Logo BeritaSatu

Antisipasi Kerumunan, Kemag Larang Pembagian Daging Kurban Pakai Kupon

Rabu, 14 Juli 2021 | 14:22 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Staf Khusus Menteri Agama Bidang Kerukunan Umat Beragama, Ishfah Abidal Aziz mengatakan, pembagian daging kurban pada Iduladha tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Khusus tahun ini, Kementerian Agama (Kemag) melarang pembagian daging kurban menggunakan kupon.

Abidal menyebutkan, kebijakan tersebut untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan. Dalam hal ini, proses pendistribusian daging kurban yang sudah dikemas secara rapi dan higienis oleh panitia dapat diantar langsung ke kediaman masing-masing warga.

“Jadi modelnya tidak membagikan kupon. Kalau membagikan kupon maka masyarakat akan datang dan berpotensi terjadinya kerumunan,” ucapnya pada dialog daring bertajuk “Sehat dan Aman Di Hari Raya Kurban”, Rabu (14/7/2021).

Abidal menyebutkan, pelaksanaan penyembelihan hewan kurban juga tidak langsung dilakukan setelah Salat Iduladha, tetapi pada sehari setelahnya yaitu pada tanggal 11, 12 dan 13 Zulhijjah.

Selain itu, Kemag juga mengimbau masyarakat agar penyembelihan hewan kurban dapat dilaksanakan di rumah potong hewan ruminansia. Akan tetapi, apabila tidak tersedia atau kapasitas penuh, maka dilaksanakan secara mandiri oleh masyarakat dengan menjalankan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

Selain itu, proses penyembelihan tidak diperbolehkan melibatkan banyak orang. Cukup yang melaksanakan penyembelihan dan pihak saksi dari kurban.

Abidal menuturkan, kebijakan tersebut berdasarkan Surat Edaran (SE) Menteri Agama Nomor 15 Tahun 2021 tentang Penerapan Protokol Kesehatan dalam Penyelenggaraan Sholat Hari Raya Idul Adha dan Pelaksanaan Qurban Tahun 1442 H/2021 M.

“Ini perlu kita lakukan dan perlu kita susun aturannya agar menjadi pendoman umat dan bagi masyarakat. Tentunya berbagai keputusan dan kebijakan fatwa yang telah dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia dan keputusan yang sudah dikeluarkan oleh ormas-ormas Islam,” kata Abidal.

Ia menyebutkan, SE merupakan upaya pemerintah melakukan perlindungan terhadap warga negara dari berbagai ancaman bahaya penularan Covid-19.

Dikatakannya, aturan tersebut dibuat sifatnya lebih detail untuk memberikan edukasi dan bimbingan kepada masyarakat bahwa penting memperhatikan lingkungan dan menjaga kesehatan diri, keluarga, dan masyarakat.

Selanjutnya, Abidal menyebutkan, selain penyembelihan hewan kurban. Kemag juga mengatur tentang pelaksanaan takbiran yang dilakukan di masjid atau musala.

Khusus untuk takbiran untuk daerah yang dinyatakan sebagai zona aman oleh pemerintah atau Satgas setempat dapat dilaksanakan 10% dari kapasitas yang ada. Namun untuk takbiran keliling ditiadakan.

“Kalau masjid atau musala itu kapasitasnya 100, maka pelaksanaan takbiran di masjid atau musala dengan kapasitas 100 maka maksimal berjumlah 10 orang. Itu pun harus menjalankan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin,” ucapnya.

Sementara untuk pelaksanaan Salat Iduladha di masjid atau musala daerah masuk pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat ditiadakan. Kebijakan serupa juga berlaku untuk daerah masuk zona merah dan oranye.

“Untuk daerah masuk zona hijau dan kuning dan dinyatakan aman oleh pemerintah setempat maupun Satgas Penanganan Covid-19 maka diperbolehkan melaksanakan Salat Iduladha dengan dengan kapasitas maksimal 50% dan harus memenuhi ketentuan dan aturan prokes yang ketat disiplin,” pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ini Sejarah Lokananta, Perusahaan Musik Tertua di Indonesia

Lokananta, adalah harta karun yang nyaris terlupakan. Titik nol industri musik Indonesia ini sempat mengalami jatuh bangun sejak didirikan pada 1956.

NEWS | 28 November 2022

Said Aqil: Utamakan Keutuhan Bangsa di Tahun Politik

Said Aqil Siroj meminta seluruh bangsa Indonesia tidak terpecah belah karena kondisi itu justru dimanfaatkan oleh kepentingan politik identita.

NEWS | 28 November 2022

Menkominfo: GPR Jadi Jembatan Komunikasi Pemerintah dan Masyarakat

Menkominfo), Johnny G. Plate mengatakan Humas Pemerintah (GPR) memiliki peran sentral dalam diseminasi informasi bagi masyarakat.

NEWS | 28 November 2022

Pasca-Gempa Cianjur, BNPB Ajak Warga yang Rumah Masih Layak Huni Kembali

BNPB melaporkan hingga hari ini, Minggu (27/11/2022), telah terdaftar 62.628 rumah yang rusak akibat gempa Cianjur.

NEWS | 28 November 2022

Ini Cara Cegah Nyeri Sendi Semakin Parah

Seiring bertambahnya usia, kekuatan tulang dan sendi juga ikut berkurang dan menjadi penyebab osteoartritis atau radang sendi.

NEWS | 27 November 2022

Persoalan Papua Harus Jadi Prioritas Panglima TNI Baru

Salah satu skala prioritas dari Panglima TNI baru adalah persoalan pengamanan di Papua

NEWS | 27 November 2022

Panglima TNI Baru Harus Pastikan Anak Buah Selalu Bersama Rakyat

Panglima TNI baru yang nantinya akan menggantikan Jenderal Andika Perkasa harus bisa memastikan anak buah selalu dekat dan berada bersama rakyat.

NEWS | 27 November 2022

Butuh Tenda Kecil, Pengungsi Gempa Cianjur Mulai Diserang Penyakit ISPA

Menurut Bupati Cianjur, tenda-tenda kecil dibutuhkan agar pengungsi bisa pindah ke depan rumahnya masing-masing guna menghindari penderita ISPA.

NEWS | 27 November 2022

Kemenkominfo Apresiasi Kerja Humas Pemerintah Selama G-20

Kemenkominfo memberi apresiasi atas hasil kerja keras kerja humas pemerintah, utamanya terkait komunikasi publik perhelatan Presidensi G-20 Indonesia.

NEWS | 27 November 2022

Longsor Tutup Jalan Lembang Maribaya

Material tanah longsor yang menutup badan jalan, membuat arus lalu lintas yang menghubungkan antardua desa dan sejumlah tempat wisata ditutup sementara.

NEWS | 27 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Lakukan Satu Perubahan, Ini Susunan Pemain Spanyol vs Jerman

Lakukan Satu Perubahan, Ini Susunan Pemain Spanyol vs Jerman

SEMESTA BOLA 2022 | 18 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE