Logo BeritaSatu

Axioo Sambut Keputusan Pemerintah Beli Laptop Lokal

Jumat, 23 Juli 2021 | 10:51 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah akan memenuhi kebutuhan pengadaan laptop tahun ini dari kalangan produsen di dalam negeri. Pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 17,42 triliun untuk belanja pengadaan produk Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) hingga tahun 2024.

Keputusan tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Investasi dan Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, dalam acara Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) pada sektor pendidikan, yang digelar secara virtual, Kamis (22/7/2021).

Advertisement

Tercatat, ada enam perusahaan yang siap memasok kebutuhan laptop lokal, dengan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) telah memenuhi ketentuan pemerintah. Salah satunya, PT Tera Data Indonusa yang merupakan pemilik merek Axioo.

"Kami menyambut dengan baik segala bentuk dukungan pemerintah terhadap produk buatan Indonesia dan kami akan terus mengupayakan seluruh produk Axioo memiliki nilai TKDN diatas 40% sebagai upaya kami mendukung program pemerintah untuk membangkitkan industri dalam negeri," ujar Direktur Utama PT Tera Data Indonusa, Michael Sugiarto, dalam keterangan tertulis yang diterima Beritasatu.com, Jumat (23/7/2021).

Michael menjelaskan, pencapaian terbaru dari Axioo adalah meraih lisensi Chromebook untuk merilis laptop berbasis sistem operasi bikinan Google dengan kualitas yang setara merek-merek laptop global. Untuk prosesornya, Axioo melanjutkan kerja sama dengan Intel untuk memasok chip komputasi pada Chromebook buatannya. Kehadiran Chromebook ini sebagai program pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di tanah air Indonesia.

Selain itu, Axioo juga mengapresiasi setinggi-tinginya kepada Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) atas kepercayaan yang diberikan kepada Axioo Chromebook dalam rangka pemenuhan kebutuhan TIK tahun anggaran 2021.

"Komitmen kami dalam menciptakan produk berkualitas telah mendapatkan kepercayaan serta dukungan penuh dari Google sehingga Kami dapat memiliki lisensi resmi untuk dapat menghadirkan Chromebook dengan kualitas terbaik di Indonesia. Kami memberikan apresiasi kepada Kemdikbudristek atas kepercayaan dalam pengadaan Chromebook di Indonesia," jelas Michael.

Michael menambahkan, Axioo juga berkomitmen untuk mendukung inisiatif Kementrian Perindustrian (Kemperin) dalam mewujudkan engineering center untuk laptop di Indonesia yang diharapkan dapat memicu terbentuknya ekosistem laptop mulai dari intektual properti hingga komponen utama dan komponen pendukung produk laptop di dalam negeri. "Ini akan membuka peluang besar bagi pengembangan industri di dalam negeri baik industri besar maupun kecil," tambahnya.

Berbekal pengalaman Axioo dalam mendesain produk yang sudah dimulai sejak tahun 2008 melalui produk Axioo Neon MNC, Neon MLC, dan Neon CLW yang menjadi desain eksklusif Axioo yang memanfaatkan kearifan lokal, desain Axioo ini kemudian digunakan di mancanegara, seperti HCL dari India, DNS dari Rusia, Casper dari Turki, dan Positivo dari Brasil. "Perusahaan-perusahaan tersebut adalah pemimpin pasar lokal untuk industri laptop di negara masing-masing," kata Michael.

Axioo juga berkontribusi aktif untuk berinvestasi dalam intelektual properti lokal Indonesia, dengan menunjukkan komitmen dan kapabilitas untuk mendukung transfer ilmu di bidang teknologi ilmu komputer baik berupa industrial design (ID), mechanical engineering (ME), electrical engineering (EE), prototyping, dan juga pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni serta mendorong lokalisasi produksi komponen.

"Langkah nyata sebagai bukti Axioo bisa menjadi produk karya anak bangsa yang menjadi tuan rumah di negeri sendiri adalah ketika mampu mewujudkan pencapaian kandungan lokal yang telah mencapai nilai 43%. Ini semua kami lakukan untuk mewujudkan impian menjadi produk laptop yang menjadi tuan rumah di negeri sendiri," pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Oknum Pedagang di Pasar Induk Beras Cipinang Oplos Beras Pemerintah

Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya Pamrihadi Wiraryo mengtakan, oknum pedagang di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) diduga mengoplos beras.

NEWS | 5 Februari 2023

BMKG: Gelombang Tinggi Berpotensi Terjadi di Sulut hingga Senin 6 Februari

BMKG mengeluarkan peringatan dini terkait potensi gelombang tinggi di sejumlah perairan di Sulut (Sulawesi Utara) hingga Senin (6/2/2023).

NEWS | 5 Februari 2023

Tahun Ini Pemprov Bali Tambah 469 Titik Wi-Fi Gratis

Pemprov Bali menambah 469 titik Wi-Fi gratis tahun 2023 untuk mendukung perkembangan teknologi informasi, terutama dalam menghadirkan layanan publik.

NEWS | 5 Februari 2023

KKP Hentikan Dua Proyek Reklamasi di Kepri

KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan) menghentikan dua proyek reklamasi di Kepri (Kepulauan Riau) milik PT BSSTEC dan PT MPP, Jumat (3/2/2023).

NEWS | 5 Februari 2023

Polres Bandara Ngurah Rai Tahan Pramuantar yang Curi Uang Wisatawan

Polres Bandara Gusti Ngurah Rai menahan seorang pramuantar sebuah maskapai penerbangan karena mencuri uang dalam bagasi penumpang wisatawan.

NEWS | 5 Februari 2023

Perawat Gunting Jari Bayi di RS Palembang, Polisi Lakukan Penyelidikan

Kasus seorang perawat yang diduga menggunting jari kelingking bayi yang sedang dirawat di Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang diselidiki kepolisian.

NEWS | 4 Februari 2023

Bupati Minta Kasus Penembakan Balon DPD RI Diungkap Tuntas

Bupati Kaur Lismidianto meminta aparat kepolisian mengungkap tuntas kasus penembakan terhadap adiknya Rahiman Dani.

NEWS | 4 Februari 2023

Jaga Lingkungan, Ganjar Adaptasi Go Green di Perencanaan Pembangunan 2023

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengadaptasi konsep go green dalam perencanaan pembangunan Jateng tahun 2023.

NEWS | 5 Februari 2023

Ganjar Pranowo Akan Kembali Naikkan Nominal Bantuan KJS

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo berencana menaikkan nominal bantuan KJS di provinsinya.

NEWS | 4 Februari 2023

Rusia-Ukraina Lakukan Pertukaran Puluhan Prajurit Tahanan

Puluhan tawanan perang Rusia dan Ukraina telah kembali ke Tanah Air mereka setelah pertukaran tahanan, kata pejabat di kedua belah pihak, Sabtu (4/2/2023).

NEWS | 4 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Polres Bandara Ngurah Rai Tahan Pramuantar yang Curi Uang Wisatawan

Polres Bandara Ngurah Rai Tahan Pramuantar yang Curi Uang Wisatawan

NEWS | 1 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE