Logo BeritaSatu

24 Tahun Terpisah, Ayah Temukan Anaknya yang Diculik

Rabu, 14 Juli 2021 | 11:59 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Beijing, Beritasatu.com- Guo Gangtang, seorang ayah di Tiongkok bertemu kembali dengan putranya yang diculik setelah pencarian selama 24 tahun. Setelah menempuh perjalanan 500.000 km dengan sepeda motor, dia menemukan putranya yang telah lama hilang di provinsi Henan.

Seperti dilaporkan Al Jazeera, Putra Guo Gangtang baru berusia dua tahun lima bulan ketika dia diculik dari depan rumah keluarga di provinsi Shandong timur, tempat dia bermain tanpa pengawasan.

“Para penyelundup menculik bocah itu dan menjualnya ke satu keluarga di Tiongkok tengah,” kata kementerian keamanan publik, Selasa.

Penculikan dan perdagangan anak menyebar luas di Tiongkok pada 1980-an, ketika aturan satu-anak yang kejam ditegakkan, dan obsesi budaya terhadap anak laki-laki memicu permintaan untuk anak laki-laki yang diculik.

Setelah bertahun-tahun mencari, polisi mengatakan kepada Guo pada Minggu (11/7) bahwa tes DNA mengonfirmasi seorang guru berusia 26 tahun yang tinggal di provinsi Henan tengah adalah putranya yang telah lama hilang.

Guo terlihat menangis di telapak tangannya sementara istrinya memeluk putra mereka, Guo Zhen, selama acara reuni dalam satu foto yang dirilis pada Selasa oleh kementerian keamanan publik.

“Sekarang anak itu telah ditemukan, semuanya hanya bisa bahagia mulai sekarang,” kata Guo sambil menangis dalam satu video yang dirilis oleh China News Service yang dikelola pemerintah.

Setelah sang putra diculik pada tahun 1997, Guo yang saat itu berusia 27 tahun berhenti dari pekerjaannya dan melintasi negara itu dengan sepeda motor dengan bendera besar bertuliskan foto putranya diikat ke belakang.

Perjuangan Guo sepanjang 500.000 km – termasuk melawan perampok jalan raya, dan tidur di bawah jembatan. Dia bahkan mengemis ketika uangnya habis. Kisah Guo menginspirasi film laris Tiongkok tahun 2014, Lost and Love.

Selama bertahun-tahun, Guo telah membantu tujuh keluarga lain menemukan anak-anak mereka yang hilang dan meningkatkan kesadaran tentang perdagangan anak yang masih menjadi topik tabu di Tiongkok.

Guo mengatakan kepada wartawan bahwa dia sebelumnya mengunjungi kota tempat putranya dibesarkan untuk membantu ayah lain menemukan putranya yang diculik.

Dua tersangka yang terkait dengan kasus tersebut telah ditangkap, Global Times yang dikelola pemerintah melaporkan. Polisi tidak memberikan rincian tentang keluarga yang membeli putra Guo.

Berita tentang reuni profil tinggi memicu luapan emosi di media sosial dengan lebih dari sembilan juta tampilan.

“Orang tua tidak pernah menyerah pada anak-anak mereka! Perjuangan Guo menunjukkan kedalaman cinta seorang ayah," puji seorang pengguna di Weibo, platform media sosial Tiongkok.

Sejak meluncurkan database DNA anggota keluarga yang hilang pada tahun 2016, polisi mengaku telah membantu lebih dari 2.600 orang yang diculik saat masih anak-anak untuk menemukan orang tua kandung mereka.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen Mundur dari Ketua Partai Progresif Demokratik

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen mundur dari ketua Partai Progresif Demokratik yang berkuasa.

NEWS | 26 November 2022

Pramono Anung Ingatkan Kader PDIP Target Hattrick pada Pemilu 2024

Pramono Anung mengingatkan seluruh jajaran kader PDIP soal target meraih hattrick atau tiga kali kemenangan berturut-turut pada Pemilu 2024.

NEWS | 26 November 2022

Wamenag Ingatkan Santri Siap Hadapi Tantangan Baru

Wakil Menteri Agama mengingatkan bahwa zaman terus berubah dan santri harus menghadapi tantangan tantangan baru masa kini.

NEWS | 26 November 2022

PT KAI Pastikan Tak Ada Korban di Gerbong Anjlok di Kampung Bandan

PT KAI Kereta Api Commuter memastikan tak ada korban jiwa dalam peristiwa gerbong anjlok kereta rel listrik (KRL) di sekitaran stasiun Kampung Bandan.

NEWS | 26 November 2022

Platform Merdeka Mengajar: 1,6 Juta Guru Belajar dan Berbagi

Lebih dari 1,6 juta guru di seluruh Indonesia terkoneksi untuk saling belajar dan berbagi melalui platform Merdeka Mengajar.

NEWS | 26 November 2022

Dian Meninggal Terakhir di Keluarga Tewas di Kalideres, Jasad Ibu Termumifikasi

Kombes Hengki Haryadi mengatakan, diduga yang terakhir meninggal dunia dari sekeluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat, adalah korban bernama Dian (40).

NEWS | 26 November 2022

Viral Video Angin Puting Beliung Terjang Tenda Resepsi Pernikahan

Sebuah video amatir menjadi viral karena merekam angin puting beliung yang memporak-porandakan resepsi pernikahan warga di Kampung Kukun, Cikarang.

NEWS | 26 November 2022

Sekjen PDIP Bawa Oleh-oleh Khusus untuk Megawati Soekarnoputri

Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri mendapatkan hadiah khusus berupa tanaman Puring.

NEWS | 26 November 2022

Kosgoro 1957: Soliditas dengan Rakyat Kunci Kemenangan Pemilu

Ketum Kosgoro 1957 Dave Laksono meminta kadernya di seluruh Indonesia membangun soliditas dengan rakyat.

NEWS | 26 November 2022

Guru dan Tenaga Kependidikan Inspiratif Dapatkan Apresiasi

Kemendikbudristek memberikan apresiasi kepada guru dan tenaga kependidikan melalui Apresiasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Inspiratif 2022.

NEWS | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Lionel Messi dan Enzo Fernandez Angkat Kembali Pamor Argentina

Lionel Messi dan Enzo Fernandez Angkat Kembali Pamor Argentina

SEMESTA BOLA 2022 | 2 jam yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE