Logo BeritaSatu

Eks Penyidik Ungkap Komunikasi Wakil Ketua KPK dengan Wali Kota Tanjungbalai

Senin, 26 Juli 2021 | 22:30 WIB
Oleh : Fana F Suparman / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Stepanus Robin Pattuju mengungkap komunikasi antara Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar dan Wali Kota nonaktif Tanjungbalai M Syahrial. Percakapan diduga berkaitan dengan penanganan perkara di KPK yang menyeret Syahrial. Stepanus mengungkapkan hal tersebut saat bersaksi dalam sidang perkara dugaan suap penanganan perkara di KPK dengan terdakwa Syahrial di Pengadilan Tipikor Medan, Senin (26/7/2021).

Awalnya, Jaksa menyelisik soal permintaan bantuan hukum oleh Syahrial kepada seseorang bernama Fahri Aceh. Bantuan hukum terkait penyelidikan kasus jual beli jabatan di Pemkot Tanjungbalai.

"Apakah betul Pak Syahrial pernah menyampaikan mau mengurus minta bantuan terkait dengan permasalahan hukumnya tadi yang jual beli jabatan ini kepada Fahri Aceh?," tanya Jaksa KPK di Pengadilan Tipikor Medan, Senin (26/7/2021).

"Seperti itu pak," jawab Stepanus.

Jaksa pun mendalami pernyataan Stepanus tersebut. Jaksa kemudian mempertanyakan pihak yang menyarankan Syahrial meminta bantuan kepada Fahri Aceh. Stepanus pun menyebut nama Lili Pintauli Siregar.

"Atas saran dari Ibu Lili Pintauli Siregar pak," kata Stepanus.

"Bu Lili siapa?," cecar Jaksa.

"Setahu saya dia adalah wakil ketua KPK," jawab Stepanus.

Jaksa kembali mendalami hal lain yang disampaikan Syahrial terkait komunikasinya dengan Lili. Stepanus menuturkan, Syahrial sempat menceritakan dihubungi Lili saat berkas penyelidikan kasus jual beli jabatan di Pemkot Tanjungbalai sudah berada di meja kerja Lili.

"Di awal terdakwa menyampaikan bahwa baru saja ditelepon oleh Bu Lili yang menyampaikan bahwa 'Yal, bagaimana? Berkas kamu di meja saya nih' itu Bu Lili kepada terdakwa saat itu pak," kata Stepanus.

"Kemudian terdakwa menyampaikan kepada Bu Lili 'bantu lah bu', kemudian setelah itu, Bu Lili menyampaikan 'ya sudah ketemu dengan orang saya di Medan, namanya Fahri Aceh," kata Stepanus mengulang cerita Syahrial saat berkomunikasi dengan Lili.

Stepanus mengaku tak mengetahui secara pasti 'bantuan' yang ditawarkannya kepada Syahrial lebih dulu atau tidak dibanding atau perkenalan Syahrial dengan Fahri Aceh. Yang pasti, kata Stepanus, Syahrial lebih dulu kenal dengan Lili.

"Saya tidak tahu pak, terdakwa sudah bertemu dengan Fahri Aceh atau belum, tapi sepengetahuan saya terdakwa sudah lebih dulu kenal dengan bu Lili," ungkapnya.

Sebelumnya, Lili membantah pernah menjalin komunikasi dengan Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial soal penanganan perkara yang dilakukan lembaga antikorupsi. Lili pun membantah membantu penanganan perkara di Pemkot Tanjungbalai yang berkaitan dengan Syahrial.

"Saya tidak pernah menjalin komunikasi dengan MS (M. Syahrial) terkait penanganan perkara yang bersangkutan, apalagi membantu dalam penanganan perkara yang sedang ditangani oleh KPK," kata Lili dalam konferensi pers di Gedung KPK, Jakarta Jumat (30/4/2021).

Sebagai pimpinan KPK, Lili mengaku terikat dengan kode etik dan peraturan KPK yang melarang untuk membangun komunikasi dengan pihak berperkara. Terlebih Syahrial diduga tersangkut dugaan kasus dugaan jual beli jabatan di Pemkot Tanjungbalai.

"Saya tentu terikat dengan kode etik dan juga peraturan KPK yang melarang untuk berhubungan dengan pihak-pihak yang berperkara," kata Lili.

Meski demikian, Lili tak membantah menjalin komunikasi dengan para pejabat negara, termasuk para kepala daerah. Hal ini terkait kinerja KPK, khususnya dalam bidang pencegahan.

"Komunikasi yang terjalin tentu saja terkait tugas KPK dalam melakukan pencegahan, supaya tidak terjadi tindak pidana korupsi," kata Lili.

Apalagi, sebelum menjadi pimpinan KPK, Lili merupakan Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Dengan latar belakang itu, Lili mengakui mempunyai jaringan yang cukup luas ke pejabat publik. Lili mengaku hubungan dan jaringan itu tetap terjalin dengan batasan-batasan sesuai aturan. Lili mengklaim, saat ini sangat selektif membangun komunikasi ke setiap pejabat publik, tetapi tetap mengingatkan untuk menghindari area rawan korupsi.

"Saya selalu juga menjaga selektifitas untuk komunikasi, menjaga harkat dan martabat terhadap diri saya sebagai insan KPK maupun sebagai marwah lembaga KPK," katanya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mensesneg Tegaskan Presiden Fokus Jalankan Roda Pemerintahan

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menegaskan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjalankan roda pemerintahan.

NEWS | 29 November 2022

Salim Segaf Salurkan Bantuan dari Anggota PKS untuk Korban Gempa Cianjur

Salim Segaf Al Jufri mendatangi posko tanggap bencana gempa bumi Cianjur di kantor DPD PKS Cianjur.

NEWS | 29 November 2022

Kemenkumham Ungkap Pentingnya Pelatihan bagi Kurator Negara

Kemenkumham mengungkap pentingnya pelatihan bagi pegawai Balai Harta Peninggalan (BHP) atau kurator negara.

NEWS | 29 November 2022

Satelit Karya Anak Bangsa Diluncurkan Bareng Roket Elon Musk

Satelit nano karya anak bangsa Surya Satellite-1 (SS-1) berhasil meluncur ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dari Florida AS.

NEWS | 29 November 2022

ELT Helikopter Polri yang Jatuh di Belitung Tidak Berfungsi

ELT atau emergency locator transmiter milik helikopter Polri yang jatuh di Belitung berhasil ditemukan dalam keadaan tidak berfungsi.

NEWS | 29 November 2022

Sembuh dari Covid-19, Putri Candrawathi Kembali Jalani Sidang di PN Jaksel

Sembuh dari Covid-19, terdakwa Putri Candrawathi kembali menjalani sidang di PN Jaksel (Pengadilan Negeri Jakarta Selatan), Selasa (29/11/2022).

NEWS | 29 November 2022

Polda Metro Jaya Buka Gerai SIM Keliling hingga 14.00 WIB

Polda Metro Jaya membuka gerai SIM Keliling di beberapa lokasi di DKI Jakarta, Selasa (29/11/2022), mulai pukul 08.00 hingga 14.00 WIB.

NEWS | 29 November 2022

Trauma, Korban Gempa Cianjur Mengungsi ke Majalengka

Sebanyak 17 korban gempa Cianjur mengungsi ke rumah saudaranya di Desa Sukasari, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Selasa (29/11/2022).

NEWS | 29 November 2022

Pemetaan demi Pembenahan Kualitas Pendidikan di Indonesia

Guru SDN 1 Kuta Febri Nirmala menjadikan ruang kelas sebagai rumah kedua demi mendorong kemampuan belajar para siswanya.

NEWS | 29 November 2022

40 Tahun Tertidur, Gunung Berapi Terbesar di Dunia Meletus di Hawaii

Gunung berapi aktif terbesar di dunia Mauna Loa, meletus untuk pertama kalinya dalam 40 tahun, memuntahkan lahar dan abu panas pada Senin di Hawaii.

NEWS | 29 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Mensesneg Tegaskan Presiden Fokus Jalankan Roda Pemerintahan

Mensesneg Tegaskan Presiden Fokus Jalankan Roda Pemerintahan

NEWS | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE