumat (27/1/2023) malam. Terdengar beberapa kali suara ledakan. Sebanyak 2 mobil dan 6 motor hangus.

NEWS | 28 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Hari Ini, Sebagian Kota Besar di Indonesia Berawan

Hari Ini, Sebagian Kota Besar di Indonesia Berawan

NEWS | 12 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE