Logo BeritaSatu

HRW Tuding Israel dan Hamas Lakukan Kejahatan Perang

Selasa, 27 Juli 2021 | 22:27 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Yerusalem, Beritasatu.com- Human Rights Watch (HRW) menyatakan pada Selasa (27/7/2021) bahwa baik Israel dan penguasa Islam Gaza, Hamas "tampaknya" melakukan "kejahatan perang" selama konflik Mei.

Seperti dilaporkan AFP, HRW menyerukan agar insiden itu diselidiki sebagai bagian dari internasional yang sedang berlangsung. investigasi.

Advertisement

Konflik 11 hari mempertontonkan aksi Hamas dan kelompok bersenjata Palestina lainnya di Gaza yang menembakkan ribuan roket ke arah Israel. Sementara Israel menggempur jalur itu dengan ratusan serangan udara.

Dalam satu laporan yang dirilis Selasa (27/7/2021), HRW menyatakan telah menyelidiki tiga serangan Israel yang "membunuh 62 warga sipil Palestina. Padahal di sana, tidak ada target militer yang jelas di sekitarnya. HRWmewawancarai warga Palestina di Gaza dan menganalisis data dari situs dan citra digital.

HRW mencantumkan serangan 10 Mei di Beit Hanoun, satu pada 15 Mei di kamp pengungsi Al-Shati dan serangkaian serangan udara pada 16 Mei di Kota Gaza sebagai fokus penyelidikannya. Tetapi HRW juga mencatat serangan Israel lainnya selama konflik juga kemungkinan melanggar hukum.

Kelompok hak asasi juga mencatat serangan roket "tanpa pandang bulu" oleh gerilyawan Palestina yang menargetkan warga sipil Israel, yang menurut HRW akan dibahas dalam laporan yang akan datang.

“Serangan Israel dan Palestina melanggar hukum perang dan tampaknya merupakan kejahatan perang,” kata HRW.

Jaksa di Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) pada bulan Maret mengumumkan pembukaan penyelidikan penuh terhadap situasi di wilayah yang diduduki Israel.

Penyelidikan itu terutama akan fokus pada Perang Gaza 2014. Tetapi penyelidikan juga melihat kematian demonstran Palestina mulai 2018 dan seterusnya.

Mei lalu, ICC menyatakan bahwa mereka juga memantau konflik terbaru sebagai bagian dari penyelidikannya.

“Keengganan konsisten otoritas Israel untuk secara serius menyelidiki dugaan kejahatan perang, serta serangan roket pasukan Palestina terhadap pusat-pusat populasi Israel, menggarisbawahi pentingnya penyelidikan Pengadilan Kriminal Internasional,” kata HRW.

Dalam penyelidikan internasional terpisah, Dewan Hak Asasi Manusia PBB memutuskan pada 27 Mei untuk membuat penyelidikan internasional terbuka atas pelanggaran selama konflik Mei.

Tidak ada tanggapan segera dari tentara Israel, yang dikutip dalam laporan HRW yang menyatakan "menyerang target militer secara eksklusif" dan "melakukan upaya bersama untuk mengurangi bahaya pada individu yang tidak terlibat".



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pemkot Jakpus Bangun 4 Embung Cegah Banjir di Cempaka Putih

Pemkot Jakpus membangun embung di Kecamatan Cempaka Putih untuk menampung air hujan. Selain itu, untuk mencegah potensi banjir.

NEWS | 31 Januari 2023

Covid-19 Subvarian Kraken, Pemerintah: Disiplin Prokes Diperlukan

Kemunculan Covid-19 subvarian Omicron XBB 1.5 atau Kraken mengingatkan masih perlunya memperkuat disiplin penerapan protokol kesehatan.

NEWS | 31 Januari 2023

Polda Metro Respons Pengakuan Wanita dalam Audi yang Tabrak Mahasiswi di Cianjur

Polda Metro Jaya merespons pengakuan penumpang wanita di sedan Audi A6 yang menabrak mahasiswi Selvi Amalia Nuraeni di Cianjur, hingga tewas.

NEWS | 30 Januari 2023

Politeknik Tridaya Virtu Morosi Selenggarakan Studi Vokasi Industri

Politeknik Tridaya Virtu Morosi menyelenggarakan program studi vokasi industri dan bertekad mencetak serta membentuk SDM unggul dan berkompeten.

NEWS | 31 Januari 2023

Siap-siap, Rekrutmen Calon ASN 2023 Bakal Segera Dibuka

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2023 bakal segera dibuka.

NEWS | 31 Januari 2023

BPJS Kesehatan Diprediksi Kembali Defisit tahun 2024

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) memprediksi aset bersih dana jaminan sosial atau DJS kembali defisit pada tahun 2024.

NEWS | 30 Januari 2023

Polri Kirim 15 Personel Jadi Penyidik di KPK Selama 4 Tahun

Polri mengirimkan 15 personel untuk diperbantukan menjadi penyidik di KPK. Mereka akan bertugas selama empat tahun ke depan.

NEWS | 30 Januari 2023

Habiburokhman: Tak Elok Giring Kaesang ke Gerindra

Habiburokhman mengungkapkan tidak elok rasanya menggiring putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep masuk ke Gerindra.

NEWS | 30 Januari 2023

Soal Reshuffle Kabinet, Waketum PPP Sebut Dengar Kabar

Terkait perombakan atau reshuffle Kabinet Indonesia Maju yang akan dilakukan Presiden Joko Widodo, PPP menyatakan belum memperoleh informasi.

NEWS | 31 Januari 2023

KUHP Baru Jadi Cermin Indonesia dalam Wajah Hukum Pidana

KUHP baru secara filosofis memiliki perbedaan dengan KUHP lama karena memiliki nilai dan kepribadian Indonesia sebagai bangsa merdeka.

NEWS | 30 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kemenaker Harap Anak Muda Berkontribusi dalam Pembangunan Ekonomi

Kemenaker Harap Anak Muda Berkontribusi dalam Pembangunan Ekonomi

EKONOMI | 58 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE