Logo BeritaSatu

Hati-hati, PBB Ungkap Beberapa Negara Gunakan Malware untuk Mengawasi Aktivis Hingga Jurnalis

Selasa, 20 Juli 2021 | 21:12 WIB
Oleh : Grace El Dora / LES

Jenewa. Beritasatu.com – Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memberi tanda peringatan terkait laporan, bahwa pemerintah beberapa negara menggunakan perangkat lunak apa pun yang sengaja dirancang untuk menyebabkan kerusakan pada komputer atau diistilahkan malware yang memakai ponsel Israel. Tujuannya untuk memata-matai aktivis, jurnalis, dan lainnya.

Karena itu, PBB mendesak perlunya regulasi pengawasan yang lebih baik untuk teknologi. "(Laporan tentang Spyware Pegasus) mengonfirmasi kebutuhan mendesak untuk mengatur penjualan, transfer, dan penggunaan teknologi pengawasan dengan lebih baik, serta memastikan pengawasan dan otorisasi yang ketat," Kommisioner Tinggi untuk Hak Asasi Manusia (HAM) PBB Michelle Bachelet mengatakan dalam sebuah pernyataan, Selasa (20/7/2021).

Spyware adalah istilah teknologi informasi yang mengacu kepada salah satu bentuk program berbahaya yang memasang dirinya sendiri ke dalam sebuah sistem untuk mencuri data pengguna atau merusak sistem pengguna tersebut.

Investigasi kolaboratif oleh The Washington Post, The Guardian, Le Monde, dan outlet media lainnya mengungkapkan, perangkat lunak mata-mata (malware) yang digunakan berasal dari NSO Group Israel, mampu menyalakan kamera atau mikrofon ponsel dan mengambil data.

Bachelet menggambarkan, pengungkapan itu hal yang sangat mengkhawatirkan, dengan mengatakan bahwa mereka tampaknya mengkonfirmasi beberapa ketakutan yang terburuk tentang potensi penyalahgunaan teknologi pengawasan.

Dia kemudian menyebutkan, PBB telah berulang kali menandai bahaya pihak berwenang menggunakan alat pengawasan untuk meretas telepon, komputer milik jurnalis, aktivis, dan lawan politik, atas nama keamanan publik.

"Penggunaan perangkat lunak pengawasan telah dikaitkan dengan penangkapan, intimidasi, dan bahkan pembunuhan jurnalis dan aktivis HAM," tambahnya.

Bachellet juga memperingatkan, penggunaan teknologi semacam itu secara luas dapat mengarah pada self-censorship (sensor diri).

Komisaris Tinggi PBB untuk HAM (OHCHR) ini mengatakan, tindakan pengawasan hanya dapat dibenarkan secara sempit dalam keadaan tertentu, dengan tujuan yang sah seperti penyelidikan kejahatan berat dan ancaman keamanan.

"Jika tuduhan baru-baru ini tentang penggunaan Pegasus bahkan sebagian adalah benar, maka garis merah itu telah dilanggar lagi dan lagi dengan impunitas total," ia melanjutkan.

Bachelet mengatakan, perusahaan yang terlibat dalam mengembangkan dan mendistribusikan teknologi pengawasan harus memastikan teknologi mereka tidak digunakan untuk pelanggaran HAM.

Lebih lanjut ia menjelaskan, negara harus menghentikan pengawasan yang melanggar HAM dan melindungi individu dari perusahaan menyalahgunakan hak privasi mereka, termasuk dengan membuat aturan terkait teknologi mata-mata


.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: AFP

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sang Pisang Gratis Mungkin Jadi Sajian Pernikahan Kaesang dan Erina

Sang Pisang gratis mungkin akan menjadi sajian di food stall pernikahan Kaesang dan Erina.

NEWS | 7 Desember 2022

Densus 88 Antiteror Gerak Cepat Investigasi Teror Bom Bandung

Densus 88 Antiteror Polri sedang menginvestigasi aksi teror bom Bandung di halaman Mapolsek Astana Anyar, Rabu (7/12/2022).

NEWS | 7 Desember 2022

Teror Bom Bandung, Pelaku Terobos Barisan Apel Polisi

Pelaku teror bom Bandung atau tepatnya di Polsek Astana Anyar, Bandung, Jawa Barat, menerobos barisan apel polisi.

NEWS | 7 Desember 2022

Pedagang Angkringan Dapat Undangan Pernikahan Kaesang dan Erina

Seorang pedagang angkringan di Solo mendapatkan undangan pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

NEWS | 7 Desember 2022

Gempa M 6,2 Tak Timbulkan Kerusakan Signifikan di Jember

Gempa dengan magnitudo 6,2 yang terjadi pada Selasa (6/12/2022) siang tidak menimbulkan kerusakan signifikan di wilayah Kabupaten Jember.

NEWS | 7 Desember 2022

Seorang Pria Diduga Jadi Pelaku Dugaan Bom Bunuh Diri Bandung

Dari berbagai foto yang beredar terlihat seorang pria tertelungkup dengan kondisi bagian punggung yang hancur. Terlihat pula potongan satu kaki yang terlempar.

NEWS | 7 Desember 2022

Kabar Meninggal Lord Rangga Jadi Trending Topics di Twitter

Berita meninggalnya Edi Raharjo alias Lord Rangga yang tenar berkat klaim kerajaan Sunda Empire langsung jadi trending topics di media sosial Twitter.

NEWS | 7 Desember 2022

Ledakan di Polsek Astana Anyar Bandung, Polri: Dugaan Bom Bunuh Diri

Polri menduga kuat bahwa ledakan di Mapolsek Astana Anyar Polrestabes Bandung karena bom bunuh diri.

NEWS | 7 Desember 2022

Polri Benarkan Adanya Ledakan Bom di Polsek Astana Anyar Bandung

Ledakan hebat diduga bom bunuh diri di halaman Mapolsek Astana Anyar Polrestabes Bandung Jalan Astana Anyar Nomor 340, Kota Bandung.

NEWS | 7 Desember 2022

Ini Kronologi Ledakan Bom Bandung di Polsek Astana Anyar

Bom bunuh diri terjadi di Polsek Astana Anyar Bandung, menurut Kapolrestabes Bandung, Kombes pol Aswin Sipayung ledakan dilakukan pada pukul 08.20 WIB.

NEWS | 7 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Sang Pisang Gratis Mungkin Jadi Sajian Pernikahan Kaesang dan Erina

Sang Pisang Gratis Mungkin Jadi Sajian Pernikahan Kaesang dan Erina

NEWS | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE