Logo BeritaSatu

Menggugat KPK, Polri Belum Ikhlas Kasus Korlantas

Kamis, 1 November 2012 | 11:29 WIB
Oleh : B1

Dengan kuasa hukum yang sama menjadi pengacara Djoko Susilo gugatan Korlantas ke KPK merupakan perlawanan institusi Polri ke KPK.

Hari ini Pengadilan Negeri Jakarta Selatan mulai menyidangkan gugatan perdata Korps Lalu Lintas ke KPK. Korlantas sebagai institusi menggugat diangkutnya beberapa dokumen saat dilakukan penggeledahan oleh KPK pada tanggal 30 Juli 2012. Melalui pengacara Hotma Sitompul, Juniver Girsang dan Tommy Sihotang, Korlantas mencatatkan sejarah pertama hukum di Indonesia. Inilah pertama kali dalam dinamika hukum di Indonesia sebuah insititusi penegak hukum menggugat penegak hukum lainnya.

Menurut Jamal Wiwoho, Guru Besar Ilmu hukum Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta pengajuan gugatan Korlantas kepada KPK itu dapat dimaknai secara sosilogis bahwa Polri tidak ikhlas menerima pidato presiden yang mengalihkan perkara dugaan korupsi pengadaaan alat simulator SIM ke KPK. "Dalam persepsi publik jika Polri ikhlas menerima himbauan presiden tersebut maka niatan mengajukan gugatan itu mestinya tidak diajukan," kata Jamal dalam pernyataannya kepada Beritasatu.com, Kamis (01/11/2012).

Apalagi dengan memberi kuasa hukum dalam pengajuan gugatan tersebut kepada ketiga advokat yakni Hotma Sitompul, Juniver Girsang, dan Tommy Sihotang yang juga menjadi kuasa hukum dari Irjen Djoko Susilo, tersangka kasus simulator SIM, mengesankan gugatan itu merupakan perlawanan institusi Korlantas pada KPK.

"Sesama lembaga pemerintah, apalagi sesama lembaga penegakan hukum, melakukan gugatan perdata dengan permintaan ganti rugi sebesar Rp431 Miliar. Kalau Korlantas menang maka KPK harus membayar uang ganti rugi sebesar itu, terus darimana sumber dana sejumlah itu," kata Jamal.

Sepengetahuan Jamal, sistem penganggaran di lembaga negara, sudah jelas berdasarkan mata anggaran keuangan (MAK) dan harus berada dalam standar biaya umum (SBU) maupun standar biaya khusus (SBK) lembaga. "Ganti rugi kalau kalah dalam perkara perdata sesama lembaga pemerintah itu dari mana uangnya. Belum pernah ada suatu lembaga pemerintah yang mendapatkan atau membayar kepada lembaga pemerintah lain atas dasar putusan pengadilan," ujar Jamal yang sehari-hari juga menjabat sebagai Pembantu Rektor II UNS. "Pengajuan ganti rugi ini akan berbeda kalau gugatan diajukan kepada perseorangan yang ada dalam KPK, bukan KPK secara kelembagaan," terangnya.

Meski demikian, menurut penilaian Jamal, gugatan oleh Korlantas ke KPK itu tidak cukup dasar hukum. Pasalnya dalih penggugat bahwa barang-barang yang diambil oleh KPK pada saat penggeledahan tidak berkaitan dengan kasus simulator SIM bakal sulit diterima oleh majelis hakim. "KPK akan berlindung dengan ketentuan yang ada dalam UU No 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi yang didalamnya mengatur hak penggeledahan tersebut," katanya.

Satu-satunya pelajaran dari gugatan oleh Korlantas kepada KPK dapat dimaknai sebagai pelajaran kepada KPK agar lebih berhati-hati dan tidak sewenang-wenang dalam melakukan tugas yang berkaitan dengan penyidikan, penyelidikan khususnya hal-hal yang berkait dengan penggeledahan. "Kalau gugatan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan itu diterima dan setelah dilakukan pemeriksaan dalam sidang yang terbuka untuk umum dimenangkan oleh Korlantas

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Fenomena Langka, Jutaan Klaper Membuat Puluhan Pengendara Kecelakaan

Musim hujan dan cuaca yang lembab membuat jutaan hewan mirip laron yang lazim disebut klaper berkumpul di atas Jembatan Ngrame.

NEWS | 6 Desember 2022

Gempa M 6,2 Landa Jember, Dirasakan di Bali dan Yogyakarta

Gempa berkekuatan Magnitudo (M) 6,2 melanda Kabupaten Jember, Jawa Timur, Selasa (6/12/2022). Gempa itu juga dirasakan di Bali dan Yogyakarta.

NEWS | 6 Desember 2022

Gempa 6,2 M Guncang Jember

BMKG melaporkan telah terjadi gempa magnitudo 6,2 berlokasi di 284 km Barat Daya Jember, Jawa Timur pada Selasa (6/12/2022) pukul 13.07 WIB.

NEWS | 6 Desember 2022

Buruh Tewas Tergiling di Pabrik Gula di Lampung

Sobari (40), warga Dusun IV Desa Sukadana Udik, Kecamatan Bunga Mayang, Kabupaten Lampung Utara tewas tergiling mesin penggilingan tebu PTPBN VII.

NEWS | 6 Desember 2022

8 TKI Asal Pontianak Jadi Korban Trafficking dan Penyiksaan di Laos

Sedikitnya delapan TKI asal Pontianak Kalimantan Barat (Kalbar) menjadi korban trafficking dan penyiksaan di Laos sejak Oktober 2022 lalu. 

NEWS | 6 Desember 2022

Polresta Lampung Uji Balistik Peluru Nyasar yang Mengenai Balita

Sat Reskrim Polresta Bandar Lampung, Lampung melakukan uji balistik peluru nyasar yang melukai pergelangan kaki seorang balita Ibrahim El Rahman (1,5).

NEWS | 6 Desember 2022

KKB Bunuh 2 Tukang Ojek di Pegubin, Papua Pegunungan

Kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua dilaporkan membunuh dua tukang ojek yang mangkal di pangkalan Kali Digoel, Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan.

NEWS | 6 Desember 2022

RUU KUHP Disahkan, Menkumham Yasonna: Momen Bersejarah

Menkumham Yasonna H Laoly menyatakan, pengesahan RUU KUHP menjadi UU merupakan momen bersejarah bagi bangsa Indonesia. 

NEWS | 6 Desember 2022

4 RT di Daerah Pesisir Terendam Banjir Pasang Air Laut

Saat ini, Selasa (06/12/2022) terjadi pasang air laut yang berpotensi menyebabkan banjir pesisir (ROB) di beberapa titik di wilayah DKI Jakarta.

NEWS | 6 Desember 2022

Sidak Pasar Induk Kramat Jati, Heru Temukan Harga Cabai Naik Jelang Nataru

Saat sidak Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Pj Gubernur DKI, Heru Budi Hartono menemukan harga cabai yang naik menjelang Natal dan Tahun Baru. 

NEWS | 6 Desember 2022


TAG POPULER

# Ricky Rizal


# Kecelakaan Beruntun di Jaktim


# Pernikahan Kaesang


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Fenomena Langka, Jutaan Klaper Membuat Puluhan Pengendara Kecelakaan

Fenomena Langka, Jutaan Klaper Membuat Puluhan Pengendara Kecelakaan

NEWS | 4 menit yang lalu


Gempa 6,2 M Guncang Jember

NEWS | 16 menit yang lalu








CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE